5 Kapten Terbaik Liverpool pada Era English Premier League

Ada Steven Gerrard hingga Jordan Henderson

Jordan Henderson merupakan kapten Liverpool sejak 2015. Secara prestasi, Henderson punya banyak gelar bergengsi yang ia persembahkan kepada publik Anfield. Ia bahkan menjadi kapten Liverpool pertama yang mengangkat trofi juara English Premier League (EPL).

Liverpool punya banyak kapten hebat sebelumnya. Kualitas mereka tak perlu diragukan lagi. Para kapten ini mampu mengangkat performa Liverpool menjadi salah satu raksasa di Liga Inggris.

1. Paul Ince

5 Kapten Terbaik Liverpool pada Era English Premier LeaguePaul Ince (planetfootball.com)

Cukup aneh memang melihat ban kapten melingkar di lengan Paul Ince. Sebab, Ince sebelumnya merupakan pemain andalan Manchester United, yang merupakan rival besar Liverpool di Premier League.

Ince sendiri langsung ditunjuk menjadi kapten usai kedatangannya dari Inter Milan pada 1997. Selama 2 musim menjadi kapten, Ince tak sekalipun memberi trofi bagi The Reds. Ia kemudian pergi ke Middlesbrough pada 1999.

2. Ian Rush

5 Kapten Terbaik Liverpool pada Era English Premier LeagueIan Rush (skysports.com)

Ian Rush menjabat sebagai kapten Liverpool pada 1993—1996. Rush sendiri dikenal sebagai predator haus gol selama bermain di Anfield. Ia juga masih menjadi top skor sepanjang masa Liverpool dengan torehan 346 gol.

Pemain asal Wales tersebut membawa Liverpool merengkuh gelar Piala Liga pada 1995. Semusim berselang, ia kalah bersaing dengan Robbie Fowler dan Stan Collymore yang membuatnya hengkang ke Leeds United.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool yang Pernah Pakai Nomor 23 di Era Premier League

3. Sami Hyypia

5 Kapten Terbaik Liverpool pada Era English Premier LeagueSami Hyypia (liverpoolfc.com)

Sami Hyypia awalnya merupakan kapten pengganti ketika Jamie Redknapp sering dilanda cedera. Hyypia sendiri merupakan sosok bek tangguh di lini pertahanan Liverpool selama 10 musim pengabdiannya.

Meski begitu, jabatan kapten yang diembannya tak berlangsung lama. Sebab, Liverpool memutuskan menyerahkan jabatan kapten kepada Steven Gerrard. Meski begitu, Hyypia tetap menjadi andalan hingga kepindahannya ke Bayer Leverkusen pada 2009.

4. Jordan Henderson

5 Kapten Terbaik Liverpool pada Era English Premier LeagueJordan Henderson (skysports.com)

Setelah ditinggal Steven Gerrard, ban kapten Liverpool kemudian melingkar di lengan Jordan Henderson. Pemain asal Inggris ini bisa dibilang sebagai kapten tersukses jika berbicara mengenai jumlah trofi.

Henderson merupakan kapten Liverpool pertama yang mengangkat trofi Premier League. Ia juga mempersembahkan gelar Liga Champions keenam bagi Liverpool. The Reds pun baru saja dibawanya merengkuh trofi Carabao Cup 2022.

5. Steven Gerrard

5 Kapten Terbaik Liverpool pada Era English Premier LeagueSteven Gerrard (skysports.com)

Steven Gerrard jelas merupakan kapten terbaik Liverpool era Premier League. Menggantikan Sami Hyypia sejak 2003, ia terbukti mampu menjadi ikon Liverpool selama lebih dari 1 dekade.

Penampilan heroik Gerrard tentu saja ketika golnya mampu jadi pemicu comeback Liverpool pada final Liga Champions 2005 melawan AC Milan. Selain itu, aksinya pada final Piala FA 2006 juga tak bisa dilupakan. Sayang, Gerrard tak pernah mengangkat trofi Premier League dalam kariernya.

Kelima pemain tersebut membuktikan dirinya layak menjabat sebagai kapten bagi klub sebesar Liverpool. Tak hanya mampu menyemangati para rekannya, penampilan mereka juga membawa berbagai trofi ke lemari Liverpool.

Baca Juga: 5 Pelatih Terbaik Liverpool Sejak Era Premier League Digelar

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya