Comscore Tracker

5 Fakta Kemenangan Man City atas Brighton di Premier League

Phil Foden jadi man of the match!

Manchester City melanjutkan tren positif mereka di Premier League musim ini. Bertandang ke Falmer Stadium dalam lanjutan EPL pekan ke-9, City menang telak 1-4 atas Brighton. Phil Foden tampil menonjol dengan mencetak brace, sedangkan dua gol lainnya dicetak oleh Ilkay Gundogan dan Riyad Mahrez. Sedangkan satu gol tuan rumah dicetak lewat penalti Mac Allister.

Dengan hasil ini City naik ke peringkat kedua dengan 20 poin, sedangkan Brighton tetap tertahan di peringkat ke-4 dengan 15 poin. Berikut ini 5 fakta menarik yang mewarnai jalannya pertandingan.

1. Phil Foden cemerlang

5 Fakta Kemenangan Man City atas Brighton di Premier Leaguepotret selebrasi gol Phil Foden (premierleague.com)

Musim ini, Man City sering tampil tanpa seorang striker murni, dan peran false 9 diisi oleh Phil Foden. Pemain 21 tahun itu memainkan perannya dengan sangat luar biasa dalam laga ini. Dia terlibat dalam tiga gol dalam laga dengan menorehkan dua gol dan satu assist. 

Berdasarkan catatan Opta, ini menjadi pertama kalinya sang pemain terlibat dalam tiga gol dalam satu laga. Total sang pemain kini sudah mencetak tiga gol dan satu assist dari lima laga di Premier League.

2. Man City menjadi mimpi buruk bagi Brighton

5 Fakta Kemenangan Man City atas Brighton di Premier Leaguepotret selebrasi gol pemain Man City (premierleague.com)

Musim ini, Brighton tampil menjadi kuda hitam di Premier League lewat permainan atraktif dan agresif. Meski demikian, Man City menjadi musuh yang sulit mereka kalahkan. Hasil ini menjadi kekalahan ke-8 dari sembilan pertemuan kedua tim. Total, Brighton kebobolan 27 gol dari sembilan laga tersebut, artinya rata-rata mereka kebobolan tiga gol setiap laga melawan City.

Skor 1-4 ini pun menjadi kekalahan paling telak Brighton dalaml 43 laga terakhirnya. Terakhir kali mereka kebobolan 4 gol pada 2020 lalu saat dikalahkan 4-2 oleh Everton. Ini juga menjadi kekalahan kedua di musim ini. Ironisnya, dua kekalahan tersebut justru terjadi di kandang sendiri.

Baca Juga: 5 Pemain Top Brasil yang Pernah Membela Man City Satu Dekade Terakhir

3. Catatan impresif Ilkay Gundogan

5 Fakta Kemenangan Man City atas Brighton di Premier Leagueselebrasi gol Ilkay GUndogan bersama pemain Man CIty lainnya (mancity.com)

Selain Phil Foden, Ilkay Gundogan menjadi pemain City lainnya yang tampil cemerlang di laga ini. Dia tidak hanya mencetak satu gol, tetapi juga menjadi jenderal lapangan tengah yang luar biasa. Total dia sudah mencetak dua gol dari enam laga Premier League musim ini.

Berdasarkan catatan Opta, Gundogan menjadi pemain tertajam ketiga Premier League sepanjang tahun 2021. Pemain asal Jerman itu mampu mencetak 13 gol di Premier League di tahun 2021, hanya kalah dari Harry Kane (16 gol) dan Mohamed Salah (15 gol).

4. Brighton gagal raih kemenangan di empat laga terakhir

5 Fakta Kemenangan Man City atas Brighton di Premier Leaguepotret Mac Allister mengeksekusi penalti (premierleague.com)

Musim ini Brighton tampil mengejutkan sebagai kuda hitam di Premier League. Hingga pekan ke-9, klub asuhan Graham Potter ini mampu menempati peringkat empat besar.

Sayangnya, dalam empat laga terakhir, mereka gagal meraih kemenangan satu pun dengan hasil tiga imbang dan sekali kalah. Kini posisi mereka pun terancam digusur oleh Tottenham dan Manchester United, yang baru akan bermain di Minggu malam (24/10)

5. Bakal berlaga di EFL Cup tengah pekan ini

5 Fakta Kemenangan Man City atas Brighton di Premier Leaguepotret duel Brighton vs Man City (premierleague.com)

Manchester City dihadapkan dengan jadwal padat. Setelah tampil di Liga Champions dan Premier League, tiga hari kemudian mereka akan menjalani babak 16 besar Piala Liga menghadapi tim kuda hitam lainnya, West Ham United di London Stadium.

Sementara itu, Brighton pun bakal menghadapi lawan yang tidak kalah berat, Leicester City di King Power Stadium. Meski dianggap sebagai kompetisi ketiga setelah Premier League dan FA Cup, Piala Liga bisa menjadi ajang bagi Brighton mencetak sejarah dengan menjuarainya untuk pertama kali di tengah performa impresifnya musim ini.

 

Itulah deretan fakta menarik kemenangan Manchester CIty atas Brighton di lanjutan pekan ke-9 Premier League. City meneruskan konsistensinya, dan berpeluang untuk mempertahankan gelar Premier League musim ini dari kejaran Chelsea dan Liverpool.

Baca Juga: Fantasi Jack Grealish dan Manchester City yang Mulai Menyatu

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya