Comscore Tracker

5 Lulusan Terbaik Sepanjang Sejarah Akademi Manchester United

Pemain-pemain kunci era kejayaan Setan Merah

Manchester United adalah klub tersukses di Liga Inggris dengan koleksi 20 trofi. Mereka juga tak kalah luar biasa di Eropa dengan tiga gelar Liga Champions. Satu hal yang menjadi kunci sukses adalah akademi mereka yang telah melahirkan banyak pemain legendaris klub.

Mereka adalah tulang punggung Setan Merah pada era kejayaannya. Meski mereka kesulitan meraih gelar pada beberapa tahun terakhir, akademi Manchester United tak berhenti melahirkan bintang-bintang baru. Berikut ini adalah lima lulusan akademi terbaik sepanjang sejarah klub.

1. Sir Bobby Charlton  

5 Lulusan Terbaik Sepanjang Sejarah Akademi Manchester UnitedSir Bobby Charlton (manutd.com)

Sir Bobby Charlton lebih dari sekadar pemain terbaik, tetapi juga inspirasi dan ikon Manchester United. Dia dianggap sebagai pemain terhebat sepanjang sejarah Manchester United dan Timnas Inggris. Dia adalah sosok yang selamat dari kecelakaan udara Munich yang merenggut nyawa banyak pemain dan anggota staf pada tahun 1958.

Namun, setelah itu ia bangkit dan memenangkan banyak gelar bersama klub, dan membantu Inggris meraih gelar Piala Dunia satu-satunya pada tahun 1966 dan memenangkan Ballon d'Or tahun itu. Sedangkan untuk MU, dia mempersembahkan tiga gelar Premier League dan satu Liga Champions. Selama 17 tahun berkostum MU, dia berhasil mengoleksi 141 gol dari 467 pertandingan.

2. Ryan Giggs  

5 Lulusan Terbaik Sepanjang Sejarah Akademi Manchester UnitedRyan Giggs (uefa.com)

Ryan Giggs adalah bagian dari Class 92 yang menjadi  kunci sukses Manchester United di era Sir Alex Fergusson. Pemain asal Wales itu bahkan menghabsikan seluruh karier profesionalnya untuk Setan Merah dan telah mendapatkan semua gelar bergengsi. Giggs adalah pemegang rekor penampilan terbanyak Setan Merah hingga saat ini dengan 945 penampilan

Dia juga memegang rekor assist terbanyak Setan Merah dengan 250. Raihan trofinya pun tak tertandingi dengan 13 gelar Premier League dan dua trofi Liga Champions. Total dia sudah mempersembahkan 35 trofi selama hampir 23 tahun berkostum Setan Merah.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Dibeli dari Leeds United

3. Paul Scholes  

5 Lulusan Terbaik Sepanjang Sejarah Akademi Manchester UnitedPaul Scholes (uefa.com)

Scholes adalah salah satu gelandang terbaik yang pernah bermain untuk Manchester United dan Timnas Inggris. Dia adalah roh lini tengah MU. Scholes memenangkan 11 gelar Premier Laegue, dua gelar Liga Champions, empat Piala FA, tiga Piala Liga dan lima Community Shield.

Karenanya ia dianggap sebagai salah satu lulusan akademi Manchester United terbaik sepanjang masa. Pada 2011 dia sempat memutuskan untuk gantung sepatu, tetapi enam bulan kemudian memutuskan kembali untuk membantu Setan Merah keluar dari keterpurukan. Scholes total tampil dalam 711 pertandingan dengan koleksi 152 gol dan 74 assist.

4. David Beckham  

5 Lulusan Terbaik Sepanjang Sejarah Akademi Manchester UnitedDavid Beckham (manutd.com)

Beckham dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik pada generasinya. Dia merupakan lulusan akademi Manchester United bersama pemain top lainnya seperti Giggs dan Neville bersaudara di era Sir Alex Ferguson. Tidak hanya itu, Beckham juga menjadi ikon sepak bola kala itu karena popularitas personalnya di luar lapangan.

Sepanjang kariernya di Old Trafford, dia memenangkan enam gelar Premier League dan satu trofi Liga Champions, serta enam piala domestik. Namun, pertikaiannya dengan Alex Fergusson kemudian membuat dirinya hengkang ke Real Madrid pada 2003 setelah 12 tahun berkostum Setan Merah. Setelah pensiun dari lapangan hijau, saat ini ia menjabat sebagai Presiden klub MLS Inter Miami.

5. George Best  

5 Lulusan Terbaik Sepanjang Sejarah Akademi Manchester UnitedGeorge Best (manutd.com)

George Best adalah salah satu pemain paling berbakat yang pernah mengenakan berkostum Manchester United. Dia dikenal karena memiliki kemampuan dribbling dan mencetak gol luar biasa. Striker asal Inggris itu juga memenangkan dua gelar Premier League dan satu gelar Champions League.

Dia juga menjadi satu dari sedikit lulusan akademi MU yang memenangkan Ballon d'Or. Selama 11 musim membela tim utama Setan Merah, dia berhasil mengoleksi 137 gol dari 353 pertandingan. 

Sejak ditinggal pensiun Sir Alex Fergusson, Setan Merah belum pernah lagi menjuarai Premier League. Meski demikian, produk akademi klub terus berkontribusi dengan lahirnya talenta-talenta luar biasa. Marcus Rashford, Paul Pogba hingga Mason Greenwood menjadi salah satunya. Bisakah mereka mengembalikan kejayaan MU di masa mendatang?

Baca Juga: 5 Pemain Afrika Terakhir yang Membela Manchester United, Jadi Andalan?

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya