5 Klub Medioker yang Berpotensi Finis di Papan Atas EPL Musim Ini

Akankah kejutan besar terjadi?

Premier League adalah salah satu liga paling kompetitif di dunia. Kualitas dan kemampuan finansial tim-tim Liga Inggris cukup seimbang.

Posisi tim teratas yang disebut The Big Six memang sering dikuasai tim-tim mapan, seperti Manchester City, Manchester United, Chelsea, Liverpool, Arsenal, dan Tottenham Hotspur. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, muncul tim-tim kejutan yang mampu memutus dominasi.

Bahkan, beberapa di antaranya merupakan tim medioker. Nah, musim ini, tim-tim medioker ini tampil luar biasa dan berpotensi finis di posisi yang biasanya dikuasai The Big Six.

1. Brentford

5 Klub Medioker yang Berpotensi Finis di Papan Atas EPL Musim IniSelebrasi gol Brentford di Premier League. (brentfordfc.com)

Brentford adalah salah satu klub promosi di Premier League musim ini. Ini menjadi pertama kalinya mereka tampil di kompetisi teratas setelah absen sejak 74 tahun lalu. Luar biasanya, mereka langsung jadi tim kejutan dengan mengalahkan Arsenal pada laga pembuka musim ini. Tak hanya itu, mereka juga sukses menahan imbang Liverpool dengan skor 3-3. Brentford juga mengalahkan West Ham United dan Wolverhampton Wanderers.

Di bawah asuhan Thomas Frank, Brentford hadir dengan gaya sepak bola menyerang dan atraktif. Saat ini, mereka menempati peringkat ke-12 dengan raihan 3 menang, 3 imbang, dan 3 kalah. Dengan gaya bermain yang selalu merepotkan tim besar, bukan tidak mungkin mereka bisa mengejutkan pada akhir musim dengan marangsek ke posisi The Big Six.

2. Brighton & Hove Albion

5 Klub Medioker yang Berpotensi Finis di Papan Atas EPL Musim IniSelebrasi gol Brighton di Premier League. (twitter.com/OfficialBHAFC)

Brighton & Hove Albion menjadi salah satu tim kejutan awal musim ini. The Seagulls duduk di tempat kelima klasemen sementara setelah mengumpulkan 15 poin dari 9 pertandingan. Graham Potter menjadi otak di balik performa impresif klub medioker ini. Berkat penampilannya, Potter mulai dikaitkan dengan klub-klub besar di Premier League.

Brighton selalu memainkan sepak bola yang menghibur lewat skema andalan Potter berupa tiga bek. Saat ini, mereka bahkan mengungguli tim-tim besar seperti MU, Tottenham, dan Arsenal. Jika Brighton mampu menjaga fokus dan konsistensi, mereka berpotensi mencetak sejarah baru dengan tampil di kompetisi Eropa musim depan.

Baca Juga: Berstatus Pinjaman, 5 Pemain Ini Sukses Juara Premier League

3. Everton  

5 Klub Medioker yang Berpotensi Finis di Papan Atas EPL Musim IniSelebrasi gol Everton di Premier League. (grandoldteam.com)

Everton memulai Premier League musim ini dengan cukup impresif di bawah asuhan Rafael Benitez. Mereka memang baru saja kalah dua laga beruntun di kandang akhir pekan kemarin, tetapi secara keseluruhan mampu tampil nyaman dan menjanjikan daripada musim lalu di bawah asuhan Carlo Ancelotti. Secara kualitas, skuad mereka memiliki deretan pemain bertalenta luar biasa seperti Richarlison, Dominic Calvert-Lewin, dan Demarai Gray.

Saat ini, mereka sudah mengumpulkan 14 poin dari 9 laga, hanya terpaut tiga poin dari peringkat empat besar. Dengan kolaborasi Rafael Benitez yang berpengalaman dan skuad yang mumpuni, peluang mereka tampil mengejutkan musim ini sangat besar. Apalagi performa tim-tim seperti MU, Arsenal, dan Spurs masih angin-anginan.

4.  Leicester City

5 Klub Medioker yang Berpotensi Finis di Papan Atas EPL Musim IniJamie Vardy, striker Leicester City, kala berlaga di Premier League. (twitter.com/LCFC)

Leicester City telah berusaha mematahkan hegemoni enam klub teratas Premier League selama beberapa tahun terakhir. The Foxes adalah salah satu tim kuda hitam terkuat dengan pemain-pemain top seperti Jamie Vardy, James Maddison, Youri Tielemans, dan masih banyak lagi. Selain itu, mereka juga memiliki manajer yang mumpuni dalam diri Brendan Rodgers, yang terus-menerus dikaitkan dengan klub yang lebih besar.

Leicester City memiliki alasan kuat untuk diperhitungkan sebagai tim yang mampu menembus enam besar. Mereka adalah tim ajaib yang pernah menjuarai Premier League 2015/2016. Baru-baru ini, Leicester City bahkan berhasil mempecundangi MU dengan skor 4-2. The Foxes saat ini sama-sama mengoleksi 14 poin, hanya terpaut 3 poin dari tim empat besar.

5. West Ham United

5 Klub Medioker yang Berpotensi Finis di Papan Atas EPL Musim IniSelebrasi kemenangan West Ham United di Premier League. (twitter.com/WestHam)

West Ham United sedang dalam performa yang sensasional. Mereka memulai musim dengan luar biasa. David Moyes telah mengubah tim yang tadinya berjuang di papan bawah menjadi tim yang bermain di Liga Europa musim ini setelah finis di tempat keenam musim lalu. Musim ini, konsistensi menjadi kunci keberhasilan tim menembus papan atas. 

Kualitas pemain West Ham musim ini pun lebih mumpuni dengan hadirnya pemain seperti Kurt Zouma, Vladimir Coufal, Declan Rice, dan Michail Antonio yang gacor dalam mencetak gol. Hingga pekan ke-9, West Ham berhasil menempati peringkat empat dengan 17 poin, hanya tertinggal 5 poin dari Chelsea di puncak klasemen. Jika konsistensi ini mampu dipertahankan sepanjang musim, bukan tidak mungkin musim depan mereka tampil di Liga Champions.

Premier League musim ini menghadirkan persaingan yang sangat seru dan menarik. Liverpool, Chelsea, dan Manchester City menjadi tim teratas yang jadi favorit juara. Namun, keberadaan tim kuda hitam bisa menjadi batu sandungan mereka. Menariknya, tim-tim kuda hitam ini sebagian besar awalnya hanya berstatus tim medioker.

Baca Juga: 7 Eks Bintang Premier League yang Masih Menjadi Top Skor Timnas

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya