5 Catatan Penting Kemenangan Man City atas Man United di Old Trafford

Manchester is Blue!

Manchester City keluar sebagai pemenang pada edisi pertama derby Manchester musim ini. Bermain di Old Trafford, Setan Merah menjadi bulan-bulanan tim tamu. Anak asuh Pep Guardiola menguasai 68 persen penguasaan bola. Dua gol kemenangan City bahkan terlahir di babak pertama lewat gol bunuh diri Eric Bailey di menit ke-7 dan gol Bernardo Silva di akhir babak pertama.

Kekalahan ini menjadi rapor buruk Solskjaer di musim ini. Ini menjadi kekalahan keempat Setan merah dari sebelas laga Premier League musim ini. Berikut lima catatan menarik  kemenangan Manchester City atas Manchester United.

1. Man City cetak rekor kemenangan impresif di Old Trafford

5 Catatan Penting Kemenangan Man City atas Man United di Old Traffordselebrasi kemenangan Man City pasca laga (twitter.com/rubendias)

Kemenangan Man City tidak hanya mendekatkan jarak mereka atas Chelsea menjadi tiga poin, tetapi juga melahirkan sebuah rekor baru. Ini menjadi kemenangan kedelapan mereka  atas Setan merah di Old Trafford. Torehan ini menjadi kemenangan di kandang lawan terbanyak City diantara semua tim dalam sejarah Premier League.

Sedangkan bagi Man United, ini menjadi kekalahan keempat Setan Merah di musim ini. Mereka masih duduk di peringkat kelima dengan 17 poin. Namun, posisi mereka tidak aman karena sangat mungkin digusur Arsenal dan Tottenham, yang baru akan bermain pada Minggu malam (07/11).

2. Deretan catatan buruk Setan Merah di laga ini

5 Catatan Penting Kemenangan Man City atas Man United di Old Traffordpotret Cristiano Ronaldo (premierleague.com)

Ini menjadi kekalahan keempat MU di Premier League musim ini dan lebih buruk lagi, tiga di antaranya terjadi di kandang sendiri. Dalam tiga kekalahan kandang tersebut, Setan Merah bahkan tak mampu mencetak satu pun gol dan kebobolan delapan gol. Kekalahan itu terjadi kala melawan Aston Villa, Liverpool, dan Manchester City.

Tidak hanya itu, MU pun disingkirkan West Ham di babak ketiga Piala Liga saat kalah 0-1 di Old Trafford. Berdasarkan catatan Opta, Manchester United gagal melakukan clean sheet dalam 14 laga kandang terakhir mereka di semua ajang.

Baca Juga: Manchester United Dihajar Manchester City 0-2, Guardiola Puji Pemain

3. Manchester City "permainkan" Setan Merah

5 Catatan Penting Kemenangan Man City atas Man United di Old Traffordpotret Kevin de Bruyne (premierleague.com)

Manchester City memang layak memenangi laga ini lewat keunggulan mutlak di berbagai lini. Para pemain City berhasil memorak-porandakan pertahanan tim tuan rumah. Selain keunggulan ball posession, mereka juga unggul jauh dalam melakukan tendangan ke arah gawang.

The Cityzens melakukan 16 tendangan, berbanding hanya lima miliki Manchester United. Menurut laporan Opta, Manchester City berhasil melakukan 753 passing selama 90 menit pertandingan, jumlah terbanyak dari semua tim yang menghadapi Setan Merah.

4. King of The Match: Joao Cancelo

5 Catatan Penting Kemenangan Man City atas Man United di Old TraffordJoao Cancelo melakukan tendangan (premierleague.com)

Bernardo Silva tampil apik dengan menjadi pencetak gol kedua Manchester City. Namun, Man of The Match dalam laga ini disematkan kepada fullback City, Joao Cancelo. Bermain di bek kiri, eks Juventus itu justru tampil luar biasa dengan memberikan ancaman bagi pertahanan Manchester United.

Dua gol Manchester City lahir dari umpan-umpan berbahayanya yang berbuah gol bunuh diri Eric Bailley dan gol Bernardo Silva. Total bek asal Portugal ini sudah mencetak dua gol dan enam assist dari 17 laga di semua ajang.

5. Akankah Ole Gunnar Solskjaer dipecat?

5 Catatan Penting Kemenangan Man City atas Man United di Old Traffordpotret Ole Gunnar Solskjaer dan Pep Guardiola (premierleague.com)

Dua pekan lalu, Setan Merah dibantai 0-5 Liverpool di Old Trafford dan memicu kabar bakal dipecatnya Ole Gunnar Solskjaer. Namun, manajemen masih memberikan kesempatan dalam beberapa laga berikutnya. MU sempat bangkit dengan mengalahkan Tottenham dan menahan imbang Atalanta. Namun, kini kekalahan kembali terjadi di Old Trafford di tangan tim rival.

Yang menjadi pertanyaan publik adalah bagaimana nasib Solskjaer selanjutnya? Akankah manajemen akan terus mempertahankan sang pelatih di tengah inkonsistensinya selama ini? Di sisi lain, calon penggantinya, Antonio Conte, justru hengkang ke Tottenham. Sosok pelatih top yang saat ini tersedia hanyalah Zinedine Zidane, tetapi eks Real Madrid itu kabarnya tak tertarik menangani Setan Merah.

 

Pekan depan kompetisi liga di Eropa akan rehat untuk laga internasional. Ini menjadi saat yang tepat bagi Setan Merah untuk melakukan evaluasi tim. Musim ini mereka sebenanrya memiliki skuad yang sangat kompetitif, tetapi masih kurang dimaksimalkan dengan baik. Bisakah MU bangkit atau justru semakin terpuruk?

Baca Juga: Solskjaer Pede Jadi Manajer Paling Pas Buat Manchester United

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya