Comscore Tracker

5 Pemain Termuda Sepanjang Sejarah Piala Eropa, Bellingham Terbaru!

Dia bahkan belum genap berusia 18 tahun

Piala Eropa 2020 akhirnya dimulai pada 12 Juni lalu dengan laga pembuka antara tuan rumah Italia melawan Turki di grup A. Terdapat beberapa hal menarik di usianya yang ke-100 tahun ini, mulai dari diselenggarakan di banyak kota hingga deretan pemain yang berhasil melahirkan rekor baru.

Salah satu rekor lama yang terpecahkan di edisi kali ini adalah pemain termuda sepanjang sejarah ajang ini. Terdapat 5 pemain yang berstatus pemain termuda sepanjang sejarah Piala Eropa dan berikut ini nama-namanya.

1. Johan Vonlanthen – 18 tahun, 137 hari

5 Pemain Termuda Sepanjang Sejarah Piala Eropa, Bellingham Terbaru!Johan Vonlanthen (goal.com)

Mantan pemain Swiss Johan Vonlanthen menjadi nama yang menarik pada gelaran Piala Eropa 2004. Pemain berusia 18 tahun itu melakukan debut Euro melawan Inggris setelah Swiss mengalami rentetan cedera pada pemain kunci. Sementara timnya menderita kekalahan 3-0, pemain yang berposisi gelandang itu menjadi pemain termuda yang tampil di ajang tersebut pada usia 18 tahun 137 hari.

Tidak hanya itu, Vonlanthen pun mencetak rekor baru sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Eropa ketika mencetak satu gol ke gawang Prancis empat hari kemudian. Rekor tersebut sebelumnya dipegang oleh pemain Inggris Wayne Rooney, yang mencetak gol ke gawang Swiss pada pertandingan debut Vonlanthen.

2. Valeri Bojinov - 18 tahun 136 hari

5 Pemain Termuda Sepanjang Sejarah Piala Eropa, Bellingham Terbaru!Valeri Bojinov (eurosport.it)

Sayangnya, rekor Vonlanthen hanya bertahan lima hari. Pemain Bulgaria, Valeri Bojinov, memecahkan rekor itu hanya dengan selisih satu hari ketika dia tampil sebagai pemain pengganti ketika timnya dikalahkan 2-1 oleh Italia. Setelahnya Bojinov kemudian menjadi salah satu pemain yang paling diminati di Eropa.

Setelah debutnya di Euro, sang striker mewakili tim papan atas termasuk Juventus, Sporting Lisbon, Manchester City dan Fiorentina. Saat ini, Bojinov berusia 35 tahun dan membela Levski Sofia di divisi teratas Bulgaria.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Bertabur Rekor di Piala Eropa 2020

3. Enzo Scifo – 18 tahun, 115 hari 

5 Pemain Termuda Sepanjang Sejarah Piala Eropa, Bellingham Terbaru!Enzo Scifo (twitter.com/EURO2020)

Mantan pemain internasional Belgia Enzo Scifo beradai di tempat ketiga di antara daftar pemain termuda di Piala Eropa. Dia jalani debut di Piala Eropa ketika masih berusia 18 tahun 115 hari di Euro 1984. Dia bahkan tampil full time dengan mengalahkan Yugoslavia 2-0. Scifo sendiri dianggap sebagai salah satu pemain terbesar dalam sejarah sepak bola Belgia. Dia tampil untuk negaranya dalam empat edisi Piala Dunia FIFA.

Gelandang ini bermain untuk beberapa klub terkenal Eropa termasuk Anderlecht, Inter Milan dan AS Monaco. Setelah gantung sepatu, Scifo melakukan tugas kepelatihan, termasuk melatih timnas Belgia U-21 pada tahun 2015.

4. Jetro Willems – 18 tahun, 71 hari

5 Pemain Termuda Sepanjang Sejarah Piala Eropa, Bellingham Terbaru!Jetro Willems (uefa.com)

28 tahun setelah Enzo Scifo menjadi pemain termuda yang tampil di Kejuaraan Eropa, bek Belanda Jetro Willems menciptakan kembali sejarah. Pada turnamen edisi 2012, Willems dibawa ke skuad Balanda oleh manajer saat itu Bert van Marwijk. Dia kemudian menjalani debut pada usia 18 tahun 71 hari dalam laga pembukaan grup B melawan Denmark dan tampil 90 menit. Sayangnya Belanda harus kalah 1-0.

Bek sayap itu baru saja menjuarai Piala Eropa U-17 bersama Belanda. Dia telah menarik perhatian banyak orang dengan penampilannya yang matang untuk PSV Eindhoven. Willems tampil lebih dari 140 kali untuk PSV selama enam tahun. Ia juga pernah membela Newcastle United di Liga Inggris musim 2019-20. Saat ini, pemain berusia 27 tahun itu bermain untuk klub Bundesliga Eintracht Frankfurt.

5. Jude Bellingham – 17 tahun, 345 hari

5 Pemain Termuda Sepanjang Sejarah Piala Eropa, Bellingham Terbaru!Jude Bellingham (transfermarkt.com)

Ketika nama Jude Bellingham menjadi perbincangan di media Inggris, dapat dipastikan bahwa pemain muda itu memiliki bakat yang luar biasa. Penampilannya yang luar biasa untuk Birmingham City membuat klub tersebut mempensiunkan nomor punggungnya 22 setelah dia pindah ke Borussia Dortmund.

Bahkan di Signal Iduna Park, Bellingham memulai karier yang baik. Mencetak gol pada debutnya untuk klub, ia menjadi pencetak gol termuda mereka dalam sejarah. Performa impresifnya itu pun membuatnya dipanggil membela The Three Lions di Piala Eropa 2020. Dia pun langsung menjalani debutnya pada laga pembukaan Inggris ketika mengalahkan Kroasia 1-0. Dia menggantikan Harry Kane pada menit ke-82, sekaligus memecahkan rekor sebagai pemain termuda dalam sejarah Piala Eropa, 17 tahun  345 hari.

Piala Eropa 2020 akan sangat menarik untuk disaksikan karena bakal menyajikan aksi bintang-bintang dunia sekelas Cristiano Ronaldo, Kylan Mbappe hingga Robert Lowandowski. Namun yang patut diperhatikan juga adalah kiprah para pemain muda yang bakal menjadi calon bintang masa depan, termasuk Jude Bellingham yang berstatus pemain termuda sepanjang sejarah Piala Eropa. 

Baca Juga: 9 Potret Jude Bellingham, Gelandang Muda Dortmund Paling Berpotensi!

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya