AC Milan Dihantui Mimpi Buruk Jelang Akhir Musim 2022/2023

AC Milan terancam tanpa gelar

AC Milan berpotensi mengakhiri musim 2022/2023 secara menyedihkan. Sang juara bertahan Serie A Italia terancam tanpa gelar dan gagal lolos ke Liga Champions Eropa musim depan. Sebab, Rossoneri menduduki peringkat kelima di Serie A saat ini.

AC Milan juga tertinggal 0-2 dari Inter Milan jelang leg kedua semifinal Liga Champions 2022/2023. Ini menjadi mimpi buruk bagi pasukan Stefano Pioli. Padahal, mereka sempat digadang-gadang terbangun dari tidur panjangnya sebagai klub raksasa Eropa.

1. Performa buruk AC Milan dimulai pada paruh kedua musim

AC Milan Dihantui Mimpi Buruk Jelang Akhir Musim 2022/2023Malick Thiaw (acmilan.com)

Anak asuh Stefano Pioli telah menelan delapan kekalahan di Serie A 2022/2023. Torehan tersebut lebih buruk dari 2 musim terakhir. Performa mereka menurun drastis pada paruh kedua musim dengan raihan 6 kemenangan, 5 imbang, dan 5 kekalahan.

Ironisnya, AC Milan justru kerap gagal meraih poin sempurna kala melawan tim-tim kecil. Rossoneri bahkan baru saja dikalahkan Spezia yang berada di urutan ke-18 dengan skor 0-2 pada pekan ke-35.  Mereka juga hanya mampu bermain imbang melawan Cremonese, Empoli, dan Salernitana.

2. Misi sulit pada leg kedua semifinal Liga Champions Eropa

AC Milan Dihantui Mimpi Buruk Jelang Akhir Musim 2022/2023Aksi Brahim Diaz melawan Inter Milan di UCL 2022/2023. (uefa.com)

AC Milan secara mengejutkan tumbang 0-2 dari Inter Milan pada leg pertama semifinal Liga Champions di San Siro. Misi sulit kini diemban Theo Hernandez dkkMereka harus meraih kemenangan dengan selisih tiga gol demi lolos ke final. Namun, ini akan terasa sangat berat bagi Rossoneri.

Pasalnya, Inter Milan mengungguli AC Milan sepanjang 2022/2023. Inter Milan meraih 3 kemenangan, sedangkan AC Milan hanya meraih 1 kemenangan. Lebih buruk lagi, AC Milan gagal mencetak gol dari tiga duel terakhir melawan Inter Milan. Di sisi lain, ini adalah Liga Champions. Hanya sedikit tim yang mampu melakukan comeback usai tertinggal dua gol.

Baca Juga: Inter Milan Pertahankan Dominasi Atas AC Milan Musim Ini

3. Secercah harapan AC Milan di Serie A Italia

AC Milan Dihantui Mimpi Buruk Jelang Akhir Musim 2022/2023Skuad AC Milan menyapa fans usai pertandingan. (uefa.com)

Asa AC Milan demi meraih tiket Liga Champions 2023/2024 masih terbuka cukup lebar. Rossoneri memiliki tiga laga tersisa. Dua laga di antaranya menghadapi tim penghuni zona degradasi, Sampdoria dan Hellas Verona. Sedangkan, lawan berat bakal menanti pada pekan ke-37 saat bersua Juventus.

Stafano Pioli wajib meraih kemenangan sempurna pada tiga laga tersebut, sambil berharap Lazio dan Inter Milan tergelincir. Rossoneri sendiri terpaut empat poin dari Lazio. Mereka juga terpaut lima poin dari Inter Milan.

4. Posisi Stefano Pioli di ujung tanduk

AC Milan Dihantui Mimpi Buruk Jelang Akhir Musim 2022/2023Stefano Pioli (uefa.com)

Stefano Pioli dianggap bertanggung jawab atas keterpurukan AC Milan saat ini. Sang pelatih dinilai terlalu sering merotasi pemain ketimbang mempertahankan winning team. Kabar tentang masa depannya pun mulai dipertanyakan. Hasil pada akhir musim nanti diyakini akan menjadi penentu nasibnya.

Kontrak sang pelatih sendiri bakal berakhir pada 2025. Beberapa nama sudah bermunculan sebagai calon pengganti Stefano Pioli. Salah satunya Roberto De Zerbi yang sukes mengangkat performa Brighton & Hove Albion di English Premier League (EPL). Sementara, calon lainnya adalah Antonio Conte yang berstatus tanpa klub usai dipecat Tottenham Hotspur.

5. Tanpa gelar jadi mimpi buruk AC Milan pada 2022/2023

AC Milan Dihantui Mimpi Buruk Jelang Akhir Musim 2022/2023Sandro Tonali tampak frustrasi saat AC Milan melawan Inter Milan di UCL 2022/2023. (uefa.com)

AC Milan menjalani perjalanan yang buruk sepanjang 2022/2023. Sejauh ini, mereka telah kehilangan semua trofi di kompetisi domestik. Rossoneri disingkirkan Torino pada babak 16 besar Coppa Italia dan dipermalukan Inter Milan di Supercoppa Italia dengan skor 0-3. Scudetto juga sudah direbut Napoli sehingga AC Milan tidak bisa mendapatkannya.

Harapan di Liga Champions kini sangat tipis. Apalagi dengan kekalahan 0-2 dari rival sekota. Deretan mimpi buruk ini menjadi manifestasi adanya kekeliruan di dalam tubuh tim. Salah satunya strategi transfer yang buruk, gaya bermain tim yang mudah terbaca, dan kedalaman skuad yang belum mumpuni.

Musim 2022/2023 berjalan tak sesuai harapan bagi AC Milan. Mereka kehilangan gelar Serie A dan terancam gagal lolos ke Liga Champions musim depan. Namun, secercah harapan tersisa jelang akhir musim ini. Mereka masih memiliki tiga laga di Serie A dan penentuan melawan Inter Milan di semifinal Liga Champions.

Baca Juga: AC Milan Kena Semprot Suporter di Pinggir Lapangan

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya