Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Laga Pembuka UCL Musim 2021/2022, Penuh Kejutan!

Gimana hasil tim favoritmu?

Kompetisi paling elite di level klub Eropa, Liga Champions, akhirnya dimulai. Laga pembuka musim ini menghadirkan banyak pertarungan sesama klub besar. Salah satunya Liverpool berhadapan dengan AC Milan dan Inter Milan menghadapi Real Madrid.

Tak hanya itu, beberapa pemain pun sukses mencetak berbagai rekor fantastis. Lalu, apa saja yang terjadi pada pekan perdana? Ini berbagai fakta menarik yang terjadi.

1.Tim-tim Inggris raih kemenangan, kecuali Manchester United

5 Fakta Menarik Laga Pembuka UCL Musim 2021/2022, Penuh Kejutan!potret selebrasi Manchester City (twitter.com/ChampionsLeague)

Klub-klub Inggris memulai kompetisi Liga Champions dengan hasil yang memuaskan. Tiga tim, Chelsea, Manchester City, dan Liverpool sama-sama sukses meraih kemenangan. Sementara itu, Manchester United yang bermain dengan 10 pemain dibungkam Young Boys 2-1.

Liverpool dan Manchester City menghadapi lawan yang solid, dan berakhir dengan banjir gol. The Reds akhirnya mengalahkan AC Milan dengan skor 3-2, sedangkan City membugkam RB Leipzig dengan skor 6-3. Sementara itu, Chelsea hanya unggul tipis 1-0 atas Zenit St Petersburg.

2. Penampilan fantastis Sebastien Haller dan Christopher Nkunku

5 Fakta Menarik Laga Pembuka UCL Musim 2021/2022, Penuh Kejutan!potret Sebastien Haller (twitter.com/ChampionsLeague)

Sosok yang menarik perhatian di laga perdana Liga Champions bukanlah nama besar Lionel Messi ataupun Cristiano Ronaldo, melainkan striker Ajax, Sebastien Heller. Striker 27 tahun itu berhasil mencetak quattrick dalam kemenangan Ajax atas Sporting Lisbon dengan skor 1-5. Luar biasanya, itu terjadi di kandang lawan.

Empat golnya ini menjadikan Heller mencetak rekor sebagai pemain kedua yang mencetak quattrick dalam laga debutnya. Sang pemain didatangkan pada Janauri 2021 dari West Ham dengan rekor transfer klub sebesar 22,5 juta euro. Selain Heller, nama lain yang menjadi perhatian adalah Christopher Nkunku yang mencetak hattrick untuk RB Leipzig. Sayangnya, tiga golnya itu tidak cukup untuk membawa klubnya meraih poin yang kalah dengan skor 6-3.

Baca Juga: 10 Fakta Sebastien Haller, Pencetak Quattrick di Laga Debut UCL

3. Para pemain Bundesliga mencetak rekor fantastis

5 Fakta Menarik Laga Pembuka UCL Musim 2021/2022, Penuh Kejutan!potret Erling Haaland dan Jude Bellingham (footballtransfers.com)

Meski baru laga pembuka, beberapa rekor langsung terlahir. Menariknya, banyak yang terlahir dari para pemain Bundesliga. Jude Bellingham kini tercatat sebagai pemain termuda yang berhasil mencetak gol dalam dua laga beruntun Liga Champions di usia 18 tahun dan 78 hari. Hal ini terjadi usai Dortmund mengalahkan Beskitas dengan skor 2-1. Gol Dortmund dicetak oleh Erling Haaland dan Jude Bellingham. Satu gol sebelumnya dicetak Bellingham pada babak perempat final Liga Champions musim lalu ke gawang Manchester City.

Dia mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang Kylian Mbappe (18 tahun dan 85 hari). Satu gol Erling Haaland menjadi gol ke-21-nya di ajang ini hanya dalam 17 pertandingan. Catatan itu jauh lebih baik dari Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Rekor lainnya dicetak striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski, saat membungkam Barcelona 0-3. Dua golnya menjadikan Lewandowski sudah mencetak gol dalam 18 pertandingan beruntun di semua ajang.

4. Dongeng tim debutan Sheriff Tiraspol berlanjut

5 Fakta Menarik Laga Pembuka UCL Musim 2021/2022, Penuh Kejutan!potret selebrasi kemenangan Sherriff Tiraspol (espn.co.uk)

Sheriff Tiraspol menjadi satu-satunya tim debutan di Liga Champions musim ini. Klub asal Moldova ini lolos lewat jalur kualifikasi yang panjang dengan mengalahkan tim-tim yang lebih mapan seperti Red Star Belgrade dan Dynamo Zagreb. Kini kejutan terus berlanjut dengan meraih kemenangan di laga pembuka Liga Champions fase grup.

Sherriff berhasil membungkam Shakthar Donetsk dengan skor meyakinkan, 2-0. Mereka tergabung di grup D bersama Real Madrid dan Inter Milan. Kini untuk sementara mereka memuncaki klasemen dengan 3 poin, unggul selisih gol dari Real Madrid yang menang 0-1 atas Inter Milan.

5.  Tim-tim asal Italia dan Spanyol belum memuaskan

5 Fakta Menarik Laga Pembuka UCL Musim 2021/2022, Penuh Kejutan!potret Barcelona usai dikalahkan Bayern Munchen (marca.com)

Jika tim-tim Inggris mayoritas sukses meraih kemenangan, nasib sebaliknya dialami tim-tim asal Italia dan Spanyol. Dari Serie A, hanya Juventus yang berhasil meraih kemenangan, sedangkan duo Milan menderita kekalahan dan Atalanta bermai imbang. Begitu juga dengan klub LaLiga, hanya Real Madrid yang meraih kemenangan, sedangkan Villareal dan Atletico Madrid bermain imbang.

Sementara itu, Barcelona secara memalukan dibungkam Bayern Munchen dengan skor 0-3 di Camp Nou. Ini menjadi sedikit gambaran awal bahwa beberapa tahun terakhir ajang ini masih dikuasai klub-klub asal Premier League. Akankah musim ini kembali terulang?

 

Pertandingan perdana Liga Champions musim ini menghadirkan berbagai drama dan keseruan yang sangat menarik. Klub-klub unggulan berhasil memenangkan laga pembukaan, sedangkan tim-tim medioker seperti Young Boys dan Sherriff FC sukses berikan kejutan. Sebuah awal yang menarik.

Baca Juga: 5 Catatan Menarik Usai Liverpool Bungkam AC Milan di Matchday 1 UCL

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya