5 Kiper yang Torehkan Clean Sheet Terbanyak Liga Top Eropa Musim Ini

Posisi mereka tak tergantikan di tim utama!

Kompetisi di liga-liga top Eropa telah berakhir dan menghasilkan banyak kejutan yang luar biasa. Tak hanya persaingan meraih juara yang sangat sengit hingga akhir, tetapi juga persaingan untuk tampil di Liga Champions. Di level pemain, beberapa nama tampil memikat lewat kontribusi yang diberikan di musim ini.

Salah satunya performa para kiper di 5 liga top Eropa, di mana mereka tampil luar biasa dengan mencetak clean sheet terbanyak di liga masing-masing. Siapa yang terbaik? Ini ulasannya.

1. Samir Handanovic - 15 clean sheet

5 Kiper yang Torehkan Clean Sheet Terbanyak Liga Top Eropa Musim IniSamir Handanovic (goal.com)

Samir Handanovic merupakan sosok krusial dan pemimpin skuad Inter Milan dalam menjuarai Scudetto musim ini. Meski usianya tak muda lagi, 36 tahun, performanya di bawah mistar gawang masih sangat impresif.

Sepanjang musim ini dia hanya absen sekali di Serie A dengan torehkan 15 clean sheet dari 37 laga. Inter Milan sendiri menjadi klub dengan kebobolan paling sedikit, yaitu 35 gol. 

2. Peter Gulacsi - 15 clean sheet

5 Kiper yang Torehkan Clean Sheet Terbanyak Liga Top Eropa Musim IniPeter Gulacsi (bundesliga.com)

Meski musim ini RB Leipzig gagal mematahkan dominasi Bayern Munchen dan finish sebagai runner up, performa kiper mereka Peter Gulacsi patut diacungi jempol. Kiper asal Hungaria itu mencatatkan 15 clean sheet dari 33 laga yang dijalaninya, mengalahkan torehan Manuel Neuer.

Pemain berusia 31 tahun itu berseragam Rb Leipzig sejak 2015 lalu usai diboyong dari RB Salzburg hanya dengan harga 3 juta euro atau sekitar Rp52 milyar.

Baca Juga: 5 Kiper Top Ini Menjadi Tulang Punggung Negaranya yang Minim Prestasi

3. Jan Oblak - 18 clean sheet

5 Kiper yang Torehkan Clean Sheet Terbanyak Liga Top Eropa Musim IniJan Oblak (as.com)

Kejayaan Atletico Madrid menjuarai LaLiga musim ini dan memutus dominasi Real Madrid tak hanya kontribusi hebat deretan striker mereka, tetapi juga ketangguhan Jan Oblak sebagai penjaga gawang. Posisinya tak tergantikan dengan tampil dalam 38 laga LaLiga dengan torehan 18 clean sheet dan kebobolan 25 gol saja.

Kontribusinya tersebut pun membuat Altetico tidak hanya menjadi juara, tetapi klub paling sedikit kebobolan di LaLiga musim ini. Lewat performa luar biasa dan stabilitasnya, dia pun diincar banyak klub raksasa lainnya.

4. Ederson Moraes - 19 clean sheet

5 Kiper yang Torehkan Clean Sheet Terbanyak Liga Top Eropa Musim IniEderson (standard.co.uk)

Sejak didatangkan Manchester City pada 2017 lalu, Ederson Moraes bertransformasi menjadi salah satu kiper terbaik di Eropa. Begitu juga musim ini, di mana dia berhasil persembahkan trofi Premier League lewat kontribusi besarnya.

Kiper asal Brasil tersebut torehkan 10 clean sheet dari 36 laga Premier League dan kebobolan hanya 19 gol. Tidak hanya itu, dia pun berpeluang mencetak sejarah usai membawa Manchester City untuk pertama kalinya lolos ke final Liga Champions.

5. Mike Maignan - 21 clean sheet

5 Kiper yang Torehkan Clean Sheet Terbanyak Liga Top Eropa Musim IniMike Maignan (goal.com)

Lille menjadi klub yang mengejutkan di musim ini usai mematahkan dominasi  PSG di Ligue 1. Mereka berhasil menjadi juara hanya dengan selisih satu poin dari juara bertahan. Salah satu pemain kunci yang tampil luar biasa adalah kiper mereka Mike Maignan. Kiper asal Prancis itu menorehkan 21 clean sheet dari 38 laga dengan kebobolan 23 gol.

Catatan apik ini menjadikannya kiper terbanyak torehkan clean sheet di 5 liga top Eropa. Kiper berusia 25 tahun itu sendiri sudah berkostum Lille sejak 2015 lalu usai diboyong dari PSG.

 

Posisi seorang kiper kadang terlupakan perannya dalam keberhasilan sebuah klub meraih prestasi. Padahal perannya sangatlah luar biasa dalam menjaga gawangnya agar tidak kebobolan. Dari sekian nama besar di Eropa musim ini, 5 pemain di atas tampil sangat menonjol di musim ini dengan catatkan torehan clean sheet terbanyak.

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Ternyata Memulai Karier Tidak Sebagai Kiper

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya