Comscore Tracker

5 Pemain yang Membela Atletico Madrid dalam Dua Periode, Ada Griezmann

Ada juga Fernando Torres dan Diego Costa

Dalam satu dekade terakhir Atletico Madrid berkembang menjadi salah satu klub raksasa di Eropa. Sepanjang waktu itu, mereka sukses meraih 2 trofi LaLiga, 3 Liga Europa, dan 2 kali lolos ke partai final Liga Champions. Selain hadirnya Diego Simeone, faktor ini dipengaruhi oleh hadirnya deretan pemain berkelas bintang.

Menariknya, beberapa pemain bintang tersebut membela Atletico selama dua periode. Terbaru, Atletico Madrid kembali memulangkan Antoine Griezmenn yang sempat dilepas ke Barcelona. Dia datang dengan status pinjaman. Berikut ini 5 pemain yang berkostum Altetico Madrid selama dua periode.

1. Fernando Torres

5 Pemain yang Membela Atletico Madrid dalam Dua Periode, Ada GriezmannFernando Torres (foxsports.com)

Fernando Torres adalah ikon dan lulusan terbaik akademi Atletico Madrid. Dia dipromosikan ke tim utama pada 2001 dan bertransformasi menjadi salah satu striker mematikan di Eropa. Pada 2007 Liverpool menebusnya dengan harga 38 juta euro atau sekitar Rp639 miliar. Di Anfield, performa striker asal Spanyol itu semakin garang lewat duetnya dengan Steven Gerrard.

Namun, secara mengejutkan dia hengkang ke Chelsea pada 2011 demi bisa meraih trofi bergengsi. Sayangnya, di klub asal London itu ketajamannya mulai menurun. Meski demikian, dia menjadi salah satu kunci keberhasilan The Blues meraih trofi Liga Champions pertama dalam sejarah klub.

Setelahnya, performanya tak kunjung membaik, dan dilepas ke AC Milan sebelum menjadi milik Atletico Madrid pada 2016 secara gratis. Dia bertahan di sana selama dua musim sebelum hijrah ke Jepang untuk gabung Sagan Tosu. Selama dua periode di Atletico Madrid, dia mencatatkan 121 gol dari 351 laga.

2. Diego Costa

5 Pemain yang Membela Atletico Madrid dalam Dua Periode, Ada GriezmannDiego Costa (indianexpress.com)

Diego Costa didatangkan Atletico Madrid pada 2007 dengan harga hanya 1,5 juta euro dari Braga. Sempat dipinjamkan ke berbagai klub seperti Celta Vigo, Albacete, dan Rayo Vallecano, Costa mulai menjadi pilihan utama Atletico pada 2012. Dia bahkan menjadi bagian penting ketika Atletico meraih gelar juara LaLiga pada musim 2013/14 dengan torehan 36 gol dari 52 laga.

Berkat performa impresifnya itu, Diego Costa direkrut Chelsea dengan harga 38 juta euro atau sekitar Rp639 miliar. Di sana dia menjadi pemain kunci dengan mempersembahkan 2 trofi Premier League. Pada 2018 Atletico memulangkan Diego Costa dengan mahar lebih mahal 60 juta euro. Sayang pada periode keduanya ini sang pemain mengalami penurunan performa. Musim lalu kedua belah pihak bahan sepakat untuk memutus kontrak dan musim ini dia hijrah ke Atletico Miniero di liga Brasil.

Baca Juga: 5 Pemain Ternama yang Pernah Berseragam Celta de Vigo, Ada Diego Costa

3. Yannick Carrasco

5 Pemain yang Membela Atletico Madrid dalam Dua Periode, Ada GriezmannYannick Carrasco (as.com)

Yannick Carrasco bergabung dengan Atletico Madrid pada 2015 dari AS Monaco. Dia membela klub Kota Madrid ini selama tiga musim dan tampil apik dengan persembahan trofi Liga Europa 2017/2018. Pada 2018 secara mengejutkan dia hengkang ke klub Liga Super China, Daliang Yifang. Padahal dia menjadi incaran klub besar Eropa kala itu.

Namun, musim lalu dia kembali ke Atletico Madrid dengan status pinjaman satu musim. Tampil apik, dan menjadi bagian penting menjuarai LaLiga. Atletico Madrid langsung mempermanenkan statusnya dengan mahar 27 juta euro atau sekitar Rp454 miliar.

4. Alvaro Morata

5 Pemain yang Membela Atletico Madrid dalam Dua Periode, Ada GriezmannAlvaro Morata (bleacherreport.com)

Pada 2019 lalu Atletico Madrid mendatangkan Alvaro Morata dari Chelsea dengan status pinjaman dengan bayaran 18 juta euro dengan opsi permanen di akhir musim senilai 35 juta euro atau sekitar Rp589 miliar. Dia mencatatkan 22 gol dari 61 pertandingan di semua ajang. Namun, 6 bulan kemudian dia dipinjamkan ke Juventus dengan biaya 20 juta euro atau sekitar Rp336 miliar selama dua musim.

Tidak banyak yang tahu jika Alvaro Morata sebelumnya juga pernah berseragam Atletico Madrid, namun di level tim akademi. Pada 2007 dia kemudian menuntut ilmu di tim akademi Getafe dan pergi ke akademi Real Madrid semusim kemudian. Ia menjalani karier profesional pertamanya di klub raksasa tersebut.

5. Antoine Griezmann

5 Pemain yang Membela Atletico Madrid dalam Dua Periode, Ada GriezmannAntoine Griezmann (euronews.com)

Pada hari terakhir bursa transfer musim panas 2021, publik dikejutkan dengan transfer segitiga yang melibatkan Antoine Griezmann. Dia akan kembali ke Atletico Madrid dengan status pinjaman satu musim dari Barcelona dengan opsi permanen sebesar 40 juta euro atau sekitar Rp673 miliar.

Hal ini tak lepas dari perginya Saul Niguez ke Chelsea dengan status transfer yang sama. Sementara itu, Barcelona mendatangkan Luuke De Jong. Ini bakal menjadi periode kedua Griezmann setelah sebelumnya membela Atletico pada periode 2014--2019. Pada periode pertamanya itu dia telah mengoleksi 133 gol dari 257 pertandingan dengan persembahkan 1 Copa del Rey dan 1 gelar Liga Europa. Pada 2019 Barcelona mengaktifkan klausul pelepasan sang pemain senilai 120 juta euro atau sekitar Rp2 triliun.

 

Itulah deretan pemain Atletico Madrid yang pernah membela klub ibu kota selama dua periode. Kini Antoine Griezmann menjadi pemain teranyar yang melakukannnya. Dengan sejarah apik kedua belah pihak, Atletico Madrid berpeluang besar untuk mempertahankan gelar juara LaLiga mereka.

Baca Juga: Griezmann CLBK ke Atletico Jelang Deadline Day Bursa Transfer

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya