5 Pencetak Gol Termuda Manchester United di Kompetisi Eropa, Moncer!

Dari Marcus Rashford hingga Amad Diallo

Pada leg pertama babak 16 besar Liga Europa, Manchester United gagal meraih kemenangan usai ditahan imbang 1-1 oleh AC Milan. Deretan pemain bintang Setan Merah tampil di bawah performa terbaik mereka. Namun, satu nama pemain muda menarik perhatian lewat golnya, Amad Diallo.

Satu golnya tersebut melepaskan United dari kekalahan. Tak hanya itu, gol itu pun membuatnya masuk dalam daftar pencetak gol termuda United di kompetisi Eropa. Siapa saja mereka? Ini ulasannya.

1. Mason Greenwood - 17 tahun 353 hari

5 Pencetak Gol Termuda Manchester United di Kompetisi Eropa, Moncer!skysports.com

Mason Greenwood merupakan produk asli akademi Manchester United yang dipromosikan ke tim utama sejak 2019. Di musim perdananya tersebut, dia langsung tampil menjanjikan dan mencetak berbagai rekor. Salah satunya adalah pemain termuda Manchester United yang mencetak gol di kompetisi Eropa ketika masih berusia 17 tahun 353 hari.

Gol itu dicetaknya ke gawang FC Astana di ajang Liga Europa dan menjadi satu-satunya gol di laga tersebut. Di musim debutnya itu, Greenwood tampil tajam dengan mencetak 19 gol dari 51 laga di semua ajang.

2. Marcus Rashford - 18 tahun 117 hari

5 Pencetak Gol Termuda Manchester United di Kompetisi Eropa, Moncer!skysports.com

Sebelum dipecahkan Greenwood, rekor pencetak gol termuda United di kompetisi Eropa dipegang oleh Marcus Rashford. Rekor itu dicetaknya di ajang Liga Europa babak 32 besar melawan Midtjylland, yang berakhir dengan skor 5-1 pada 2016 silam. Saat itu, merupakan musim debut Rashford usai dipromosikan dari tim akademi.

Gol tersebut dicetak ketika dirinya berusia 18 tahun 117 hari. Sejak itu, dia pun bertransformasi menjadi salah satu bintang Setan Merah. Dia bahkan sudah mencatatkan 258 laga dengan torehan 85 gol dan 52 assists di semua ajang.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Manchester United yang Cetak 50 Gol di Premier League

3. George Best - 18 tahun 158 hari

5 Pencetak Gol Termuda Manchester United di Kompetisi Eropa, Moncer!thetimes.co.uk

George Best merupakan legenda Manchester United yang telah persembahkan 1 trofi Liga Champions dan 2 gelar Premier League. Menjalani debut sejak 1963, Best mencetak gol perdananya di kompetisi Eropa pada musim 1965/1966 ketika berusia 18 tahun 158 hari ke gawang HJK Helsinki pada leg kedua Piala Champions (Liga Champions).

Saat itu, United menang dengan skor 6-0, di mana Best mencetak brace. Gol tersebut sekaligus menjadi titik awal bersinarnya karier sang pemain yang berkostum Red Devils selama 12 tahun itu.

4. Amad Diallo - 18 tahun 243 hari

5 Pencetak Gol Termuda Manchester United di Kompetisi Eropa, Moncer!goal.com/Getty Images

Pada bursa transfer Januari kemarin, United memboyong pemain muda Atalanta, Amad Diallo seharga 21 juta euro atau sekitar Rp360 miliar. Pada leg pertama babak 16 besar Liga Europa, dia yang baru diturunkan 5 menit di babak kedua sukses mencetak gol ke gawang AC Milan.

Itu tak hanya menjadi gol debutnya untuk United, tetapi juga tercatat sebagai pencetak gol United termuda keempat di kompetisi Eropa, 18 tahun 243 hari. Sayangnya, gol tersebut gagal memberikan kemenangan bagi United setelah AC Milan mampu menyamakan skor di menit-menit akhir laga.

5. Brian Kidd - 18 tahun 275 hari

5 Pencetak Gol Termuda Manchester United di Kompetisi Eropa, Moncer!sbnation via Getty Images

Brian Kidd merupakan bintang United era 1970-an yang juga merupakan lulusan akademi Setan Merah. Pada musim 1967/1968 dia mencetak gol di leg pertama babak perempat final Piala Champions ketika melawan klub asal Polandia, Gornik Zabrze. Saat itu, United menang dengan skor 2-0 dan dirinya masih berusia 18 tahun 275 hari.

Luar biasanya, di musim tersebut United juga keluar sebagai juara Piala Champions usai mengalahkan Benfica di babak final dengan skor 4-1, di mana dia pun mencetak 1 gol dan 1 assist.

 

Dalam beberapa musim terakhir Manchester United rajin menelurkan banyak pemain muda berbakat. Beberapa nama seperti Rashford, Greenwood dan Henderson bahkan berkembang pesat dan menjadi tumpuan Ole Gunnar Solksjaer. Jika mereka mampu stabil, bukan tak mungkin Setan Merah segera bangkit dan kembali meraih gelar juara.

Baca Juga: 5 Pemain Kelahiran 2000-an yang Sudah Debut Bersama Manchester United

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya