Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Arsenal dan Liverpool

Kedua tim akan berhadapan pekan ini

Akhir pekan ini Premier League akan kembali digelar setelah jeda internasional. Satu laga akbar akan terjadi dengan mempertemukan dua tim yang sedang onfire, Liverpool menghadapi Arsenal. Kedua tim saat ini hanya berselisih dua poin. The Reds berada di urutan keempat, sedangkan Arsenal satu tingkat di bawahnya.

Kedua tim merupakan rival berat dan dalam sejarahnya terdapat beberapa pemain yang pernah berkostum dua rakasasa Inggris ini. Siapa saja mereka? Ini ulasannya.

1. Yossi Benayoun

5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Arsenal dan Liverpoolselebrasi gol Yossi Benayoun (arsenal.com)

Yossi Benayoun adalah satu-satunya pemain dalam daftar ini yang bermain untuk Liverpool lebih dulu sebelum Arsenal. Dia menghabiskan tiga tahun di Anfield dengan catatan 134 penampilan. Salah satu performa yang paling diingat adalah ketika dia mencetak dua gol melawan Arsenal dalam laga ketat yang berakhir imbang 4-4.

Dia kemudian pindah ke Chelsea, namun hanya sebentar karnena terbatasnya jatah bermain. Pada musim panas 2011, pemain asal Israel diboyong Arsenal untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Samir Nasri dan Cesc Fabregas. Meski bermain hanya satu musim, ia meninggalkan kesan positif dengan tampil dalam 25 laga dengan torehan 6 gol dan 3 assist.

2. Jermaine Pennant

5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Arsenal dan Liverpoolpotret Jermaine Pennant (dreamteamfc.com)

Jermaine Pennant merupakan salah satu talenta paling menjanjikan di Arsenal pada eranya. Dia bahkan sukses mencetak hattrick pada debut penuhnya di Premier League saat Arsenal mengalahkan Southampton di musim 2002/03. Namun, masalah disiplin kemudian mengganggu performanya di klub asal London itu.

Setelah berulang kali dpinjamkan, Pennant menemukan kembali permainan terbaiknya di Birmingham City. Namun, Birmingham terdegradasi pada tahun 2006 dan sang pemain hijrah ke Liverpool. Dia tampil apik di awal musim di Liverpool, tetapi konsistensi kembali menjadi masalah sang pemain. Dia membela The Reds selama tiga musim dengan menorehkan 3 gol dan 18 assist dari 81 laga.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Jelang Duel Liverpool Vs. Arsenal, Super Bigmatch!

3. Nicolas Anelka

5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Arsenal dan Liverpoolpotret Nicolas Anelka (premierleague.com)

Nicolas Anelka diboyong Arsenal pada 1997 sebagai seorang remaja potensial dari PSG dengan harga 750 ribu euro. Ia tampil memukau dengan mencetak 28 gol dan 12 assist dari 86 laga. Performanya kemudian menarik minat Real Madrid pada 1999 yang menebusnya dengan harga 35 juta euro. Sayang, performanya tidak sesuai ekpektasi dan hanya bertahan satu musim sebelum dilepas ke PSG.

Pada 2002, ia sempat dipinjamkan ke Liverpool selama enam bulan dan menorehkan lima gol dari 22 laga. Catatan itu tidak meyakinkan The Reds untuk mempermanenkannya, bahkan justru memboyong El Hadji Diouf. Sepanjang kariernya, Anelka berkostum 12 klub berbeda sebelum gantung sepatu pada 2016 di Mumbai City.

4. Kolo Toure

5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Arsenal dan Liverpoolselebrasi gol KOlo Toure (skysports.com)

Kolo Toure adalah salah satu transfer terbaik Arsene Wenger. Dia bergabung dengan Arsenal pada 2002 dengan biaya transfer hanya 150 ribu paun. Dia musim perdananya, ia sukses mempersembahkan trofi Premier League dengan rekor tak terkalahkan. Dianggap sebagai salah satu bek terbaik klub, Toure menghabiskan tujuh tahun di Arsenal sebelum pindah ke Manchester City.

Brendan Rodgers kemudian membawanya ke Liveprool dengan status bebas transfer pada 2013, tetapi masa terbaiknya sudah lewat. Toure kerap melakukan kesalahan dalam laga penting. Bertahan selama tiga musim, ia kemudian hengkang ke Celtic dan pensiun di sana pada 2017.

5. Alex Oxlade-Chamberlain

5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Arsenal dan Liverpoolselebrasi gol Alex Oxlade-Chamberlain (twitter.com/Alex_OxChambo)

The Ox, julukannya, menandatangani kontrak dengan Arsenal dengan nilai 15 juta paun dari Southampton pada tahun 2011 dan dinominasikan untuk penghargaan PFA Young Player of the Year di musim pertamanya. Di Emirates Stadium, Chamberlain tampil dalam 198 laga dengan menorehkan 20 gol dan mempersembahkan tiga FA Cup. Namun, pada 2017 Arsenal secara mengejutkan melepasnya ke tim rival, Liverpool.

The Reds menebus sang pemain dengan harga 40 juta euro atau sekitar Rp646 miliar. Meski menjadi bagian dari skuad Klopp yang mempersembahkan gelar Liga Champions dan Premier League, performanya kerap diganggu cedera. Pemain 28 tahun itu sudah menorehkan 116 laga dengan mencetak 14 gol dan 13 assist.

 

Itulah deretan pemain top yang pernah berkostum dua raksasa Premier League, Arsenal dan Liverpool. Saat ini hanya Oxlaide Chamberlain yang masih aktif bermain dan sedang membela Liverpool. Akhir pekan ini, ia akan bereuni dengan mantan klub untuk menghadapi The Gunners pada lanjutan Premier League.

Baca Juga: 10 Potret Mesra Perrie Edwards "Little Mix" dan Oxlade-Chamberlain

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya