Comscore Tracker

Thierry Henry Resmi Ditunjuk Menjadi Pelatih Montreal Impact

Dikontrak selama dua tahun

Legenda Arsenal resmi ditunjuk menjadi pelatih klub asal MLS, Montral Impact. Kesempatan ini akan menjadi kali kedua Henry melatih sebuah klub. Sebelumnya dia sempat melatih klub Ligue 1 AS Monaco.

Sayangnya nasibnya tak terlalu mujur. Kini petualangan baru dimulai kembali di tanah Paman Sam. Mampukah Henry memberikan prestasi untuk klub barunya?

1. Dikontrak selama dua musim

Thierry Henry Resmi Ditunjuk Menjadi Pelatih Montreal Impacttwitter.com/impactmontreal

Pelatih asal Prancis itu akan dikontrak selama dua musim hingga tahun 2022. MLS sendiri bukan liga yang asing bagi Henry. Dia mengakhiri kariernya sebagai pemain di klub New York Redbull.

Meski pengalamannya sebagai pelatih masih dinilai kurang, Presiden klub tidak ragu jika Henry adalah cocok yang tepat bagi timnya. "Kami sangat senang bisa mengumumkan kedatangan legenda sepakbola ini," ungkap presiden Montreal Kevin Gilmour dalam pernyataan resminya.

"Henry akan membawa dinamika baru ke klub ini. Ia memiliki visi sama dengan kami perihal cara mengangkat tim ini dan akan membantu kami mencapai target bukan cuma di dalam, tapi juga di luar lapangan."

2. Henry: Ini adalah sebuah kehormatan

Thierry Henry Resmi Ditunjuk Menjadi Pelatih Montreal Impactqconline.com

Henry mengaku sangat senang dengan karier barunya melatih Montreal Impact. Dia juga merasa jika MLS adalah salah satu liga yang sudah dia kenal baik. Henry sebelumnya membela New York Redbull selama tiga tahun sebelum memutuskan pensiun pada 2015.

"Adalah sebuah kehormatan ditunjuk sebagai pelatih Montreal Impact dan kembali ke MLS. Ini liga yang saya kenal baik dan tempat saya melewati beberapa momen bagus."

"Berada di Quebec bersama Montreal, yang memiliki warisan multikultural sangat besar, adalah hal yang sangat luar biasa. Saya selalu menyukai klub ini dan sekarang saya di sini."

Baca Juga: AS Monaco Kalah Telak, Mimpi Buruk Thierry Henry Masih Berlanjut

3. Karier kepelatihan Thierry Henry

Thierry Henry Resmi Ditunjuk Menjadi Pelatih Montreal Impacttalksport.com

Setelah pensiun sebagai pemain, Henry ditunjuk sebagai asisten pelatih Roberto Martinez di timnas Belgia. Kerja sama keduanya sangat impresif dengan menjadi juara ketiga di Piala Dunia 2018.

Pada 2018 Henry mundur dari timnas Belgia karena ditunjuk menjadi pelatih AS Monaco. Diberi beban untuk menyelamatkan klub dari papan bawah, performa Henry di AS Monaco justru sangat buruk.

Henry hanya mampu bertahan tiga bulan. Ia harus menelan 11 kekalahan dari 20 laga yang dijalaninya di semua ajang.

4. Sekilas tentang Montreal Impact

Thierry Henry Resmi Ditunjuk Menjadi Pelatih Montreal Impactmountroyalsoccer.com

Montral Impact sebenarnya adalah klub asal Kanada yang berasal dari kota Montreal, Quebec. Meski demikian mereka mulai ikut berkompetisi di MLS sejak tahun 2012. Montreal bukan satu-satunya klub asal Kanada yang bermain di Liga Amerika Serikat (MLS).

Ada dua klub lainnya, yaitu Toronto FC dan Vancouver FC. Musim kompetisi 2019 Montral hanya mampu finish di posisi kesembilan wilayah Timur dan gagal ke babak play-off.

Baca Juga: Thierry Henry Mendapat Tawaran Melatih Klub Liga Prancis Bordeaux

Firli N. Purnagara Photo Community Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You