5 Pemain Top yang Ditolak Sir Alex Ferguson untuk Gabung MU

Zidane hingga Sergio Aguero

Manchester United mengalami masa kejayaannya di era Sir Alex Ferguson yang menjadi manajer utama selama 26 tahun. Pelatih asal Skotlandia itu sukses mempersembahkan 13 trofi Premier League dan 2 Liga Champions bagi The Red Devils.

Sepanjang kariernya di Old Trafford, Fergie (julukan Sir Alex) juga telah melahirkan banyak pemain bintang seperti David Beckham, Ryan Giggs hingga Cristiano Ronaldo.

Tidak hanya jadi pelatih, Fergie juga bertanggung jawab dalam urusan transfer pemain. Meski cemerlang, banyak juga keputusan keliru yang dibuatnya dengan menolak mendatangkan 5 pemain bintang berikut ini. Siapa saja?

1. Sergio Aguero 

5 Pemain Top yang Ditolak Sir Alex Ferguson untuk Gabung MUgoal.com/Getty Images

Sergio Aguero bergabung dengan Manchester City pada 2011 lalu dengan harga 31,5 juta pounds atau sekitar Rp621 miliar usai tampil memukau dengan Atletico Madrid. Satu dekade berlalu, Aguero bertransformasi menjadi legenda klub sebagai top skor sepanjang masa City.

Namun cerita ini bisa saja berbeda dengan Aguero gabung klub tetangga City, Manchester United. MU lebih dulu mendekati striker asal Argentina tersebut, namun karena alasan harganya yang tinggi, Fergie menolak untuk memboyongnya. Hal ini bisa saja disesali fans MU jika melihat kontribusi yang bisa diberikan Aguero.

2. Peter Cech

5 Pemain Top yang Ditolak Sir Alex Ferguson untuk Gabung MUfootball.london

Peter Cech merupakan salah satu kiper terbaik dunia di era sepak bola modern. Namanya mulai dikenal dunia, ketika memutuskan hijrah ke Chelsea pada 2004 silam dari Rennes dengan harga 14 juta euro atau sekitar Rp238 miliar. Kiper asal Ceko tersebut sukses persembahkan 4 trofi Premier League dan Liga Champions selama 11 musim di Stamford Bridge.

Namun tahukah kamu, jika Cech sebenarnya juga berpeluang gabung Manchester United. Sayangnya, hal ini gagal terlaksana karena Fergie, yang langsung menyaksikan aksinya di Rennes, menilai sang kiper masih terlalu muda untuk tampil di Premier League kala itu. 

Baca Juga: 7 Rekrutan Termahal Sir Alex Ferguson Selama Kariernya, Siapa Terbaik?

3. Raúl González

5 Pemain Top yang Ditolak Sir Alex Ferguson untuk Gabung MUtransfermarkt.co.in

Raúl González merupakan legenda Real Madrid yang sudah membela klub selama 16 tahun. Di masa-masa akhir kariernya ketika berusia 33 tahun, Raul memutuskan meninggalkan Real Madrid.

Manchester United sendiri dikabarkan tertarik memboyongnya kala itu. Namun Fergie mengurungkan niatnya itu karena keberadaan Michael Owen di dalam skuad, yang dinilainya sudah cukup.

Raul pun kemudian hijrah ke Bundesliga untuk gabung Schalke 04 selama dua musim. Dia sempat membela klub Qatar, Al-Sadd sebelum gantung sepatu bersama New York Cosmos pada 2015 lalu.

4. Frank Lampard

5 Pemain Top yang Ditolak Sir Alex Ferguson untuk Gabung MUfootball.london

Sulit untuk membayangkan jika Frank Lampard berkostum Manchester United. Namun, hal ini bisa saja terjadi pada 2001 silam, ketika Lampard tampil apik bersama West Ham United.

Sayangnya Fergie menolak untuk memboyongnya karena MU kala itu sudah memiliki gelandang kuat lainnya, Sebastian Veron. Lampard pun kemudian hijrah ke Chelsea dan menjadi legenda klub asal London tersebut sebelum hengkang ke MLS pada 2014.

Keputusan tak mendatangkan Lamaprd merupakan salah satu penyesalan Sir Alex Fergusson yang pernah ia sampaikan dalam sebuah wawancara.

5. Zinedine Zidane

5 Pemain Top yang Ditolak Sir Alex Ferguson untuk Gabung MUgoal.com

Tidak ada yang memungkiri jika Zinedine Zidane adalah salah satu gelandang elegan terbaik dunia yang pernah ada. Kariernya begitu cemerlang bersama dua klub besar Eropa, Juventus dan Real Madrid. Namun sebuah cerita berbeda bisa saja terjadi dalam kariernya dengan gabung Manchester United.

Sir Alex Ferguson sudah memantau performanya sejak sang pemain berkostum Bordeaux  (1992-1996). Namun, dia menilai jika Zidane memiliki peran yang sama seperti Eric Cantona, sehingga menolak untuk memboyongnya. Zidane pun kemudian hijrah ke Juventus pada 1996.

 

Sir Alex Ferguson tidak diragukan lagi merupakan salah satu manajer terbaik dunia yang pernah ada. Namun di balik semua prestasi dan deretan pemain bintang yang dilahirkannya, Fergie pun tak lepas dari keliru dengan menolak 5 pemain bintang di atas. Menyesal gak, ya?

Baca Juga: 5 Pembelian Terbaik Manchester United Pasca Era Sir Alex Ferguson

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya