5 Pemain Top yang Gabung Barcelona Bersama Ronaldo Nazario

Ia mencetak 46 gol dari 48 laga untuk Barca

Pada 1996, Barcelona berhasil mendatangkan sang fenomenal Ronaldo Nazario dari PSV Eindhoven. Kala itu, ia diboyong dengan harga 15 juta euro atau sekitar Rp241 miliar.

Musim perdananya berjalan sangat luar biasa. Ronaldo mampu mencetak 47 gol dari 49 pertandingan. Namun, ia bukan satu-satunya bintang yang didatangkan Blaugrana musim tersebut.

Barcelona juga sukses membawa beberapa pemain top lainnya. Siapa saja mereka? Ini ulasannya.

1. Fernando Couto

5 Pemain Top yang Gabung Barcelona Bersama Ronaldo NazarioFernando Couto (fcbarcelona.com)

Fernando Couto diboyong Barcelona dari klub Italia AC Parma. Kariernya di Camp Nou hanya berumur dua musim saja. Bek asal Portugal itu tampil dalam 44 pertandingan sebelum pindah ke Lazio pada 1998.

Momen paling berkesannya saat mengenakan seragam Barcelona terjadi di semifinal Copa Del Rey 1997 di Nou Camp. Saat itu, dia mencetak gol pertamanya dan satu-satunya untuk Blaugrana dalam kemenangan 3-0 melawan Las Palmas.

2. Hristo Stoichkov

5 Pemain Top yang Gabung Barcelona Bersama Ronaldo NazarioHristo Stoichkov (fcbarcelona.com)

Stoichkov berkostum Barcelona selama dua periode. Dia pertama kali menandatangani kontrak dengan Barcelona pada tahun 1990, dan menjadi bagian penting klub kesuksesan Barcelona selama era Cruyff.

Pemain asal Bulgaria itu kemudian pergi ke Parma pada 1995, tetapi kembali ke Camp Nou satu tahun kemudian. Pada periode keduanya di Barcelona, pengaruhnya tak begitu besar.

Namun, dia mampu memenangkan Piala Winners pada tahun 1997. Dia hanya bertahan dua musim, dan pulang ke Bulgaria pada 1998 untuk gabung CSKA Sofia.

Baca Juga: 5 Pemain Brasil Terbaik yang Pernah Berseragam Barcelona

3. Vitor Baia

5 Pemain Top yang Gabung Barcelona Bersama Ronaldo NazarioVitor Baia (sport.es)

Vitor Baia menjadi kiper pilihan nomor satu pelatih Barcelona Bobby Robson pada musim 1996/1997 setelah didatangkan dari Porto. Namun, kursi kepelatihan kemudian berubah ke tangan Louis Van Gaal di musim yang sama. Hal ini menandai karier singkat Baia di Barcelona.

Kiper asal Portugal itu memainkan 54 laga untuk Barcelona sebelum kembali ke Porto pada 1999 secara gratis. Dia kemudian menghabiskan kariernya di klub masa kecilnya itu, dan menjadi legenda klub. Dia adalah bagian dari skuad utama Porto saat menjuarai Liga Champions 2003/2004 arahan Jose Mourinho.

4. Luis Enrique

5 Pemain Top yang Gabung Barcelona Bersama Ronaldo NazarioLuis Enrique (

Sangat jarang ada pemain yang pindah dari Real Madrid ke Barcelona mengingat rivalitas keduanya yang sangat panas. Pada musim panas 1996, Luis Enrique mengakhiri masa baktinya di Real Madrid selama lima musim untuk hijrah ke Barcelona.  

Luar biasanya, dia menjadi idola baru di Barcelona. Luis Enrique tampil dalam 300 laga dengan torehkan 109 gol. Dia berkostum Barcelona selama delapan musim hingga gantung sepatu di sana pada 2004.

Pada tahun 2014, Luis Enrique mengambil alih manajer Barcelona. Dia memenangkan sembilan trofi dalam tiga tahun masa kepemimpinannya, termasuk Liga Champions di musim pertamanya.

5. Laurent Blanc

5 Pemain Top yang Gabung Barcelona Bersama Ronaldo NazarioLaurent Blanc (twitter.com/FCBarcelona)

Johan Cruyff-lah yang membujuk Laurent Blanc untuk bergabung dengan klub Catalan dari Auxerre. Namun, kariernya pun berumur pendek karena Cruyff kemudian mengalami pemecatan. Bek asal Prancis itu tampil dalam 38 penampilan selama satu musim di Camp Nou.

Blanc dilepas ke Marseille pada 1997. Dia kemudian sukses membawa Timnas Prancis menjadi juara Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000. Dia juga sempat berkostum Inter Milan dan Manchester United di penghujung kariernya.

 

Meski hanya bertahan satu musim di Barcelona, Ronaldo dianugerahi penghargaan Ballon d'Or 1997. Saat itu usianya masih 21 tahun. Dia kemudian berpetualang dengan Inter Milan dan Real Madrid, di mana performanya tak kalah bersinar.

Baca Juga: 5 Penyerang Tengah Terbaik di Abad 21, Aguero hingga Ronaldo Nazario!

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya