5 Pencetak Gol Tertua di Premier League yang Berasal dari Luar Inggris

Ada yang hampir menginjak usia 40 tahun, lho!

Sejak era Premier League mulai bergulir pada 1992, kompetisi tertinggi sepak bola Inggris ini mengalami perkembangan pesat. Saat ini Premier League dianggap sebagai kompetisi paling kompetitif, apalagi dengan hadirnya banyak pemain bintang dari seluruh dunia.

Dengan gaya sepak bola menyerang dan cepat, pemain berusia tua dianggap tidak bisa lagi berkontribusi besar di Premier League. Namun, dalam sejarahnya, beberapa pemain veteran ini sukses mencatatkan namanya dalam sejarah Premier League sebagai pencetak gol tertua. Berikut ini adalah pencetak gol tertua yang berasal dari luar Inggris.

1. Ryan Giggs (39 tahun 3 bulan)

5 Pencetak Gol Tertua di Premier League yang Berasal dari Luar InggrisRyan Giggs (uefa.com)

Ryan Giggs adalah legenda Manchester United dengan banyar rekor luar biasa atas namanya. Setan Merah menjadi satu-satunya tim yang dia bela sepanjang kariernya selama 23 tahun. Sepanjang itu pula dia telah mempersembahkan 13 gelar Premier League, 4 FA Cup, dan 2 Liga Champions. 

Dia menjadi pencetak gol tertua yang berasal dari luar Inggris. Gol terakhirnya tercipta saat melawan Queens Park Rangers pada 23 Februari 2013. Saat itu pemain asal Wales itu berusia 39 tahun dan 3 bulan. Itu adalah musim terakhir Sir Alex Ferguson sebagai manajer dan juga musim terakhir saat United mengangkat gelar Liga Inggris.

2. Graham Alexander (38 tahun 6 bulan)

5 Pencetak Gol Tertua di Premier League yang Berasal dari Luar InggrisGraham Alexander (burnleyexpress.net)

Pemain asal Skotlandia ini memegang rekor karier terlama di sepak bola Inggris. Dia aktif sebagai pemain sejak 1988 hingga gantung sepatu pada 2012. Selama itu ia bermain di Premier League hanya untuk satu musim ketika berkostum Burnley. Dia mencetak tujuh gol dari 33 pertandingan.

Graham Alexander dikenal sebagai eksekutor penalti yang efektif. Dia mencetak 77 gol yang luar biasa dari adu penalti dengan tingkat konversi lebih dari 90 persen. Gol terakhirnya di Premier League terjadi saat melawan Hull City pada 10 April 2010 dengan kemenangan 4-1. Dia mencetak dua gol lewat tendangan penalti pada usia 38 tahun dan 6 bulan.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Pernah Meraih Gelar Top Scorer Serie A Italia

3. Mark Hughes (38 tahun 4 bulan)

5 Pencetak Gol Tertua di Premier League yang Berasal dari Luar InggrisMark Hughes (90min.com)

Mark Hughes memiliki karier yang cemerlang sebagai pemain. Dia pernah membela banyak tim besar, seperti Manchester United, Barcelona, Bayern Munchen dan Chelsea. Masa keemasannya terjadi ketika berkostum Setan Merah dengan persembahkan 2 gelar Premier League dan 3 FA Cup.

Kariernya merosot setelah meninggalkan Chelsea pada 1998. Pemain asal Wales itu mencetak gol terakhirnya saat berkostum Blackburn Rovers. Hughes berusia 38 tahun, 4 bulan, dan 26 hari ketika mencetak gol ke gawang Leicester City pada Maret 2002. Pada akhir musim itu dia gantung sepatu dan kemudian meneruskan karier sebagai manajer.

4. Tugay Kerimoglu (38 tahun 3 bulan)

5 Pencetak Gol Tertua di Premier League yang Berasal dari Luar InggrisTugay Kerimoglu (premierleague.com)

Pemain asal Turki ini dikenal lewat gol-golnya dari luar kotak penalti. Dia bermain untuk Blackburn Rovers selama delapan musim hingga dirinya gantung sepatu pada 2009. Gol terakhirnya untuk tim terjadi saat melawan Portsmouth pada 30 November 2008. Saat itu dirinya sudah berusia 38 tahun, 3 bulan, dan 6 hari.

Pemain berposisi gelandang bertahan ini tampil dalam 293 pertandingan dengan koleksi 13 gol. Sepanjang kariernya, dia juga pernah berkostum Galatasaray dan Rangers.

5. Peter Schmeichel (37 tahun 11 hari)

5 Pencetak Gol Tertua di Premier League yang Berasal dari Luar InggrisPeter Schmeichel (birminghammail.co.uk)

Dikenal lewat  aksi-aksi penyelamatannya yang fenomenal, kiper asal Denmark ini sempat mencetak gol luar biasa. Dia adalah kiper pertama yang pernah mencetak gol di era Premier League sejak dimulai pada tahun 1992. Pada 20 Oktober 2001, dia berusia 37 tahun dan 11 bulan ketika mencetak gol untuk Aston Villa lewat tendangan voli saat tendangan sudut terjadi.

Schmeichel menjalani karier terbaiknya ketika berkostum Manchester United selama delapan musim. Dia sukses meraih 5 gelar Premier League dan 1 Liga Champions. Setelah berkostum Aston Villa, dia pergi ke Manchester City pada 2002 dan gantung sepatu satu tahun kemudian.

 

Bagi beberapa pemain luar biasa, usia hanyalah masalah angka. Mereka bahkan mampu bermain hingga kepala empat dan masih memberikan kontribusi cukup signifikan bagi klubnya. Lima pemain di atas adalah pencetak sejarah dalam sepak bola Inggris.

Baca Juga: Penerus Peter Schmeichel, 7 Kiper Manchester United Ini Dinilai Gagal

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya