5 Kekalahan Terburuk yang Diderita Carlo Ancelotti Sepanjang Kariernya

Real Madrid baru saja dibantai Barcelona

Carlo Ancelotti adalah salah satu pelatih terbaik di dunia saat ini. Dia memiliki pengalaman panjang dengan melatih banyak klub raksasa. Pelatih asal Italia ini adalah pengoleksi tiga gelar Liga Champions bersama AC Milan dan Real Madrid.

Dia juga pemegang gelar Premier League, LaLiga, Ligue 1, Serie A dan Bundesliga. Musim panas 2021 kemarin dia kembali ke Real Madrid usai menangani Everton selama dua musim. Di antara rentetan prestasi yang dia ukir, Carlo Ancelotti juga tak lepas dari noda kekalahan terburuk. Berikut ini lima kekalahan terbesar yang pernah dia derita.

1. Manchester City Vs Everton: 5-0

5 Kekalahan Terburuk yang Diderita Carlo Ancelotti Sepanjang Kariernyapotret duel Manchester City vs Everton (premierleague.com)

Carlo Ancelotti ditunjuk menjadi pelatih Everton pada musim panas 2019 setelah dirinya lengser dari Napoli. Di bawah asuhannya, Everton finis di peringkat ke-10 pada musim 2020/2021. Musim itu pelatih asal Italia ini menelan kekalahan terburuk sepanjang kariernya.

The Toffies dibantai Manchester City dengan skor 5-0 pada pekan terakhir Premier League. Bagi Manchester City malam tersebut tampak sempurna. Pasca pesta gol di kandang sendiri, mereka juga diresmikan sebagai juara Premier League.

2. Real Madrid Vs Barcelona: 0-4

5 Kekalahan Terburuk yang Diderita Carlo Ancelotti Sepanjang Kariernyapotret pemain Barcelona melakukan selebrasi gol (twitter.com/FCBarcelona)

Real Madrid memutuskan untuk memulangkan Carlo Ancelotti pada musim panas 2021. Dia menggantikan Zinedine Zidane yang mengundurkan diri. Ancelotti berhasil membawa Real Madrid mendominasi LaLiga musim ini. Dia juga memenangkan pertemuan pertama laga El Clasico di Camp Nou dengan skor 1-2.

Saat itu Barcelona masih dilatih Ronald Koeman. Namun, mimpi buruk terjadi pada pekan ke-29 dalam laga kedua El Clasico di Santiago Bernabeu. Barcelona membalaskan dendam dengan skor telak 0-4 lewat racikan pelatih anyar mereka, Xavi Hernandez.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Real Madrid Saat Ini di Bawah Asuhan Carlo Ancelotti

3. AC Milan Vs Lazio: 4-0

5 Kekalahan Terburuk yang Diderita Carlo Ancelotti Sepanjang Kariernyapotret Paolo Maldini (acmilan.com)

AC Milan menjadi klub tersukses yang ditangani Carlo Ancelotti sepanjang kariernya. Dia mempersembahkan 2 trofi Liga Champions dan 1 Scudetto selama delapan musim menangani Rossoneri. Di antara torehan prestasi tersebut terdapat noda kekalahan terburuk sepanjang menangani AC Milan.

Mereka menelan kekalahan dari Lazio pada leg kedua semifinal Coppa Italia dengan skor 4-0. Semua gol tercipta bahkan di babak pertama. Lazio kemudian lolos ke final dan keluar sebagai juara dengan menundukan Juventus.

4. Real Madrid Vs Atletico Madrid: 4-0

5 Kekalahan Terburuk yang Diderita Carlo Ancelotti Sepanjang Kariernyapotret Antoine Griezmann (twitter.com/MARCAinENGLISH)

Carlo Ancelotti menangani Real Madrid selama dua periode. Pada periode pertama dia berhasil membawa klub meraih gelar Liga Champions ke-10 sepanjang sejarah. Namun, kariernya di sana pun tak lepas dari noda.

Kekalahan terburuk era tersebut datang dari tim sekota Atletico Madrid dengan skor 4-0. Itu terjadi di LaLiga pekan ke-22 musim 202014/2015. Musim itu Real Madrid pada akhirnya hanya menjadi runner up di bawah Barcelona dengan selisih dua poin saja.

5. Chelsea Vs Everton: 4-0

5 Kekalahan Terburuk yang Diderita Carlo Ancelotti Sepanjang Kariernyapotret Oliveir Giroud cetak gol kke gawang Everton (premierleague.com)

Keberadaan Carlo Ancelotti di Everton terbilang tidak spesial. Dia gagal memberikan kejutan di Premier League. Pada musim perdananya Everton hanya finis di peringkat ke-12. Mereka juga sempat menelan kekalahan telak dari Chelsea pada pekan ke-29 dengan skor 4-0.

Carlo Ancelotti hanya bertahan dua musim di Goodison Park. Pada musim panas 2021 dia memutuskan meninggalkan Everton dan menerima pinangan Real Madrid. Ini menjadi mimpi buruk bagi Everton karena mereka tampil buruk pasca ditinggalkan eks pelatih Bayern Munchen itu.

 

Jika melihat catatan sejarah sang pelatih, Carlo Ancelotti memiliki segudang pengalaman bersama tim besar. Dia juga satu dari sedikit pelatih yang mampu menjuarai empat liga top Eropa. Meski demikian, dia tidak lepas dari kekalahan besar yang menodai kariernya.

Baca Juga: 6 Kemenangan Barcelona dengan Skor Besar sejak Dilatih Xavi Hernandez

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya