Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Resmi Berganti Klub dengan Status Free Transfer

Ada pemain idolamu?

Bursa transfer di Eropa sebentar lagi akan resmi dibuka. Meski demikian, beberapa transfer mengejutkan sudah terjadi bagi mereka yang sudah berstatus free transfer. Pemain-pemain ini memutuskan untuk berganti klub tanpa sepeser pun biaya dengan alasan mencari tantangan baru ataupun masalah kontrak di klub lama.

Kasus-kasus ini sangat menarik karena mereka adalah pemain bintang yang sebenarnya memiliki nilai transfer tinggi. Siapa sajakah yang telah resmi merampungkan kepindahannya secara gratis? Berikut ulasannya.

1. Sergio Aguero

5 Pemain Top yang Resmi Berganti Klub dengan Status Free TransferSergio Aguero (goal.com)

Setelah hampir satu dekade berkostum Manchester City, Sergio Aguero memutuskan untuk pergi dari Etihad Stadium. Sepanjang kariernya di sana, dia sukses mencatatkan namanya dalam sejarah klub sebagai top skor sepanjang masa Manchester City. Aguero pun mengakhiri musim dengan indah usai City menjuarai Premier League 2020/2021 meskipun gagal mempersembahkan gelar Liga Champions.

Setelah musim berakhir, striker 32 tahun itu memutuskan hijrah ke Barcelona dengan status free transfer dan akan menjadi duet rekan senegaranya, Lionel Messi. Dia menandatangani kontrak selama dua musim dengan memasukkan klausul pelepasan di dalamnya.

2. Memphis Depay

5 Pemain Top yang Resmi Berganti Klub dengan Status Free TransferMemphis Depay (goal.com)

Memphis Depay menjadi pemain Barcelona ketiga yang didatangkan dengan status free transfer di bursa transfer kali ini. Dia telah menandatangani kontrak dengan durasi dua tahun. Depay merupakan sosok pemain idaman Ronald Koeman karena mereka sempat bekerja sama di Timnas Belanda.

Memphis Depay sempat berseragam Manchester United, namun performanya cukup buruk dan hanya bertahan setengah musim. Pada 2017 dia hijrah ke Lyon dan berhasil kembali ke performa terbaiknya. Dari 178 laga bersama Lyon, dia menorehkan 76 gol dan 55 assist.

Baca Juga: [BREAKING] Memphis Depay Resmi Berseragam Barcelona 

3. Hakan Calhanoglu

5 Pemain Top yang Resmi Berganti Klub dengan Status Free TransferHakan Calhanoglu (inter.it)

Kolapsnya Christian Eriksen di lapangan kala membela Timnas Denmark membuat Inter Milan bergerak cepat mencari penggantinya. Masalah finansial yang menjerat memaksa Inter berhemat. Kesempatan muncul kala perpanjangan kontrak Hakan Calhanoglu di AC Milan mandek.

Sempat dikaitkan dengan Manchester United, Hakan Calhanoglu mengambil keputusan mengejutkan dengan memilih Inter Milan yang notabene musuh abadi AC Milan. Dia menandatangani kontrak selama tiga musim dengan opsi perpanjangan satu tahun dan akan mendapatkan bayaran 5 juta euro per musim.

4. Georginio Wijnaldum

5 Pemain Top yang Resmi Berganti Klub dengan Status Free TransferGeorginio Wijnaldum (skysports.com)

Musim ini Giorgino Wijnaldum gagal mencapai kesepakatan baru dengan Liverpool sehingga dirinya memilih pergi dengan status free transfer. Dia adalah salah satu pemain kunci Liverpool dalam lima musim terakhir dan telah mempersembahkan Liga Champions dan Premier League.

Sempat dikabarkan selangkah lagi gabung Barcelona, gelandang asal Belanda itu justru mendarat di PSG. Klub asal Paris itu berhasil menelikung dengan tawaran gaji dua kali lipat. Wijnaldum pun resmi menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun hingga 2024.

5. David Alaba

5 Pemain Top yang Resmi Berganti Klub dengan Status Free TransferDavid Alaba (bleacherreport.com)

Setelah berkostum Bayern Munchen selama hampir satu dekade dan telah meraih banyak gelar bergengsi, David Alaba memutuskan mencari tantangan baru. Dia memutuskan bergabung dengan klub impiannya, Real Madrid, dengan status free transfer. Full-back asal Austria ini menandatangani kontrak hingga 2026 dan akan mendapatkan gaji tinggi, 412 ribu per pekan atau sekitar Rp7,1 miliar.

Alaba mencatatkakan banyak prestasi sepanjang kariernya di Allianz Arena. Dia adalah debutan termuda sepanjang sejarah Bayern Munchen. Dia juga sukses mempersembahkan 10 trofi Bundesliga dan 2 trofi Liga Champions. 

 

Kepergian deretan pemain di atas dengan status free transfer cukup mengejutkan karena berstatus pemain bintang. Hal ini tentunya menjadi keuntungan bagi klub baru di tengah pandemi yang menyengsarakan kas keungan klub. Dengan waktu bursa transfer yang masih panjang, beberapa transfer top dengan harga gratis pun tampaknya masih akan terjadi. Layak dinantikan!

Baca Juga: [BREAKING] David Alaba Resmi Jadi Pemain Real Madrid

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya