5 Klub Top Eropa dengan Nilai Skuad Termahal pada 2021/2022

Dikuasai tim-tim asal Premier League

Sebagai olahraga paling populer di dunia, sepak bola telah menjadi sebuah industri besar. Hal ini yang membuat banyak pengusaha kaya raya dari seluruh dunia berlomba-lomba menanam investasi di klub-klub top Eropa.

Prestasi yang melimpah dan popularitas bernilai sangat penting. Tidak hanya untuk sejarah klub, tetapi juga secara nilai ekonomis. Untuk mewujudkan itu, dibutuhkan banyak pemain berkualitas di dalam tim. Berikut ini lima klub dengan nilai skuad termahal di Eropa pada 2021/2022.

1. Manchester City (Rp15,6 triliun) 

5 Klub Top Eropa dengan Nilai Skuad Termahal pada 2021/2022Para pemain Manchester City melakukan selebrasi gol. (premierleague.com)

Manchester City menjadi tim yang mendominasi sepak bola Inggris dalam beberapa tahun terakhir. City Football Group mengakuisisi klub pada 2008 di bawah kepemimpinan Mansour bin Zayed Al Nahyan. Sejak itu, Manchester City mampu meraih 5 trofi Premier League, 2 FA Cup, dan 6 Piala Liga.

Dengan kucuran dana melimpah, The Cityzens kerap mendatangkan pemain bintang. Pada era Pep Guardiola, mereka berjaya dengan skuad yang sangat mumpuni. Kini nilai skuad mereka menjadi yang tertinggi dengan nilai 985 juta euro atau sekitar Rp15,6 triliun. Jack Grealish menjadi pembelian termahal klub dengan harga 117,5 juta euro atau sekitar Rp1,9 triliun.

2. Paris Saint-Germain (Rp13,1 triliun)

5 Klub Top Eropa dengan Nilai Skuad Termahal pada 2021/2022selebrasi kemenangan pemain PSG (twitter.com/PSG_English)

Setelah Qatar Investment Authority (QIA) menjadi pemegang saham utama pada 2011, Paris Saint-Germain mendominasi sepak bola Prancis. Mereka memenangi 7 gelar Ligue 1, 6 Piala Liga, dan 6 Coupe de France.

Meskipun kurang sukses di kompetisi Eropa, PSG adalah salah satu klub bernilai tinggi di dunia saat ini. Itu tak lepas dari banyaknya pemain berkelas bintang menghiasai skuad Mauricio Pochettino, seperti Lionel Messi, Kylian Mbappe, Neymar Jr, hingga Sergio Ramos. Nilai skuad saat ini berada di angka 832,9 juta euro atau sekitar Rp13,1 triliun.

Baca Juga: 5 Klub dengan Nilai Skuad Termahal di LaLiga Musim 2021/2022

3. Manchester United (Rp12,2 triliun)  

5 Klub Top Eropa dengan Nilai Skuad Termahal pada 2021/2022Cristiano Ronaldo (premierleague.com)

Manchester United adalah salah satu klub paling populer di dunia. Mereka juga klub tersukses di Inggris dengan mengoleksi 20 gelar Liga Inggris dan 3 gelar Liga Champions.

Sayangnya, kejayaan klub meredup sejak Sir Alex Ferguson pensiun pada 2013. Setan Merah tak pernah lagi merasakan gelar juara Premier League. Padahal kualitas pemain yang dimiliki cukup kompetitif. Manchester United saat ini memiliki nilai skuad sebesar 769,9 juta euro atau sekitar Rp12,2 triliun.

4. Chelsea (Rp10,3 triliun)  

5 Klub Top Eropa dengan Nilai Skuad Termahal pada 2021/2022Para pemain Chelsea melakukan selebrasi gol di lapangan. (premierleague.com)

Chelsea mengalami kemajuan sangat pesat sejak diakusisi Roman Abramovich. Mereka telah memenangi 5 gelar Premier League, 2 Liga Champions, dan 2 Liga Europa. Prestasi ini menjadikan Chelsea kekuatan baru di Eropa dalam satu dekade terakhir.

Chelsea memiliki nilai skuad sebesar 649,8 juta euro atau sekitar Rp10,3 triliun. Romelu Lukaku menjadi pembelian termahal bernilai 115 juta euro atau Rp1,8 triliun. Namun, Chelsea kini goyang usai Roman Abramovich mundur sebagai pemilik klub akibat invasi Rusia ke Ukraina.

5. Liverpool (Rp9,7 triliun)  

5 Klub Top Eropa dengan Nilai Skuad Termahal pada 2021/2022Mohamed Salah melakukan selebrasi gol ke gawang Manchester United. (premierleague.com)

Liverpool adalah klub Inggris dengan gelar Liga Champions terbanyak. Mereka juga menjadi klub tersukses kedua di Liga Inggris dengan koleksi sembilan belas gelar. Meski demikian, mereka sempat puasa gelar hingga 30 tahun.

Kehadiran Jurgen Klopp kemudian berhasil memutus kutukan tersebut. Pada era pelatih asal Jerman itu, Liverpool kembali mendapatkan kejayaannya. Salah satu kuncinya adalah strategi transfer yang sangat efektif dan jitu. Nilai pembelian pemain klub saat ini berada di angka 610,9 juta euro atau sekitar Rp9,7 triliun.

Pemain yang berkualitas dan berpengalaman menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah klub dalam meraih trofi. Meski demikian, klub harus berani mengeluarkan dana besar untuk mendapatkan para pemain tersebut. Itu menjadi investasi penting, apalagi jika dibarengi dengan strategi pemilihan pemain yang tepat sesuai kebutuhan tim.

Baca Juga: 5 Klub Serie A dengan Nilai Skuad Termahal di Musim 2021/2022

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya