Comscore Tracker

5 Produk AC Milan yang Tampil Moncer di Klub Lain Musim Ini

Ada yang jadi kontroversi, lho!

AC Milan merupakan klub yang memiliki sejarah panjang di Eropa. Rossoneri merupakan klub kedua dengan trofi Liga Champions terbanyak dan pemegang 18 gelar Scudetto. Deretan pemain bintang hilir mudik mewarnai skuad AC Milan dari berbagai generasi. Salah satunya pemain yang lahir dari akademi Rossoneri sendiri.

Paolo Maldini, Alessandro Costacurta, Franco Baresi, hingga Gianluigi Donnarumma. Sayangnya, dalam beberapa tahun terakhir, AC Milan justru "membuang" talenta-talenta mudanya, yang kemudian tampil apik di klub lain. Berikut ini lima lulusan akademi Rossoneri yang bersinar di klub lain musim ini.

1. Bryan Cristante (AS Roma)

5 Produk AC Milan yang Tampil Moncer di Klub Lain Musim Inipotret Bryan Cristante (football-italia.net)

Bryan Cristante bergabung dengan akademi Rossoneri saat dirinya berusia 14 tahun. Di tim junior, dia berkembang menjadi gelandang dengan potensi besar. Cristante bahkan menjadi debutan termuda AC Milan di Liga Champions pada usia 16 tahun 9 bulan pada 2011 silam. Meski demikian, ia tak mendapatkan banyak kesempatan tampil di tim utama asuhan Massimiliano Allegri saat itu.

Cristante kemudian dilepas ke Benfica pada 2014 dan menjalani peminjaman di beberapa klub, seperti Palermo dan Pescara sebelum diboyong Atalanta pada 2018. Di klub asal Bergamo itu Cristante berkembang pesat dengan mencetak 15 gol dari dari 59 laga.

Pada 2019, AS Roma memboyongnya dengan harga 22 juta euro setelah meminjamnya satu musim. Di klub ibu kota, Cristante berkembang lebih matang dan jadi andalan, termasuk di bawah arahan Jose Mourinho musim ini. Ia sudah tampil dalam 13 laga di semua ajang dengan torehan 2 gol dan 1 assist.

2. Lorenzo Colombo (SPAL)

5 Produk AC Milan yang Tampil Moncer di Klub Lain Musim Inipotret Lorenzo Colombo (sempremilan.com)

Lorenzo Colombo adalah salah satu pemain muda yang paling menjanjikan milik AC Milan. Pada 2020 lalu, dia menjalani debutnya di tim senior Rossoneri saat masih berusia 18 tahun. Dia memiliki fisik yang kuat dan insting golnya teruji di tim primavera. Di tim muda AC Milan itu Colombo sukses mencetak 9 gol dari 15 laga.

Musim ini, Rossoneri meminjamkan sang pemain ke klub Serie B, SPAL, demi mematangkan kemampuannya. Striker 19 tahun itu tampil impresif di sana dengan mencetak 4 gol dari 8 laga Serie B. Meski diincar banyak klub, AC Milan nyatanya sedang mempersiapkan sang pemain sebagai penerus Zlatan Ibrahimovic, yang tak akan lama lagi gantung sepatu.

Baca Juga: 6 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam AC Milan dan Inter Milan

3. Tommaso Pobega (Torino)

5 Produk AC Milan yang Tampil Moncer di Klub Lain Musim IniTommaso Pobega (sempremilan.com)

Seperti Colombo, Tomasso Pobega adalah aset berharga yang dimiliki AC Milan saat ini. Pemain yang berposisi gelandang bertahan itu belum pernah tampil untuk tim senior, tetapi ia masuk dalam rencana masa depan Rossoneri yang berfokus kepada pemain muda. Jika musim lalu ia dipinjamkan ke Spezia, musim ini AC Milan "menyekolahkan" sang pemain ke Torino.

Di tim asal Turin itu, ia menjadi pemain kunci Ivan Juric. Pobega telah tampil dalam 7 laga Serie A dan mencetak 2 gol. Dengan kemungkinan besar Franck Kessie hengkang musim depan, Pobega berpotensi menjadi penggantinya. Usai dua tahun masa peminjaman, permainan Pobega diyakini sudah berkembang pesat dan sudah siap tampil untuk tim utama.

4. Gianluigi Donnarumma (PSG)

5 Produk AC Milan yang Tampil Moncer di Klub Lain Musim Inipotret Gianluigi Donnarumma (twitter.com/gigiodonna1)

Gianluigi Donnarumma bisa dibilang sebagai lulusan terbaik akademi AC Milan era modern. Potensinya sudah tampak saat ia menjalani laga debut di tim senior pada usia 16 tahun. Sejak itu, ia berkembang luar biasa dan menjadi andalan sebagai kiper utama. Pada usianya yang masih 22 tahun, ia bahkan sudah mencatatkan 251 laga bagi Rossoneri.

Namun, musim panas kemarin, ia hengkang ke Paris-Saint-Germain dengan status free transfer setelah gagal menemui kesepakatan perihal  kontrak dan gaji baru. Hal ini pun memicu kontroversi dan membuat ia menjadi pemain yang paling dibenci fans AC Milan. Di PSG, ia harus bergantian bersama Keylor Navas sebagai kiper utama. Meski demikian, kualitasnya tetap luar biasa. Ia sudah tampil dalam 5 laga dengan catatan 2 clean sheet.

5. Manuel Locatelli (Juventus)

5 Produk AC Milan yang Tampil Moncer di Klub Lain Musim Inipotret Manuel Locatelli (twitter.com/locamanuel73)

Melepas Manuel Locatelli  ke Sassuolo pada 2019 dinilai sebagai salah satu kesalahan terbesar AC Milan. Ia adalah gelandang potensial yang sudah menjadi bagian tim senior Rossoneri sejak 2016. Ia menorehkan 63 laga bagi AC Milan. Di Sassuolo, dia berkembang pesat menjadi salah satu yang terbaik di Italia. 

Locatelli bahkan menjadi bagian Timnas Italia saat menjuarai Piala Eropa 2020. Ia sempat mencetak brace ke gawang Swiss. Musim panas kemarin Juventus menebus gelandang 23 tahun itu dengan status pinjaman 2 musim dengan kewajiban membeli 35 juta euro atau Rp571 miliar. Di bawah asuhan Max Allegri, ia jadi andalan di lini tengah dan sudah menorehkan 2 gol dan 1 assist dari 8 laga Serie A.

Itulah deretan pemain lulusan akademi AC Milan yang musim ini justru bersinar bersama klub lain. Beberapa sudah dilepas secara permanen, tetapi dua di antaranya masih menjadi milik Rossoneri. Dengan perkembangan pesat bersama klub lain, mereka akan menjadi aset berharga AC Milan pada masa mendatang.

Baca Juga: 5 Pemain AC Milan yang Tampil Impresif di Level Timnas, Moncer!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya