5 Pemain Top Asal Brasil yang Tampil Impresif bersama Lyon

Ada yang mempersembahkan 7 gelar Ligue 1

Lyon sempat mengguasai Ligue 1 pada era 2000-an dengan menjadi juara tujuh musim beruntun. Masa keemasan tersebut tidak lepas dari peran pemain asal Brasil kala itu, Juninho Pernambucano.

Lyon adalah klub yang tidak asing dengan pemain negeri Samba. Sepanjang sejarahnya, ada beberapa nama top Brasil yang tampil impresif di Lyon. Siapa saja mereka? Yuk disimak!

1. Sonny Anderson

5 Pemain Top Asal Brasil yang Tampil Impresif bersama LyonSonny Anderson (twitter.com/EuropaLeague)

Sonny Anderson sempat memecahkan rekor transfer ketika diboyong Barcelona dari AS Monaco seharga 26,25 juta euro atau sekitar Rp422 miliar pada 1997. Ironisnya, ia gagal menunjukkan performa terbaiknya. Anderson hanya 21 gol dari 81 penampilan untuk Blaugrana.

Ia pun dilepas dua musim selanjutnya ke Lyon dengan harga 19 juta euro atau sekitar Rp306 miliar. Striker asal Brasil ini pun menemukan kembali ketajamannya. Ia mempersembahkan dua gelar Ligue 1 dan dua kali menjadi top skor. Total ia mencetak 94 gol dari 160 pertandingan selama empat musim membela Lyon.

2. Edmilson

5 Pemain Top Asal Brasil yang Tampil Impresif bersama LyonEdmilson (fcbarcelona.com)

Edmilson adalah pemain asal Brasil lainnya yang menjadi generasi emas Lyon era 2000-an. Gelandang bertahan tersebut bergabung dengan Lyon pada 2000 dari Sao Paolo. Ia mempersembahkan tiga gelar Ligue 1 selama empat tahun di sana. Edmilson juga menjadi bagian dari skuad Brasil saat menjuarai Piala Dunia 2002.

Performa impresifnya pun membuat Barcelona memboyong sang pemain pada 2004. Dia ditebus dengan harga 8 juta euro dan menjadi bagian penting klub saat menjuarai Liga Champions musim 2005/2006.

Baca Juga: 5 Penyerang Top yang Pernah Membela Olympique Lyon Sedekade Terakhir

3. Juninho

5 Pemain Top Asal Brasil yang Tampil Impresif bersama LyonJuninho (ligue1.com)

Bintang Lyon pada era 2000-an tak lain adalah Juninho. Ia bergabung dengan Lyon pada 2000 dari klub Brasil Vasco da Gamma. Ia adalah master of free kick dunia. Juninho sukses persembahkan tujuh gelar Ligue 1 dengan torehan 100 gol dan 73 assist dari 344 pertandingan.

Sempat tampil di MLS bersama New York City dan klub Qatar, Al-Gharafa, Juninho pulang ke mantan klubnya, Vasco da Gamma, pada 2013. Dia kemudian memutuskan gantung sepatu pada 2014.

4. Bruno Guimarães

5 Pemain Top Asal Brasil yang Tampil Impresif bersama LyonBruno Guimarães (twitter.com/brunoog97)

Lyon baru saja melepas bintangnya, Bruno Guimarães, ke Newcastle United pada 30 Januari 2022 kemarin. Ia dilepas dengan harga 42 juta euro atau sekitar Rp676 miliar. Nilai itu terbilang sangat menguntungkan. Pasalnya, ia didapatkan Lyon dengan harga 20 juta euro dari Atletico Paranense pada 2020 lalu.

Pemain berposisi gelandang bertahan ini sudah memainkan 71 pertandingan untuk Lyon dengan torehan 3 gol dan 8 assist. Lyon sudah mendapatkan gantinya dengan memulangkan Tanguy Ndombele.

5. Lucas Paqueta

5 Pemain Top Asal Brasil yang Tampil Impresif bersama LyonLucas Paqueta (twitter.com/LucasPaqueta97)

AC Milan merogoh kocek dalam saat mendatangkan Lucas Paqueta dari Flamengo pada Januari 2019. Ia ditebus dengan harga 38,4 juta euro atau sekitar Rp618 miliar. Namun, performanya di Milan dinilai mengecewakan. Ia hanya mencetak sebiji gol dari 44 pertandingan.

Pada musim panas 2020 ia dilepas ke Lyon seharga 20 juta euro atau Rp322 miliar. Di klub barunya ia menemukan kembali performa terbaiknya dan langsung menjadi andalan. Dari 59 pertandingan Lyon, ia sukses mencetak 18 gol dan 10 assist. 

 

Itulah lima pemain terbaik Lyon yang berasal dari Brasil. Kontribusi mereka sangat besar, bahkan menjadi legenda klub. Sejak era Juninho berakhir, Lyon belum mampu lagi kembali menjuarai Ligue 1. Bisakah Lyon kembali berjaya di masa depan?

Baca Juga: 5 Pemain Top Ini Kariernya Terselamatkan usai Pindah ke Olympique Lyon

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya