Comscore Tracker

5 Pencetak Gol Termuda Bayer Leverkusen dan Kabar Terkini Mereka

Mereka langsung jadi incaran klub top Eropa

Bayer Leverkusen boleh kalah prestasi dari Bayern Munchen dan Borussia Dortmund di Bundesliga. Namun, mereka dikenal sebagai klub yang selalu melahirkan banyak pemain muda bertalenta.

Dalam prosesnya, beberapa pemain mencatatkan namanya sebagai pencetak gol termuda sepanjang sejarah klub. Mereka pun berkembang menjadi salah satu pemain top di Eropa. Beberapa lainnya bahkan memberikan keuntungan finansial besar usai dilepas ke klub lain.

1. Florian Wirtz

5 Pencetak Gol Termuda Bayer Leverkusen dan Kabar Terkini MerekaFlorian Wirtz (bundesliga.com)

Usai kepergian Kai Havertz ke Chelsea, Bayer Leverkusen menemukan penerusnya dengan kualitas tak kalah hebat. Dia adalah Florian Wirtz. Produk asli akademi Bayer Leverkusen ini berhasil memecahkan rekor Kai Havertz sebagai pencetak gol termuda klub.

Wirtz mencetak gol debutnya ke gawang Bayern Munchen saat timnya kalah 2-4 pada Juni 2020. Kala itu ,usianya masih 17 tahun 63 hari. Pada 2021/2022 ini, performanya makin mengilap dengan torehan 8 gol dan 12 assist dari 23 laga di semua ajang.

2. Kai Havertz

5 Pencetak Gol Termuda Bayer Leverkusen dan Kabar Terkini Merekakai Havertz (bundesliga.com)

Kai Havertz merupakan salah satu produk terbaik akademi Bayer Leverkusen. Gol debutnya terjadi kala klubnya bermain imbang 3-3 melawan Werder Bremen pada April 2017. Kala itu, usianya masih 17 tahun 9 bulan 22 hari. Sejak itu, ia langsung menjadi andalan dan mulai menarik minat banyak klub top Eropa.

Dia mengoleksi 150 laga dengan torehan 46 gol dan 31 assist. Pada 2020, Chelsea memboyong sang pemain dengan harga 80 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun. Meski performanya belum maksimal, dia adalah pahlawan Chelsea di final Liga Champions lewat gol tunggalnya ke gawang Manchester City.

Baca Juga: Deretan Pencetak Gol Termuda Bundesliga pada Musim 2021/2022

3. Julian Brandt

5 Pencetak Gol Termuda Bayer Leverkusen dan Kabar Terkini MerekaJulian Brandt (bundesliga.com)

Bayer Leverkusen mendapatkan Julian Brandt hanya dengan harga 500 ribu euro pada 2014 dari VfLWolfsburg junior. Tidak butuh waktu lama baginya untuk membuktikan potensinya. Dia berhasil mencetak gol debut pada April 2014 saat timnya kalah dari Hamburg 1-2. Saat itu, dia masih berusia 17 tahun 11 bulan 2 hari.

Dia kemudian berkembang menjadi gelandang andalan klub selama 4 musim di sana. Brandt mencetak 42 gol dan 51 assist dari 215 laga. Pada musim panas 2019, dia hijrah ke klub rival, Borussia Dortmund, usai ditebus dengan harga 25 juta euro atau sekitar Rp406 miliar.

4. Paulinho

5 Pencetak Gol Termuda Bayer Leverkusen dan Kabar Terkini MerekaPaulinho (bundesliga.com)

Bayer Leverkusen merekrut Paulinho dari klub Brasil Vasco da Gama pada 2018 saat masih berusia 18 tahun. Winger kiri tersebut kemudian berhasil mencetak gol debutnya untuk Bayer Leverkusen pada Desember 2018 di Liga Europa saat mengalahkan AEK Larnaca. Kala itu, dia berusia 18 tahun 4 bulan 28 hari.

Pada 2021/2022 ini, dia menjadi andalan klub dan telah mencatatkan 12 pertandingan di Bundesliga. Sayangnya, dalam beberapa laga terakhir, dia harus absen karena terpapar COVID-19. Pemain 21 tahun itu total sudah memainkan 59 laga dengan catatan 4 gol dan 4 assist.

5. Tin Jedvaj

5 Pencetak Gol Termuda Bayer Leverkusen dan Kabar Terkini MerekaTin Jedvaj (bundesliga.com)

Tin Jedvaj didatangkan Bayer Leverkusen pada 2014 dari AS Roma dengan status pinjaman. Dia langsung menarik perhatian fans lewat gol debutnya sebulan kemudian, saat Bayer Leverkusen mengalahkan Herta Berlin 4-2. Saat itu, usianya masih 18 tahun 9 bulan 2 hari.

Pada musim pertamanya itu, sang bek tengah tampil dalam 22 laga Bundesliga dengan mencetak dua gol. Dia pun dipermanenkan pada akhir musim dengan biaya 7 juta euro. Pemain asal Kroasia itu tampil dalam 109 laga di semua ajang. Pada musim panas 2021, dia dilepas ke Lokomotiv Moskow dengan harga 4 juta euro.

Pada 2021/2022 ini, Bayer Leverkusen berhasil bersaing di papan atas dengan menempati peringkat ketiga. Hal ini tidak lepas dari skuad mereka yang dihuni banyak pemain muda potensial. Salah satunya Florian Wirtz. Tidak bisa dimungkiri jika Bayer Leverkusen adalah salah satu produsen pemain muda terbaik asal Jerman dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Bayern Munchen dan Nasibnya Kini

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya