Comscore Tracker

7 Eks Bintang Premier League yang Masih Menjadi Top Skor Timnas

Rekor gol mereka belum terpecahkan

Premier League adalah liga yang sejak dulu selalu diisi oleh para pemain terbaik dunia. Para striker kelas dunia dari berbagai negara pernah bermain di liga ini. Meski banyak dari mereka yang sudah pensiun, legacy dan pencapaian yang pernah mereka raih masih dikenang hingga kini.

Salah satunya dalam hal jumlah gol bagi timnas negaranya masing-masing. Sejumlah mantan pemain sepak bola Premier League saat ini masih berstatus pencetak gol terbanyak bagi negaranya, meskipun mereka sudah cukup lama pensiun. Inilah tujuh eks bintang Premier League yang masih menjadi top skor timnas hingga kini.

1. Wayne Rooney (Inggris)

7 Eks Bintang Premier League yang Masih Menjadi Top Skor TimnasWayne Rooney (thefa.com)

Pertama tentu ada top skor dari Timnas Inggris sendiri, yaitu Wayne Rooney. Koleksi gol Rooney bersama timnas adalah 53 gol dalam 120 laga. Pada 2015, ia resmi menyalip rekor Sir Bobby Charlton dengan 49 gol, yang sebelumnya sempat bertahan selama 45 tahun. Hebatnya, Rooney tak hanya mematahkan rekor Bobby Charlton di timnas, tapi juga di klub.

Ya, Rooney juga adalah top skor sepanjang masa bagi Manchester United dengan 253 gol di semua ajang, unggul atas Bobby Charlton yang membuat 249 gol bagi Setan Merah. Khusus di ajang Premier League sendiri, Rooney adalah pemain tertajam kedua, dengan 208 gol yang ia ciptakan bagi MU dan Everton.

2. Robin van Persie (Belanda)

7 Eks Bintang Premier League yang Masih Menjadi Top Skor TimnasRobin van Persie (uefa.com)

Robin van Persie yang pernah jadi rekan setim Rooney di MU juga masih berstatus top skor timnas saat ini. Striker asal Belanda ini punya koleksi 50 gol dalam 102 laga bagi timnas. Saat ini, pemain aktif Belanda yang paling berpeluang menyalip Van Persie adalah Memphis Depay, yang untuk sementara membukukan 35 gol.

Sementara di level klub, Van Persie pernah main di beberapa liga, tapi ia paling populer sebagai bintang Premier League karena pernah main di Inggris selama 11 tahun. Ia mengoleksi total 144 gol di Premier League bersama Arsenal dan MU. Van Persie juga pernah jadi top skor Premier League dua kali, serta mengangkat trofi juara satu kali.

Baca Juga: 7 Pemain Non-Manchester United yang Sering Juara Premier League

3. Dimitar Berbatov (Bulgaria)

7 Eks Bintang Premier League yang Masih Menjadi Top Skor TimnasDimitar Berbatov (uefa.com)

Masih ada lagi mantan bintang Manchester United yang kini masih menjadi top skor timnas, yaitu Dimitar Berbatov. Selain membela MU, striker asal Bulgaria ini juga pernah membela Tottenham Hotspur dan Fulham. Berbatov mengoleksi total 94 gol di Premier League, serta pernah dua kali membawa MU juara.

Sementara di timnas, Berbatov adalah pemain tertajam dengan 48 gol. Ia mengungguli koleksi gol Hristo Stoichkov, pemain legendaris Bulgaria yang pernah memenangi Ballon d'Or. Status sebagai top skor timnas sepertinya bakal lama dipegang Berbatov, karena pemain aktif yang paling mendekati rekor Berbatov saat ini baru memiliki 18 gol.

4. Thierry Henry (Prancis)

7 Eks Bintang Premier League yang Masih Menjadi Top Skor TimnasThierry Henry (uefa.com)

Sementara pemain yang satu ini terkenal sebagai legenda Arsenal, karena ia tak pernah membela klub Inggris lain selain The Gunners. Thierry Henry berseragam Arsenal selama sekitar 8 tahun, dan ia mencetak total 175 gol di Premier League. Striker Prancis ini juga pernah 4 kali jadi top skor Premier League, rekor terbanyak hingga kini.

Meski sudah pensiun sejak 2014, sampai sekarang Henry masih memegang rekor pemain tertajam negaranya dengan 51 gol dalam 123 laga. Meski begitu, jumlah tersebut semakin didekati oleh Olivier Giroud, yang saat ini memiliki 46 gol bagi Prancis. Antoine Griezmann (41 gol) serta Karim Benzema (34 gol) juga berpeluang menyalip rekor Henry.

5. Emmanuel Adebayor (Togo)

7 Eks Bintang Premier League yang Masih Menjadi Top Skor TimnasEmmanuel Adebayor (90min.com)

Ada pula mantan bintang Premier League asal Afrika yang jadi top skor negaranya. Salah satunya Emmanuel Adebayor, striker asal Togo yang pernah membela Arsenal, Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Crystal Palace. Dengan total 97 gol, Adebayor adalah salah satu pemain Afrika tertajam yang pernah main di Premier League.

Adebayor juga sangat diandalkan oleh negaranya. Ia masih memegang rekor sebagai top skor Timnas Togo dengan 32 gol, sekaligus pemain Togo dengan caps terbanyak yaitu 86 caps. Adebayor juga berhasil membawa negaranya lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya pada tahun 2006.

6. Didier Drogba (Pantai Gading)

7 Eks Bintang Premier League yang Masih Menjadi Top Skor TimnasDidier Drogba (90min.com)

Berikutnya ada Didier Drogba, salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Chelsea di era modern. Drogba membela The Blues selama total 9 musim, dan ia mencetak total 104 gol di Premier League. Drogba pun sempat menjadi pemain Afrika tertajam di Premier League, sebelum akhirnya predikat tersebut direbut oleh Mohamed Salah beberapa hari lalu.

Bersama Timnas Pantai Gading, Drogba juga sangat tajam. Ia mencetak total 65 gol bagi negaranya selama berkarier. Drogba juga pernah tiga kali membawa negaranya lolos ke Piala Dunia, serta dua kali lolos ke final Piala Afrika, meski selalu gagal juara.

7. Robbie Keane (Irlandia)

7 Eks Bintang Premier League yang Masih Menjadi Top Skor TimnasRobbie Keane (90min.com)

Satu lagi eks bintang Premier League yang masih menjadi top skor timnas negaranya adalah Robbie Keane. Keane menghabiskan sekitar 13 musim di Premier League, dan ia pernah membela 6 klub, termasuk Tottenham Hotspur serta Liverpool. Secara total, Keane mencetak 125 gol di Premier League, sebagian besarnya saat membela Tottenham.

Keane juga adalah top skor negaranya yaitu Republik Irlandia. Bahkan, jumlah golnya bagi timnas jauh mengungguli para pemain lain. Keane mencetak total 68 bagi timnas, sementara posisi kedua ditempati Niall Quinn yang punya 22 gol dan sudah pensiun. Maka rekor Keane bagi timnas sepertinya bakal bertahan sangat lama.


Itulah 7 mantan bintang Premier League yang hingga kini masih menjadi top skor timnas negaranya meskipun sudah pensiun. Kira-kira kapan rekor mereka bakal dipatahkan pemain lain?

Baca Juga: 5 Rekor Premier League yang Berhasil Dipecahkan Mohamed Salah, Epik!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya