Dikalahkan Crystal Palace, Tottenham Spurs Tersingkir dari FA Cup

Gugur di dua kompetisi dalam empat hari

Dampak absennya para pemain kunci kini mulai terasa di skuad Tottenham Hotspurs. Usai gugur di babak semifinal Carabao Cup, kini Tottenham harus tersingkir di babak empat FA Cup. Anak asuh Mauricio Pochettino harus menyerah 2-0 dari Crystal Palace melalui gol C.Wickham (9) A.Townsend (34 pen) pada Minggu malam (27/01).

Spurs pun menjadi klub asal London kedua yang harus gugur di babak keempat FA Cup setelah Arsenal yang kalah di tangan Manchester United sehari sebelumnya.

1. Jalannya pertandingan

Dikalahkan Crystal Palace, Tottenham Spurs Tersingkir dari FA Cuptwitter.com/CPFC

Tanpa Harry Kane dan Del Alli yang sedang alami cedera, Spurs tampil buruk saat bertandang ke Selhurst Park. Pochettino yang beberapa hari sebelumnya kalah dari Chelsea, melakukan banyak perubahan dalam skuadnya.

Dengan keterbatasan skuadnya saat ini, Spurs harus menerima akibatnya usai gawangnya dijebol Connor Wickham saat laga baru berjalan sembilan menit. Spurs mencoba merespon gol tersebut dengan penguasaan bola yang sangat masif. Namun alih-alih menyamakan kedudukan, Spurs justru diganjar tendangan penalti setelah Kyle Walker-Peters melakukan pelanggaran di kotak penalti.

Andros Townsend yang maju sebagai eksekutor berhasil menyelesaikan tugasnya dengan sempurna di menit ke-34. Tottenham sebenarnya memiliki kesempatan untuk memperkecil kedudukan usai mendapatkan hadiah penalti, sayangnya eksekusi Kieran Trippier meleset jauh dari gawang.

Di babak kedua, Spurs terus gencar memborbardir pertahanan lawan. Spurs bahkan menguasai 72 persen penguasaan bola dan melakukan 19 tendangan ke gawang lawan, sayang tak ada satu pun gol tercipta di sisa laga berkat kedisiplinan pertahanan Crystal Palace.

Kekalahan ini menjadi yang ketiga dalam empat laga terakhir Tottenham Hotspurs. Salah satu yang menjadi sebab adalah absennya para pemain kunci seperti Harry Kane, Dele Alli adan Son Heung-Min yang menjadi mesin gol mereka.

2. Pochettino: Yang terpenting saat ini adalah berada di The Big Four

Dikalahkan Crystal Palace, Tottenham Spurs Tersingkir dari FA CupGetty Image

Dalam empat hari terakhir, Tottenham Spurs harus langsung tersingkir di dua kompetisi. Hasil ini tentunya membuat sang pelatuh, Mauricio Pochettino kecewa dan mendapat kritikan dari media. Namun pelatih Argentina tersebut menyatakan dirinya tidak kehilangan fokus dan menegaskan jika target utama timnya musim ini adalah finish di posisi the big four.

Dia pun menyebutkan jika memenangkan trofi tak berarti langsung membuat timnya naik level. "Lagi-lagi kita akan berdebat apakah trofi akan membawa klub ke level berikutnya. Saya tidak setuju dengan itu. Itu hanya membangun ego Anda. Hal terpenting bagi Tottenham saat ini adalah selalu berada di empat teratas."

Saat ini tim-tim Liga Inggris memang dihadapkan dengan jadwal yang sangat ketat dimana mereka hampir bertanding dalam tiga laga dalam satu minggu. Pochettino pun mengakui jika musim ini sangatlah berat namun inilah tantangan sebenarnya bagi tim.

Tottenham sendiri saat ini masih bertengger di posisi ketiga klasemen Liga Inggris dengan selisih sembilan poin dari Liverpool. Sedangkan di babak 16 besar Liga Champions, merekatelah ditunggu lawan tangguh dari Jerman Borussia Dortmund. Meski akan berat, dua trofi tersisa Spurs hanyalah da kompetisi tersebut.

Baca Juga: MU Akan Hadapi Arsenal di FA Cup, Solksjaer: Fantastis!

3. Akan hadapi Wattford di pekan ke-24 tiga hari kemudian

Dikalahkan Crystal Palace, Tottenham Spurs Tersingkir dari FA Cupsportsclub.co.za

Jadwal ketat Spurs akan kembali tersaji tiga hari kemudian. Mereka akan menjamu tim peringkat tujuh, Wattford di Wembley Stadium dalam gelaran Liga Inggris. Laga ini akan sangat penting bagi Spurs untuk kembali bangkit dan meraih kemenangan.

Mauricio Pochettino pun mendapatkan angin segar setelah Son Heung-Min dikabarkan akan segera membela pasukannya usai Korea Selatan tersingkir di Piala Asia. Wattford sendiri akan menjadi tim yang tak akan mudah ditaklukan. Mereka belum terkalahkan dalam 6 laga terakhirnya, termasuk berhasil lolos ke babak kelima FA Cup usai kalahkan Newcastle United.

Di pertemuan pertama kedua tim, Wattford sendiri bahkan berhasil menaklukan Tottenham Hotspur dengan skor 2-1. Dengan masih pincangnya lini depan Spurs tanpa Dele Alli dan Harry Kane, Pochettino harus berpikir keras merancang strategi yang ampuh. Apalagi dengan kelelahan yang saat ini sedang dialami skuadnya. Mampukah mereka segera bangkit?

4. Cuplikan laga

https://www.youtube.com/embed/94fxwDUE7X4

Susunan Pemain:

Crystal Palace (4-3-3): 1-Julian Speroni; 2-Joel Ward, 34-Martin Kelly, 6-Scott Dann, 3-Patrick van Aanholt; 7-Maximilian Meyer, 8-Cheikhou Kouyaté, 15-Jeff Schlupp; 10-Andros Townsend, 21-Connor Wickham, 11-Wilfried Zaha

Tottenham Hotspur (3-4-2-1): 22-Paulo Gazzaniga; 21-Juan Foyth, 6-Davinson Sánchez, 5-Jan Vertonghen; 2-Kieran Trippier, 52-Oliver Skipp, 15-Eric Dier, 16-Kyle Walker-Peters; 14-Georges-Kévin Nkoudou, 27-Lucas Moura; 18-Fernando Llorente.

Baca Juga: Ini Dua Gol Crystal Palace yang membuat Tottenham Tersingkir 

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya