Comscore Tracker

Cristiano Ronaldo Bertabur Rekor di Piala Eropa 2020

Selain jadi raja gol, Cristiano Ronaldo cetak rekor lain

Jakarta, IDN Times - Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, kembali mencatatkan sejumlah rekor. Aksinya dalam laga Hungaria versus Portugal di Ferenc Puskas Stadium Budapest, Selasa (15/6/2021), telah mencetak sejarah.

Langkah kaki Ronaldo ke lapangan hijau saja sudah jadi rekor tersendiri. Saat memasuki lapangan, Ronaldo sudah sah sebagai pemain paling sering tampil di Piala Eropa.

Baca Juga: Sah! Cristiano Ronaldo Jadi Raja Gol Piala Eropa

1. Lewati tiga legenda

Secara keseluruhan, Ronaldo sudah tampil di lima edisi Piala Eropa (2004, 2008, 2012, 2016, dan 2020). Catatan itu melewati catatan Lothar Matthaus, Peter Schmeichel, dan Gianluigi Buffon, yang cuma tampil di empat edisi Piala Eropa.

Laga melawan Hungaria juga menjadi yang ke-39 buat Ronaldo di Piala Eropa. Torehan ini memastikan Ronaldo mengalahkan Bastian Schweinsteiger yang tampil 38 kali dalam ajang serupa.

Dengan sejumlah fakta itu, Ronaldo ditegaskan telah menjadi pemain yang paling sering tampil di Piala Eropa.

2. Raja gol Piala Eropa

Cristiano Ronaldo Bertabur Rekor di Piala Eropa 2020Cristiano Ronaldo merayakan gol bersama Timnas Portugal. Twitter/@ManUtd

Ronaldo juga mencetak rekor lain. Dia memastikan diri menjadi pemain tersubur di Piala Eropa.

Brace yang dicetak ke gawang Hungaria, membuat CR7 telah mencetak 11 gol sepanjang penampilannya di Piala Eropa. Dia merupakan pemain tersubur di Euro, melewati Michel Platini.

3. Sang pemenang

Cristiano Ronaldo Bertabur Rekor di Piala Eropa 2020Cristiano Ronaldo bersama Timnas Portugal | goal.com

Catatan lainnya adalah Ronaldo paling sering menang di Piala Eropa, bersama dengan Cesc Fabregas.

Kemenangan atas Hungaria, menjadi yang ke-11 buat Ronaldo di ajang Piala Eropa. Dengan demikian, bersama Fabregas, Ronaldo jadi pemain yang paling sering menang di turnamen antarnegara Benua Biru tersebut.

Baca Juga: Brace Telat Cristiano Ronaldo Bawa Portugal Sikat Hungaria

4. Tua-tua keladi

Dilansir Opta, masih ada satu rekor lain yang dicetak Ronaldo. Dia menjadi pemain tertua yang mencetak dua gol atau lebih di Piala Eropa.

Sebelumnya, rekor itu dipegang oleh Andriy Shevchenko ketika menjebol gawang Swedia dua kali pada Piala Eropa 2012. Usia Shevchenko kala itu 35 tahun dan 256 hari.

Sedangkan, Ronaldo mencetak brace ke gawang Hungaria ketika usianya menginjak 36 tahun 160 hari.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya