Comscore Tracker

Ironis, 5 Pelatih Ini Cetak Rekor Terburuk dalam Sejarah Klubnya

Dari Solskjaer hinggaMaurizio Sarri

Ibarat kapal yang berlayar, seorang manajer klub adalah sosok nahkoda yang mampu mengarahkan tujuan. Prestasi dan kemenangan adalah tujuan dari setiap tim demi eksistensi di kompetisi tertinggi.

Namun dalam sebuah pertandingan pasti selalu ada kalah dan menang. Dan ada kalanya kekalahan pun menjadi mimpi buruk bagi seorang pelatih. Parahnya lagi, saat rekor buruk yang justru mereka raih. Ini adalah lima pelatih yang mengukir catatan terburuk dalam sejarah klubnya.

1. Maurizio Sarri - Chelsea

Ironis, 5 Pelatih Ini Cetak Rekor Terburuk dalam Sejarah Klubnyadailymail.co.uk

Musim lalu Chelsea mendatangkan Maurizio Sarri sebagai manajer baru. Di awal kompetisi sang pelatih mampu tampilkan performa luar biasa dengan delapan laga tak terkalahkan. Sayangnya mereka gagal meraih konsistensi dan terlempar dari pertarungan meraih juara Liga Inggris dengan finish di posisi ketiga.

Torehan Sarri sendiri tidaklah begitu buruk karena ia mampu persembahkan trofi Liga Eropa di musim perdananya. Sayang terdapat satu cacat dalam karier Sarri bersama Chelsea, The Blues dipermalukan Man City dengan skor 6-0, yang menjadikan rekor terburuk tim dalam 28 tahun terakhir.

2. Julen Lopetegui - Real Madrid

Ironis, 5 Pelatih Ini Cetak Rekor Terburuk dalam Sejarah Klubnyatalksport.com

Nasib Julen Lupetegui mungkin paling ironis. Setelah berhasil membawa timnas Spanyol lolos ke Piala Dunia 2018, ia dipecat karena menerima tawaran Real Madrid saat dirinya masih berstatus pelatih tim Matador.

Begitu melatih Real Madrid, nasibnya pun semakin memburuk. Dia hanya bertahan di Madrid selama 10 pertandingan. Kekalahan 1-5 di laga El Clasico jadi akhir kariernya. Dengan empat kemenangan, dua imbang dan empat kekalahan menjadikan Lopetegui pelatih terburuk Madrid dalam 50 tahun terakhir.

Baca Juga: Pelatih Baru Tottenham, Ini 5 Tantangan Besar Bagi Jose Mourinho

3. Frank De Boer - Crystal Palace

Ironis, 5 Pelatih Ini Cetak Rekor Terburuk dalam Sejarah Klubnyaserpentsofmadonnina.com

Semasa menjadi pemain, Frank De Boer merupakan salah satu pemain bertahan terbaik dunia. Usai gantung sepatu, dia pun terbilang sukses bersama Ajax dari tahun 2010 hingga 2016. Tetapi kariernya mengalami penurunan ketika mulai melatih Inter Milan.

Di Italia dia hanya bertahan kurang dari tiga bulan. Musim 2017/2018 dia ditunjuk menjadi pelatih Crystal Palace. Lagi-lagi ia hanya bertahan sebentar. De Boer hanya bertahan dalam empat laga usai gagal meraih kemenangan dan gagal mencetak satu pun gol.

4. Unai Emery - Arsenal

Ironis, 5 Pelatih Ini Cetak Rekor Terburuk dalam Sejarah Klubnyathesun.co.uk

Di musim keduanya bersama Arsenal, Emery diharapkan mampu membawa klubnya bersaing di empat besar. Sayang harapan tersebut sulit untuk diwujudkan setelah The Gunners tampil tak konsisten.

Dari 12 laga Liga Inggris, Arsenal hanya catatkan empat kemenangan, lima imbang dan tiga kekalahan. Ini merupakan capaian terburuk Arsenal di awal musim sejak 1982.

5. Ole Gunnar Solskjaer - Man United

Ironis, 5 Pelatih Ini Cetak Rekor Terburuk dalam Sejarah Klubnyathesun.co.uk

Ole Gunnar Solskjaer juga mengalami nasib yang sama seperti Unai Emery. Catatan empat kemenangan, empat kalah dan empat imbang merupakan pencapaian terburuk MU dalam 30 tahun terakhir. Saat ini MU tempati posisi ke-7 Premiere League dan bakal cukup kesulitan untuk bisa bersaing di papan atas.

Padahal Solskjaer diharapkan mampu mengangkat performa MU musim ini setelah diberikan kontrak berdurasi tiga tahun.

Baca Juga: Jadi Pelatih Spurs, Jose Mourinho: Saya Siap Menjalani Tantangan

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya