Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Lolosnya Atalanta ke Perempat Final UCL, Sejarah Baru!

Josip Ilicic cetak 4 gol

Atalanta dipastikan lolos ke babak perempat final Liga Champions usai tundukkan Valencia 3-4 di leg kedua babak 16 besar. Bermain tanpa penonton, kejar mengejar skor terjadi antara kedua tim. Tiga gol Valencia dicetak melalui brace Kevin Gameiro (21', 51') dan gol Ferran Torres (67').

Sedangkan seluruh gol Atalanta dicetak oleh Josip Ilicic (3', 43', 71', 82'). Pertandingan ini pun hadirkan beberapa fakta menarik. Berikut di antaranya.

1. Atalanta ciptakan sejarah baru

5 Fakta Menarik Lolosnya Atalanta ke Perempat Final UCL, Sejarah Baru!uefa.com

Musim ini menjadi kali pertama Atalanta tampil di ajang Liga Champions. Lolosnya mereka ke babak perempat final pun menjadi pencapaian terbaik dalam sejarah klub. Atalanta pun kini tercatat sebagai tim ketiga sebagai debutan yang mampu lolos ke babak perempat final.

Sebelumnya ada Leicester City pada musim 2016/2017 dan Lazio pada musim 1999-2000. Hebatnya, Atalanta lolos dengan kemenangan aggregate 8-4, tim Italia pertama yang mencetak delapan gol di babak knock out.

2. Catatan luar biasa Josip Ilicic

5 Fakta Menarik Lolosnya Atalanta ke Perempat Final UCL, Sejarah Baru!uefa.com/uefachampionsleague

Josip Ilicic menjadi bintang dalam laga ini lewat quattrick yang ia ciptakan, dua di antaranya melalui titik penalti. Ia pun berhasil memecahkan rekor Zlatan Ibrahimovic sebagai pemain tertua yang mampu mencetak empat gol di Liga Champions pada usia 32 tahun 41 hari.

Dalam dua leg menghadapi Valencia, Ilicic sendiri total mencetak lima gol. Sebuah rekor yang hanya mampu dicetak oleh Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Baca Juga: Atalanta dan RB Leipzig Lolos ke Perempat Final Liga Champions

3. Pertandingan digelar tanpa penonton

5 Fakta Menarik Lolosnya Atalanta ke Perempat Final UCL, Sejarah Baru!uefa.com

Virus Corona tak hanya melumpuhkan Serie A, kini virus berbahaya tersebut semakin meluas di Eropa. Efeknya pun mulai mengenai Liga Champions, sehingga laga Valencia melawan Atalanta ini digelar tanpa kehadiran penonton.

Selain laga ini, pertandingan PSG melawan Dortmund dan Barcelona melawan Napoli pun akan digelar tanpa kehadiran penonton. Hal ini sebagai upaya pencegahan virus Corona yang telah menyerang dunia.

4. Rekor buruk Valencia

5 Fakta Menarik Lolosnya Atalanta ke Perempat Final UCL, Sejarah Baru!uefa.com

Tersingkirnya Valencia di ajang ini, menjadi raihan buruk yang mereka dapatkan dalam delapan laga terakhir di semua kompetisi. Mereka hanya sekali meraih kemenangan, lima kekalahan dan dua kali imbang.

Sebelumnya, Valencia sendiri telah tersingkir di babak perempat final Coppa del Rey dan tertahan di peringkat 7 klasemen La Liga. Sebuah penurunan drastis dari musim lalu ketika finish di peringkat 4.

5. Laga selanjutnya

5 Fakta Menarik Lolosnya Atalanta ke Perempat Final UCL, Sejarah Baru!uefa.com

Serie A mengalami penundaan laga hingga tanggal 3 April dikarenakan virus Corona yang telah memakan ratusan korban di negara tersebut. Sehingga Atalanta tidak memiliki jadwal bertanding di kompetisi domestik hingga awal April.

Sementara La Liga masih menggelar kompetisi, namun tanpa kehadiran penonton. Valencia sendiri akan menjamu Levante pada akhir pekan ini.

Itulah beberapa fakta menarik yang lahir dari pertandingan ini.

Baca Juga: Atalanta Berhasil Melibas Valencia dengan Skor 4-1

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya