5 Fakta Menarik Pekan Ke-2 Serie A Italia, AS Roma Menjanjikan!

AS Roma raih kemenangan 1-0 untuk ke-8 kalinya

Serie A telah memainkan pertandingan kedua musim 2022/2023. Belum ada kejutan berarti yang terjadi. Klub-klub unggulan masih belum terkalahkan. Kendati demikian, ini sedikit memberikan gambaran menarik tentang persaingan juara yang akan berjalan sangat.

Salah satu tim unggulan, AS Roma, makin menunjukkan performa meyakinkan. Dengan skuad lebih kuat, mereka berpotensi mengganggu hegemoni duo tim asal Milan musim ini.

Simak dulu sederet fakta menarik lainnya yang menghiasi pekan kedua Serie A berikut ini, ya!

1. Duet Romelu Lukaku dan Lautaro Martinez kembali memakan korban

5 Fakta Menarik Pekan Ke-2 Serie A Italia, AS Roma Menjanjikan!Romelu Lukaku dan Lautaro Martinez (twitter.com/Inter_en)

Musim ini Inter Milan kembali diisi duet paling mematikan di Serie A, yaitu Romelu Lukaku dan Lautaro Martinez. Setelah mengalahkan Lecce pada pekan pembuka, duet ini kembali "memakan korban". Pada pekan kedua Serie A, giliran Spezia yang dibantai dengan skor 3-0, Minggu (21/8/2022). Gol pembuka Inter Milan dicetak oleh Lautaro Martinez yang mengonversi assist Romelu Lukaku dengan sempurna.

Sedangkan dua gol lainnya dicetak Hakan Calhanoglu dan Joaquin Correa. Menurut laporan Opta, Lukaku dan Lautaro Martinez menjadi satu-satunya striker yang saling memberikan assist paling tidak 10 assist masing-masing. Dengan kemenangan ini, Inter Milan menempati peringkat kedua klasemen sementara Serie A dengan 6 poin.

2. AC Milan dan Juventus gagal meraih kemenangan

5 Fakta Menarik Pekan Ke-2 Serie A Italia, AS Roma Menjanjikan!Atalanta vs. AC Milan (twitter.com/acmilan)

Pada pekan kedua AC Milan menghadapi lawan tangguh, Atalanta, Senin (22/8/2022). Bermain sebagai tim tamu, AC Milan berhasil menguasai jalannya pertandingan. Sayang, mereka sempat lengah dan harus dibayar mahal dengan gol lawan yang dicetak oleh Ruslan Malinovskyi. Namun, Ismael Bennacer keluar sebagai pahlawan lewat gol penyama skor pada menit ke-68.

Skor imbang juga diraih tim unggulan lainnya, Juventus. Si Nyonya Tua harus puas bermain tanpa gol di kandang Sampdoria, Selasa (23/8/2022). Dengan hasil ini, AC Milan dan Juventus sama-sama mengumpulkan 4 poin. Keduanya menempati urutan keempat dan kelima.

Baca Juga: 5 Pemain Anyar yang Mencetak Gol pada Debutnya di Serie A 2022/2023

3. Pesta gol, Napoli puncaki klasemen

5 Fakta Menarik Pekan Ke-2 Serie A Italia, AS Roma Menjanjikan!Victor Osimhen (twitter.com/en_sscnapoli)

Kehilangan banyak pemain bintang di bursa transfer musim panas 2022 nyatanya tak mengurangi kekuatan Napoli. Anak asuh Luciano Spaletti kembali berpesta gol dimana AC Monza menjadi korban kedua. Tim promosi Serie B tersebut dibantai dengan skor 4-0 lewat brace Khvicha Kvaratskhelia serta masing-masing gol Victor Osimhen dan Kim Min-jae, Minggu (21/8/2022).

Kemenangan ini membawa Napoli ke puncak klasemen sementara dengan 6 poin. Mereka unggul jumlah gol dari Inter Milan dengan koleksi 7 gol dan kebobolan 2 gol saja dari 2 pertandingan. Seperti musim lalu, Napoli tampil luar biasa pada awal kompetisi.

Namun, musim lalu posisi puncak lepas akibat inkonsistensi permainan pada paruh kedua musim. Faktor ini perlu menjadi tugas besar Spaletti pada Serie A 2022/2023 jika Napoli ingin bersaing memperebutkan gelar Scudetto.

4. Meski menang tipis, performa AS Roma menjanjikan

5 Fakta Menarik Pekan Ke-2 Serie A Italia, AS Roma Menjanjikan!selebrasi gol pemain AS Roma (twitter.com/OfficialASRoma)

AS Roma kembali meraih kemenangan pada pekan kedua, lagi-lagi dengan skor 1-0, Senin (22/8/2022). Kali ini giliran Cremonese yang menjadi korban keganasan Paulo Dybala dan kolega.

Menariknya, sejak diasuh Jose Mourinho, AS Roma sudah mengoleksi kemenangan dengan skor 1-0 sebanyak delapan kali. Ini adalah rekor terbanyak klub Serie A sejak Jose Mourinho kembali ke sepak bola Italia awal musim 2021/2022 lalu.

Kendati minim gol, jumlah tendangan ke arah gawang lawan AS Roma impresif, yaitu 47 percobaan dari dua laga. Trio penyerang yang diisi oleh Paulo Dybala, Tammy Abraham, dan Nicolo Zaniolo sangat padu.

Mereka hanya butuh waktu untuk akhirnya menjadi mesin gol mematikan. Dengan kemenangan ini, AS Roma menjadi tim ketiga yang meraih kemenangan sempurna dalam dua pekan bergulirnya Serie A 2022/2023. 

5. Musim perdana mengesankan Khvicha Kvaratskhelia

5 Fakta Menarik Pekan Ke-2 Serie A Italia, AS Roma Menjanjikan!Khvicha Kvaratskhelia (twitter.com/en_sscnapoli)

Kepergian Lorenzo Insigne tampaknya mulai bisa dilupakan fans Napoli. Pasalnya, posisi Insigne berhasil digantikan oleh pemain baru, Khvicha Kvaratskhelia. Pemain asal Georgia ini didatangkan dengan mahar 10 juta euro atau Rp148 miliar dari klub Dinamo Batumi.

Dampak Kvaratskhella pada awal musim luar biasa. Sejauh ini dia telah mencetak 3 gol dan 1 assist dari 2 laga. Catatan ini menempatkannya di urutan pertama top skor sementara Serie A, diikuti Ante Rebic dan Dusan Vlahovic yang masing-masing sudah mengoleksi 2 gol.

Langkah AS Roma dan Napoli sejauh ini cukup mengesankan. Kedua tim tersebut layak untuk diperhitungkan dalam bursa Scudetto Serie A 2022/2023. Menakar siapa yang jadi juara saat ini mungkin memang masih terlalu dini, namun, apa yang sejauh ini sudah ditunjukkan oleh kedua klub tersebut cukup meyakinkan.

Baca Juga: 5 Tim Kuda Hitam yang Layak Diwaspadai di Serie A Musim 2022/2023

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya