5 Pemain Top yang Pernah Berkostum Liverpool dan West Ham United

Ada yang sempat jadi bek termahal Liverpool

Dua tim papan atas, Liverpool dan West Ham, saling berhadapan pada pekan ke-28 Premier League. Dalam laga ini The Reds keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0 lewat gol tunggal Sadio Mane. Terlepas dari kekalahan ini, West Ham tampil cukup apik pada musim ini.

Mereka saat ini duduk di peringkat kelima, sedangkan Liverpool menjadi pesaing gelar bagi Manchester City. Kedua tim tidaklah saling asing karena sepanjang sejarah keduanya, mereka kerap bertukar pemain. Berikut ini lima pemain top yang pernah membela kedua klub.

1. Javier Mascherano  

5 Pemain Top yang Pernah Berkostum Liverpool dan West Ham UnitedJavier Mascherano (liverpoolfc.com)

Javier Mascherano dianggap sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik pada eranya. Kariernya di Eropa bermula saat dia diboyong West Ham bersama Carlos Tevez pada 2006 dari Corinthians. Namun, kariernya tak berjalan mulus karena hanya tampil dalam tujuh laga.

Musim berikutnya dia dipinjamkan ke Liverpool sebelum akhirnya dipermanenkan dengan harga 22,5 juta euro atau Rp353 miliar pada 2008. Di sinilah namanya semakin bersinar. Dia tampil dalam 139 laga selama dua musim membela Liverpool. Pada 2010 Barcelona datang melamar dengan harga 20 juta euro atau Rp314 miliar.

2. Yossi Benayoun  

5 Pemain Top yang Pernah Berkostum Liverpool dan West Ham UnitedYossy Benayoun (skysports.com)

West Ham memboyong pemain asal Israel ini dari Racing Santander pada 2005. Dia tampil apik dengan torehan 78 laga, 8 gol, dan 5 assist. Performanya ini membuat Liverpool mendaratkannya pada 2007 dengan harga 7 juta euro.

Benayoun menjadi salah satu pemain idola fans karena kerja kerasnya selama di klub. Dia mencatatkan 134 laga dengan torehan 29 gol dan 19 assist. Setelah tiga musim dia kemudian berpetualang bersama Chelsea dan Arsenal sebelum kembali ke West Ham pada 2012 sebagai pemain pinjaman.

Baca Juga: 5 Kapten Terbaik Liverpool pada Era English Premier League

3. Craig Bellamy  

5 Pemain Top yang Pernah Berkostum Liverpool dan West Ham UnitedCraig Bellamy (liverpoolfc.com)

Craig Bellamy membuat 79 penampilan untuk The Reds dan mencetak 18 gol selama dua periode di klub. Dia pertama kali tiba di era Rafael Benitez pada 2006 dari Blackburn Rovers dan hanya bertahan satu musim. Ia kemudian kembali ke Anfield lima tahun kemudian di bawah asuhan Sir Kenny Dalglish.

Meski berkarier singkat di Liverpool, Bellamy adalah pemain yang efektif. Pada periode keduanya dia sukses mempersembahkan Piala Liga untuk The Reds. Setelah hanya satu musim di Anfield, dia diboyong West Ham pada 2007. Namun, dia hanya menorehkan 26 laga dan mencetak sembilan gol. Sepanjang kariernya, dia telah membela sembilan tim berbeda.

4. Glen Johnson  

5 Pemain Top yang Pernah Berkostum Liverpool dan West Ham UnitedGlen Johnson (liverpoolfc.com)

Glen Johnson adalah salah satu lulusan terbaik akademi West Ham bersama Frank Lampard dan Rio Ferdinand. Sayang, dia tidak mendapatkan waktu bermain banyak di sana. Dia hanya tampil dalam 16 laga bagi tim utama West Ham. Namanya mulai dikenal ketika pindah ke Chelsea dan Portsmouth.

Liverpool bahkan menjadikannya fullback termahal klub saat memboyongnya pada musim panas 2009 dengan harga 20,5 juta euro atau Rp233 miliar. Pada lima laga awalnya dia tampil luar biasa dengan mencetak 2 gol dan 3 assist. Dia bertahan selama enam musim dengan mempersembahkan satu gelar Piala Liga tahun 2012.

5. David James  

5 Pemain Top yang Pernah Berkostum Liverpool dan West Ham UnitedDavid James (twitter.com/WestHam)

David James adalah pemain kelima dengan penampilan terbanyak sepanjang sejarah Premier League. David James adalah kiper berpotensi besar kala didatangkan Liverpool dari Watford pada 1992. Kala itu usianya masih 21 tahun dan bertahan di Anfield selama tujuh musim.

Dia menorehkan 277 laga dengan persembahkan satu Piala Liga pada 1995. Pada 1999 dia hengkang ke Aston Villa sebelum akhirnya bergabung dengan West Ham dua tahun kemudian.  Mantan kiper Timnas Inggris ini mencatatkan 102 laga bersama The Hammers selama tiga musim. Dia kemudian melanjutkan pertualangannya bersama banyak klub lainnya, seperti Manchester City, Portsmouth, hingga Kerala Blasters di Liga India.

 

Baik Liverpool maupun West Ham United berhasil menemukan performa terbaiknya pada lima musim terakhir ini. Kualitas pemain The Hammers musim ini bahkan terbilang mewah dengan hadirnya pemain berbakat, seperti Declan Rice, Kurt Zouma, Jarrod Bowen, hingga Benrahma. Mungkinkah suatu hari nanti ada yang akan hengkang ke Liverpool?

Baca Juga: Liverpool Curi Poin Penuh Atas West Ham

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya