5 Kiper Aktif dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak dalam Sejarah EPL

Bisakah mereka memecahkan rekor Peter Cech?

Dalam sejarahnya, Premier League telah menghadirkan deretan kiper luar biasa dari berbagai belahan dunia. Sebut saja Peter Cech, David Seaman, hingga Edwin van der Sar. Mereka merupakan kiper dengan clean sheet terbanyak dalam sejarah Premier League.

Namun, era mereka sudah berakhir, dan digantikan deretan kiper hebat lainnya. Saat ini Jordan Pickford, Aaron Ramsdale dan Edouard Mendy menjadi nama-nama yang diperhitungkan sebagai kiper top. Namun, siapa sajakah kiper aktif dengan clean sheet terbanyak saat ini?

1. Pepe Reina (136)

5 Kiper Aktif dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak dalam Sejarah EPLpotret Pepe Reina (twitter.com/PReina25)

Saat ini, Pepe Reina sudah menginjak usia 39 tahun, tetapi masih mampu menunjukkan performa terbaik sebagai seorang kiper. Ia bahkan menjadi kiper utama Lazio di Serie A. Namun, salah satu karier terbaiknya terjadi ketika membela Liverpool di Premier League.

Kiper asal Spanyol itu melakukan total 136 clean sheet dari 297 laga di Premier League. Ia membela Liverpool selama 9 musim. Reina juga pernah membela Aston Villa 1 musim saat dipinjamkan oleh AC Milan.

2. Joe Hart (127)

5 Kiper Aktif dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak dalam Sejarah EPLpotret Joe Hart (thetimes.co.uk)

Joe Hart menghabiskan hampir sebagian besar kariernya di Premier League bersama Manchester City. Pada era Pep Guardiola, posisinya tersingkirkan, dan sempat dipinjamkan ke beberapa tim, seperti Torino dan West Ham United. Selama hampir satu dekade di Etihad Stadium, Hart sukses mempersembahkan dua trofi Premier League.

Selama itu juga ia telah tampil dalam 340 pertandingan Premier League dengan torehan 127 clean sheet. Musim ini, kiper 34 tahun itu hengkang ke Celtic setelah menjalani satu musim bersama Tottenham Hotspur.

Baca Juga: 5 Kiper Utama Manchester City dalam Sedekade Terakhir, Ada Joe Hart!

3. David De Gea (125)

5 Kiper Aktif dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak dalam Sejarah EPLpotret David De Gea (twitter.com/D_DeGea)

David de Gea pernah dianggap sebagai kiper terbaik dunia, meski performanya menurun dalam beberapa musim terakhir. Ia bergabung dengan Manchester United pada 2011 dari Atletico Madrid. Sedekade berlalu, ia sudah menorehkan 350 pertandingan Premier League dengan catatan  125 clean sheet.

Dengan usianya yang masih 31 tahun, de Gea masih berkesempatan untuk memperpanjang catatannya, dan menelikung pencapaian kiper lainnya. Catatan terbanyak dalam sejarah EPL masih dipegang Peter Cech dengan 207 clean sheet.

4. Hugo Lloris (109)

5 Kiper Aktif dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak dalam Sejarah EPLpotret Hugo Lloris (skysports.com)

Hugo Lloris bergabung dengan Tottenham Hotspur pada 2012 lalu dari Lyon. Sejak itu, ia menjadi kiper utama Spurs hingga saat ini. Sepanjang kariernya di London, ia sudah mencatatkan 309 pertandingan Premier League dengan torehan 109 clean sheet. Kiper 34 tahun itu pun merupakan kiper utama timnas Prancis.

Lloris menjadi bagian utama ketika menjuarai Piala Dunia 2018. Meski demikian, kariernya di klub tak begitu mulus. Selama hampir satu dekade di Spurs, ia belum sekalipun meraih gelar.

5. Ben Foster (90)

5 Kiper Aktif dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak dalam Sejarah EPLpotret Ben Foster (watfordobserver.co.uk)

Ben Foster merupakan kiper tertua di Premier League musim ini. Usianya sudah mencapai 38 tahun. Ia menghabiskan kariernya di Premier League dengan banyak tim berbeda, termasuk Stoke City, Birmingham, Manchester United, dan West Bromwich. Namun, sejak 2018, ia membela Watford hingga saat ini.

Pada 2019/2020, Watford harus terdegradasi ke divisi Championship. Namun, setelah semusim, mereka kembalik ke kasta tertinggi sepak bola Inggris. Watford finis di peringkat kedua Championship musim lalu. Sepanjang kariernya itu, Foster sendiri sudah tampil dalam 371 pertandingan Premier League dengan torehan 90 clean sheet. 

Itulah deretan kiper aktif dengan torehan clean sheet terbanyak di Premier League. Mereka masih berpotensi untuk menambah catatannya tersebut. Mungkin saja memecahkan rekor yang dipegang Peter Cech. Akankah itu terjadi?

Baca Juga: 5 Momen Terbaik David de Gea Sepanjang Karier di Man United, Kelas!

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya