5 Klub Top Eropa yang Berpotensi Tersingkir di Fase Grup UCL 2022/2023

Tiga tim Spanyol terancam gagal lolos dari fase grup

Liga Champions Eropa (UCL) 2022/2023 berjalan sangat menarik. Hingga matchday keempat, 5 klub telah memastikan tiket ke babak 16 besar. Mereka adalah Manchester City, Real Madrid, Bayern Munich, Napoli, dan Club Brugge.

Fase grup kini menyisakan dua pertandingan. Itu menjadi kabar buruk bagi beberapa klub besar karena mereka berpotensi tersingkir lebih cepat.

Siapakah yang menjadi klub top Eropa yang berpotensi tersingkir di fase grup UCL 2022/2023?

1. Sevilla

5 Klub Top Eropa yang Berpotensi Tersingkir di Fase Grup UCL 2022/2023Ivan Rakitic (uefa.com)

Sevilla tidak hanya terpuruk di LaLiga Spanyol, tetapi juga di UCL musim ini. Mereka belum sekali pun meraih kemenangan dengan torehan 2 poin dari 4 laga. Saat ini, mereka menduduki peringkat ketiga di bawah Manchester City dan Borussia Dortmund.

Grup G sendiri menyisakan satu tiket ke fase gugur. Peluang mereka untuk lolos sangatlah kecil. Sevilla harus memenangi dua laga tersisa sembari berharap Dortmund menelan kekalahan pada dua laga tersebut. Kedua tim saat ini berjarak lima poin.

2. Atletico Madrid

5 Klub Top Eropa yang Berpotensi Tersingkir di Fase Grup UCL 2022/2023Atletico Madrid vs Club Brugge (uefa.com)

Atlletico Madrid hanya mampu meraih satu poin melawan Club Brugge pada matchday keempat. Torehan ini membuat klub asal Belgia memastikan satu tiket lolos ke babak 16 besar. Sedangkan, satu tiket tersisa akan menjadi rebutan antara Atletico Madrid dan Porto.

Anak asuh Diego Simeone saat ini menduduki peringkat ketiga dengan selisih dua poin dari Porto yang ada di atasnya. Peluang mereka cukup terbuka, tetapi akan sangat sulit. Atletico Madrid akan bertandang ke Porto pada laga berikutnya sebelum menjamu Bayer Leverkusen pada laga pemungkas.

Baca Juga: Start Buruk Klub Serie A di Fase Grup UCL 2022/2023, Sejarah Berulang?

3. AC Milan

5 Klub Top Eropa yang Berpotensi Tersingkir di Fase Grup UCL 2022/2023Olivier Giroud (uefa.com)

Dua kekalahan beruntun dari Chelsea membuat AC Milan terjebak di peringkat ketiga dengan empat poin. Semua klub di Grup E memiliki kesempatan sama untuk lolos ke babak berikutnya.

Chelsea memuncaki klasemen dengan raihan tujuh poin. Dua laga tersisa melawan RB Salzburg dan Dynamo Zagreb akan menentukan langkah anak asuh Stefano Pioli. AC Milan tidak boleh terpeleset sedikit pun jika tak ingin mengulangi nasib musim lalu, yang akhirnya terpuruk di dasar klasemen.

4. Barcelona 

5 Klub Top Eropa yang Berpotensi Tersingkir di Fase Grup UCL 2022/2023Robert Lewandowski (uefa.com)

Barcelona gagal meraih kemenangan atas Inter Milan setelah laga berakhir 3-3 pada matchday keempat UCL. Hasil ini membuat anak asuh Xavi berjarak tiga poin dari Inter Milan yang duduk sebagai runner-up. 

Sementara itu, Bayern Munich telah memastikan satu tiket ke babak 16 besar. Nasib Barcelona kini berada di tangan Inter Milan. Jika Blaugrana berhasil menang pada dua laga berikutnya, itu tidak akan berguna jika Inter Milan juga meraih kemenangan yang sama.

5. Juventus 

5 Klub Top Eropa yang Berpotensi Tersingkir di Fase Grup UCL 2022/2023Dusan Vlahovic (uefa.com)

Juventus secara mengejutkan kalah 0-2 dari klub Israel, Maccabi Haifa. Akibatnya, mereka baru mengumpulkan 3 poin dengan 2 laga tersisa. Sementara itu, Paris Saint-Germain dan Benfica sama-sama telah mengoleksi delapan poin.

Dua klub tersebut akan menjadi lawan Juventus berikutnya. Jika berhasil meraih kemenangan, mereka belum tentu lolos ke babak selanjutnya. Juventus harus berharap kepada Dewi Fortuna agar dua rivalnya juga terpeleset saat melawan Maccabi Haifa.

Akan sangat disayangkan jika lima klub besar di atas gagal lolos ke babak 16 besar. Mereka memilki sejarah besar di Liga Champions Eropa. Namun, kesempatan masih terbuka bagi mereka. UCL selalu menghadirkan kejutan-kejutan dan sangat mungkin lima klub di atas bisa membalikan keadaan.

Baca Juga: Menilik Peluang Klub Serie A Italia di Fase Grup UCL 2022/2023

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya