5 Pemain Top yang Mewarisi Nomor Punggung Keramat di Musim 2021/2022

Mampukah Ansu Fati sebesar Lionel Messi? #IDNTimesSport

Bursa transfer musim panas 2021 tidak hanya menghadirkan drama perpindahan para pemain bintang, tetapi juga berpindahnya nomor punggung keramat. Dalam dunia sepak bola, nomor punggung bukan hanya sebuah angka, melainkan identitas seorang pemain yang memiliki sejarah panjang.

Beberapa nomor bahkan dipensiunkan di sebuah klub tertentu demi penghormatan atas pemain sepak bola legendaris yang penuh dedikasi dan inspirasi selama berkarier dengan klub tersebut.

Musim berganti, sepak bola terus berjalan. Berikut ini sederet nomor punggung ikonik yang telah diwariskan kepada pemain potensial lainnya. Simak, yuk, ada nama siapa saja!

1. Brahim Diaz

5 Pemain Top yang Mewarisi Nomor Punggung Keramat di Musim 2021/2022potret Brahim Diaz (twitter.com/Brahim)

Musim ini AC Milan kehilangan playmaker andalan mereka, Hakan Calhanoglu, yang hijrah ke rival abadi mereka, Inter Milan. Nomor ikonik 10 pun kosong. Nomor itu sendiri pernah dimiliki oleh nama-nama besar seperti Rui Costa, Clarance Seedorf, Zvonimir Boban hingga Ruud Gullit. Sempat kosong sementara, AC Milan akhirnya mewariskan nomor tersebut kepada Brahim Diaz setelah dia kembali dipinjam dari Real Madrid.

Kali ini, dia dipinjam selama dua musim dengan opsi permanen pada 2023. Diplot sebagai playmaker utama dengan nomor 10, Brahim Diaz langsung tampil moncer di dua laga awal Serie A. Dia sudah mencatatkan 2 gol dan 1 assist yang sekaligus memberikan dua kemenangan beruntun bagi Rossonerri.

2. Olivier Giroud

5 Pemain Top yang Mewarisi Nomor Punggung Keramat di Musim 2021/2022potret Olivier Giroud (twitter.com/_OlivierGiroud_)

Sejak Filipo Inzaghi gantung sepatu di AC Milan, nomor punggung 9 telah silih berganti di pundak beberapa pemain top. Mulai dari Alexandre Pato,  Fernando Torres, Andre Silva, Krzysztof Piatek hingga Gonzalo Higuain. Namun, tak ada satu pun yang mampu menjadi mesin gol AC Milan kala menggunakan nomor itu. Mitos pun tercipta bahwasanya nomor 9 di AC Milan terkutuk pasca Filipo Inzaghi pensiun.

Kini nomor tersebut beralih ke punggung Olivier Giroud yang baru didatangkan dari Chelsea pada bursa transfer musim panas ini. Sempat dipercaya Giroud bakal terkena kutukan tersebut, striker asal Prancis itu tampaknya malah bisa menjadi sosok yang mematahkannya.

Pada matchday kedua Serie A, Giroud tampil impresif dengan mencetak brace. Kini fans pun percaya jika Giroud bakal mengembalikan taji nomor 9 AC Milan.

Baca Juga: Ada Legenda Milan, Ini 5 Pemain Top yang Pernah Bela Salernitana

3. David Alaba

5 Pemain Top yang Mewarisi Nomor Punggung Keramat di Musim 2021/2022potret David Alaba (twitter.com/realmadrid)

Musim panas ini Real Madrid harus kehilangan mantan bintang dan kapten mereka, Sergio Ramos. Kedua belah pihak tidak menemui kata sepakat untuk perpanjangan kontrak sehingga Ramos harus pergi dengan status free transfer menuju PSG. Ramos sendiri telah berkostum Real Madrid selama 16 tahun, dan menjadi legenda klub berkat deretan trofi bergengsi yang dia persembahkan.

Kepergian bek 35 tahun itu membuat salah satu nomor legendaris kosong. Nomor 4 adalah angka keramat di lini pertahanan Los Blancos. Nomor tersebut pernah dimiliki oleh sederet bek legendaris lainnya seperti Fernando Hierro, Bernd Schuster dan eks pelatih timnas Indonesia, Luis Milla.Musim berganti, sang eks kapten telah pergi, nomor keramat tersebut akhirnya diwariskan kepada bek anyar mereka, David Alaba. Alaba bergabung dari Bayern Munchen secara gratis di jendela transfer musim panas ini. 

4. Ansu Fati

5 Pemain Top yang Mewarisi Nomor Punggung Keramat di Musim 2021/2022Ansnu Fati (fcbarcelona.com)

Sejarah besar Barcelona selalu selaras dengan para pemain yang menggunakan nomor punggung 10. Sebut saja sederet nama-nama hebat seperti Rivaldo, Riquelme, Ronaldinho, hingga yang paling ikonik tentunya adalah Lionel Messi. Namun, musim ini secara mengejutkan Messi terpaksa harus pergi dari Barcelona dan bergabung dengan PSG. Nomor 10 pun kosong.

Memulai era baru, Barcelona pun memutukan untuk memberikan nomor 10 kepada calon bintang masa depan mereka, Ansu Fati. Dia sendiri merupakan lulusan La Mesia seperti Lionel Messi yang juga memiliki bakat luar biasa. Kini fans pun menanti kontribusi apa yang bisa diberikan pemain berpaspor Spanyol itu.

5. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Top yang Mewarisi Nomor Punggung Keramat di Musim 2021/2022Cristiano Ronaldo (twitter.com/ManUtd)

Setelah berpetualang hampir satu dekade lebih bersama Real Madrid dan Juventus, Cristiano Ronaldo akhirnya pulang ke Manchester United. Dia dilepas Juventus dengan harga 17 juta euro saja meski tuntutan awal senilai 30 juta euro atau sekitar Rp508 milyar. 

Cristiano Ronaldo erat dengan nomor punggung 7 dimana pun ia bermain, termasuk di MU pada periode pertamanya. Sejak kepergiannya, pengguna nomor 7 di MU selalu mengalami performa yang mengecewakan. Sebut saja nama-nama seperti Michael Owen, Angel Di Maria, Memphis Depay hingga Alexis Sanchez. Namun, kini Ronaldo kembali dan resmi menggunakan nomor punggung keramat 7 yang sebelumnya dipakai oleh Edinson Cavani.

Nomor 7 di MU memiliki sejarah yang besar karena pernah dimiliki oleh para legenda seperti George Best, Eric Cantona, David Beckham, dan tentu saja, Cristiano Ronaldo. Kini ia telah memakainya lagi, mampukah CR7 mengembalikan juga kejayaan Manchester United yang redup beberapa tahun belakangan?

Itulah sederet pemain bintang yang bakal mewarisi nomor keramat di musim baru ini. Nomor punggung yang kini mereka kenakan memiliki sejarah panjang dan pernah dipakai oleh para legenda klub. Dengan beban berat yang mereka pikul itu, bisakah mereka mengikuti kesuksesan pendahulunya?

Baca Juga: Manchester United Untung Besar Usai Jersey Ronaldo Jadi Buruan Fans

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya