Menanti Revolusi Juventus pada Bursa Transfer Musim Panas 2023

Bakal meniru kesuksesan Napoli musim lalu

Juventus kehilangan dominasinya di Serie A Italia sejak 3 musim terakhir. Mereka justru terlilit berbagai masalah internal yang merugikan tim. Puncaknya, Bianconeri dihukum pemotongan sepuluh poin di Serie A 2022/2023. Mereka pun hanya finis di urutan ketujuh.

Manajemen klub kini bakal berbenah besar-besaran menjelang musim baru 2023/2024. Tidak hanya merombak skuad inti, tetapi juga tubuh manajemen klub. Akan sangat menarik menanti revolusi Juventus pada bursa transfer musim panas 2023.

1. Menunjuk Cristiano Guintoli sebagai direktur olahraga

Menanti Revolusi Juventus pada Bursa Transfer Musim Panas 2023Cristiano Giuntoli (juventus.com)

Juventus memulai revolusi dengan menunjuk Cristiano Guintoli sebagai direktur olahraga yang baru. Ia diikat dengan durasi kontrak selama 5 tahun. Ia bakal diberi misi untuk membangun ulang skuad Juventus setelah berakhirnya era kepemimpinan Andrea Agnelli.

Guintoli sendiri bukan orang sembarangan. Ia adalah sosok penting di balik kesuksesan Napoli meraih scudetto pada 2022/2023 lalu. Ialah yang berperan penting mendatangkan pemain-pemain potensial Napoli, seperti Khvicha Kvaratskhelia, Kim Min Jae, dan Victor Osimhen.

2. Meniru kesuksesan Napoli pada 2022/2023

Menanti Revolusi Juventus pada Bursa Transfer Musim Panas 2023Juventus vs Napoli (juventus.com)

Di bawah Cristiano Giuntoli, Juventus diyakini bakal meniru strategi transfer Napoli pada musim lalu. Saat itu, Il partinopei ditinggal banyak pemain bintangnya, seperti Kalidou Koulibaly, Fabian Ruiz, Lorenzo Insigne, dan Dries Mertens. Namun, itu justru jadi titik kebangkitan mereka.

Guintoli mendaratkan sembilan pemain potensial dengan total biaya 76 juta euro atau Rp1,2 triliun. Transfer cerdas tersebut langsung membuahkan trofi Serie A 2022/2023. Khvicha Kvaratskhelia jadi pembelian terbaik lewat kontribusi 14 gol dan 17 assist dari 43 laga.

Sementara itu, Kim Min Jae baru saja dilepas ke Bayern Munich dengan harga 60 juta euro atau Rp997 miliar. Padahal, Napoli sendiri hanya mengeluarkan biaya 18 juta euro atau Rp299 miliar dari Fenerbahche pada 2022 lalu.

Baca Juga: 4 Pemain yang Dibeli Juventus pada Musim Panas 2023

3. Juventus mulai bersih-bersih pemain

Menanti Revolusi Juventus pada Bursa Transfer Musim Panas 2023Paul Pogba (twitter.com/paulpogba)

Juventus bakal melakukan perombakan besar skuad utama pada musim panas 2023. Bianconeri sejauh ini telah melepas dua pemain, yakni Angel Di Maria dan Juan Cuadrado, setelah tidak memperpanjang kontrak mereka. Beberapa nama lainnya juga di ambang pintu keluar Allianz Stadium.

Juventus dilaporkan akan menjual para pemain yang tidak memberikan dampak signifikan. Mereka adalah Winston McKennie, Denis Zakaria, dan Arthur Melo yang menjalani masa peminjaman di English Premier League (EPL) musim lalu. Tak hanya itu, pemain top seperti Paul Pogba dam Leonardo Bonucci dilaporkan akan dilepas pada musim panas ini.

4. Baru datangkan satu pemain baru

Menanti Revolusi Juventus pada Bursa Transfer Musim Panas 2023Timothy Weah (tengah) (instagram.com/timothyweah)

Juventus masih pasif pada bursa transfer musim panas 2023. Mereka baru mendatangkan satu pemain, yaitu Timothy Weah. Ia didatangkan dari OGC Nice dengan mahar 11 juta euro atau Rp183 milyar. Anak dari George Weah ini diplot sebagai pengganti Juan Cuadrado di posisi sayap kanan.

Sementara itu, tiga pemain pinjaman telah resmi dipermanenkan. Mereka adalah Arkadiusz Milik, Manuel Locatelli, dan Moise Kean. Bianconeri total telah mengeluarkan dana 77,6 juta euro atau Rp1,3 triliun untuk mengamankan jasa empat pemain. Tidak kalah penting, Juventus juga berhasil mengamankan Adrien Rabiot dengan kontrak baru.

5. Deretan pemain top yang masuk radar transfer klub

Menanti Revolusi Juventus pada Bursa Transfer Musim Panas 2023Mohamed Salah berduel dengan Aymeric Laporte. (liverpoolfc.com)

Juventus telah memiliki daftar pemain incaran pada musim panas ini. Salah satu target utama adalah bek Manchester City, Aymeric Laporte. Ia akan diplot sebagai suksesor Leonardo Bunucci yang telah dimakan usia. Bek asal Spanyol itu kabarnya dibanderol dengan harga 30 juta euro atau Rp499 miliar.

Bianconeri juga berencana memperkuat lini serang dengan mengincar dua gelandang top, Sergej Milinkovic-Savic dan Thomas Partey. Kedua pemain kabarnya tertarik untuk berkostum Si Nyonya Tua. Juventus juga dikaitkan dengan Nicolo Zaniolo yang bakal diplot sebagai pengganti Angel Di Maria.

Juventus berambisi untuk kembali merebut gelar juara Serie A pada 2023/2024. Misi ini dimulai dengan mendatangkan direktur olahraga berpengalaman dalam diri Cristiano Guintoli. Ia kini harus membangun ulang skuad agar mampu kompetitif menjelang musim baru.

Baca Juga: 5 Pemain Italia Termahal yang Pernah Direkrut oleh Juventus

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya