Comscore Tracker

5 Pelatih yang Sukses Bawa Inter Milan Raih Scudetto Sebelum Conte

Ada yang sukses raih treble winners!

Kualitas Antonio Conte sebagai pelatih top kembali terbukti dengan membawa Inter Milan meraih Scudetto di musim 2020/2021. Pada masa bakti tahun keduanya, Conte berhasil mematahkan dominasi Juventus selama sembilan musim terakhir. Ini jadi prestasi luar biasa, karena terakhir kali Inter Milan meraih Scudetto terjadi pada musim 2009/2010.

Gelar ini menjadi gelar ke-19 Inter Milan sepanjang sejarah mereka, dan menjadikan mereka klub kedua dengan Scudetto terbanyak. Sebelum Antonio Conte sendiri, Inter Milan juga sukses meraih Scudetto dengan 5 pelatih hebat ini.

1. Jose Mourinho  

5 Pelatih yang Sukses Bawa Inter Milan Raih Scudetto Sebelum ConteJose Mourinho (eurosport.com)

Pada 2008, Inter Milan menunjuk Jose Mourinho menjadi pelatih utama dan itu jadi keputusan terbaik yang pernah mereka ambil. Di musim perdananya Mourinho sukses persembahkan Scudetto dan Supercoppa Italiana, dan semakin menggila di musim berikutnya dengan meraih treble winners; Serie A, Coppa Italia dan Liga Champions.

Itu adalah prestasi terbaik dalam sejarah klub. Namun, musim itu juga jadi akhir pengabdian Mourinho karena dirinya di akhir musim hengkang menuju Real Madrid.

2. Roberto Mancini

5 Pelatih yang Sukses Bawa Inter Milan Raih Scudetto Sebelum ConteRoberto Mancini (eurosport.com)

Roberto Mancini pernah menangani Inter Milan dalam dua periode, namun periode pertama (2004-2008) menjadi yang paling sukes. Dia sukses persembahkan tiga Scudetto beruntun, masing-masing pada musim 2005/2006, 2006/2007, dan 2007/2008. Tak hanya itu, Mancini juga berhasil persembahkan 2 Coppa Italia dan 2 Suppercoppa Italiana.

Pada 2008, posisinya kemudian digantikan Jose Mourinho sebagai pelatih Inter Milan. Sempat menganggur satu musim, Mancini kemudian menjadi pelatih Manchester City pada 2009. Saat ini, Roberto Mancini menjabat sebagai pelatih timnas Italia sejak 2018.

Baca Juga: 6 Tokoh Kunci Kesuksesan Inter Milan Raih Scudetto

3. Giovanni Trapattoni

5 Pelatih yang Sukses Bawa Inter Milan Raih Scudetto Sebelum ConteGiovanni Trapattoni (sempreinter.com)

Giovanni Trapattoni merupakan salah satu pelatih terbaik Serie A pada masanya. Dia sukses besar bersama Juventus dengan persembahan 1 trofi Liga Champions dan 6 Scudetto.

Hal itulah yang membuat Inter Milan tertarik memboyongnya pada 1986. Dia menangani Inter Milan selama 5 musim dengan persembahan 1 Scudetto (1988–89) dan Piala UEFA 1990/1991.

4. Eugenio Bersellini  

5 Pelatih yang Sukses Bawa Inter Milan Raih Scudetto Sebelum ConteEugenio Bersellini (calciomercato.com)

Eugenio Bersellini menangani Inter Milan selama lima musim sejak tahun 1977. Selama masa baktinya itu, dia sukses mempersembahkan 1 Scudetto (1979/1980) dan 2 trofi Coppa Italia pada musim 1977/1978 dan 1981/1982.

Sepanjang kariernya, Bersellini lebih banyak menghabiskan waktu menangani klub-klub Serie A. Sampdoria, Torino, Fiorentina, Ascoli hingga Modena pernah ditangani oleh pelatih yang meninggal dunia pada 2017 lalu ini.

5. Giovanni Invernizzi  

5 Pelatih yang Sukses Bawa Inter Milan Raih Scudetto Sebelum ConteGiovanni Invernizzi (inter.it)

Pelatih lainnya yang berhasil mempersembahkan Scudetto untuk Inter Milan adalah Giovanni Invernizzi. Eks pemain Inter Milan itu meraih gelar tersebut pada musim 1970/1971 alias pada musim pertamanya menjadi pelatih Inter Milan. Namun dia hanya bertahan tiga tahun dengan torehan 59 kemenangan, 24 kekalahan dan 28 kali imbang.

 

Apa yang diraih Antonio Conte bersama Inter Milan sangatlah luar biasa karena berhasil memutus dominasi Juventus. Apalagi sang pelatih juga berhasil membentuk skuad yang sangat kompetitif diisi deretan pemain bintang. Akankah ini menjadi titik awal prestasi lainnya di masa mendatang?

Baca Juga: Bawa Inter Milan Raih Scudetto, Ini Perjalanan Karier Antonio Conte

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya