Comscore Tracker

Menilik Persaingan Juara Serie A Musim 2022/2023, Bakal Sengit!

AS Roma masuk bursa juara terkuat!

Dua musim terakhir Serie A Italia berjalan sangat menarik. Juventus tidak lagi menjadi penguasa tunggal. Dominasi mereka berhasil diruntuhkan duo Milan. Jelang musim 2022/2023 dihelat, persaingan meraih Scudetto tampaknya akan lebih sengit.

Ini tidak lepas dari aktifnya klub-klub Serie A pada bursa transfer musim panas. Lalu, sejauh manakah persiapan para tim unggulan? Yuk disimak ulasannya.

1. Tak banyak perubahan di skuad utama, upaya AC Milan pertahankan gelar akan berat

Menilik Persaingan Juara Serie A Musim 2022/2023, Bakal Sengit!Para pemain AC Milan melakukan selebrasi gol. (acmilan.com)

Berstatus juara bertahan, langkah AC Milan di bursa transfer musim panas tidak begitu agresif. Mereka hanya mendatangkan dua pemain asal Belgia, yaitu Divock Origi dan Charles De Ketelaere. Stefano Pioli masih akan bertumpu pada skuad musim lalu.

Kondisi ini cukup mengkhawatirkan karena AC Milan belum menemukan pengganti sepadan untuk Franck Kessie dan Alessio Romagnoli. Mereka juga akan kehilangan Zlatan Ibrahimovic yang sedang mengalami perawatan dan akan absen cukup panjang.

Jika melihat kualitas skuad, perjuangan mereka musim ini akan lebih berat. Pasalnya, para tim pesaing sangat aktif di bursa transfer dan memiliki kualitas lebih baik.

2. Juventus dan Inter Milan pulangkan pemain bintang, mereka jadi pesaing utama AC Milan

Menilik Persaingan Juara Serie A Musim 2022/2023, Bakal Sengit!Paul Pogba (twitter.com/paulpogba)

Inter Milan dan Juventus diprediksi masih akan menjadi pesaing utama AC Milan meraih Scudetto musim ini. Kedua tim bergerak aktif di bursa transfer dengan mendatangkan deretan pemain bintang.

Juventus resmi menghadirkan Paul Pogba, Angel Di Maria, dan Bremer sebagai suksesor Paulo Dybala dan Matthijs de Ligt. Mereka bahkan masih akan kedatangan beberapa pemain lagi sebelum jendela transfer ditutup akhir Agustus ini.

Inter Milan juga tak kalah garang dengan pulangnya Romelu Lukaku dan hadirnya Andre Onana serta Henrikh Mkhitaryan. Dengan skuad ini, Inter Milan siap untuk kembali merebut trofi yang sempat mereka raih dua tahun lalu.

Baca Juga: Juventus Inginkan Memphis Depay Sebelum Serie A Bergulir

3. Jose Mourinho rombak skuad, AS Roma siap berikan kejutan

Menilik Persaingan Juara Serie A Musim 2022/2023, Bakal Sengit!para pemain AS Roma melakukan selebrasi gol (twitter.com/OfficialASRoma)

AS Roma tak boleh dikesampingkan pada bursa juara Serie A musim 2022/2023. Pasalnya Jose Mourinho melakukan perombakan skuad cukup signifikan agar lebih kompetitif. Mereka sejauh ini telah mendaratkan lima pemain berpengalaman, yaitu Nemanja Matic, Paulo Dybala, Zeki Celki, Mile Svilar, dan Georginio Wijnaldum.

Hadirnya mereka diharapkan mampu meningkatkan mentalitas juara Serigala Ibu Kota. Apalagi, AS Roma saat ini berstatus juara bertahan Conference League. Ini akan menjadi bekal sangat penting bagi sebuah tim jika ingin menjadi juara.

Jose Mourinho kini akan memiliki duet mematikan di lini serang lewat trio Nicolo Zaniolo, Tammy Abraham, dan Paulo Dybala. Lewat tangan dingin Mourinho, trio ini akan memperbesar peluang juara AS Roma.

4. Jangan lupakan tim kuda hitam

Menilik Persaingan Juara Serie A Musim 2022/2023, Bakal Sengit!para pemain Napoli melakukan selebrasi gol (twitter.com/victorosimhen9)

Jangan lupakan pula para tim kuda hitam, seperti Napoli, Atalanta, dan Lazio. Mereka akan menjadi batu sandungan yang berbahaya. Mereka tak hanya memiliki skuad mumpuni, tetapi juga ditangani pelatih dengan pengalaman segudang. 

Catatan mereka lima musim terakhir pun cukup menterang dengan selalu menempati posisi empat besar. Musim ini Napoli lebih layak disebut tim kuda hitam karena banyak ditinggal pemain inti, seperti David Ospina, Kalidou Koulibaly, Lorenzo Insigne, dan Dries Mertens. Di sisi lain, Lazio kedatangan eks kapten AC Milan, Alessio Romagnoli, yang bakal menambah kekuatan di lini pertahanan.

5. Menantikan kejutan tim-tim promosi

Menilik Persaingan Juara Serie A Musim 2022/2023, Bakal Sengit!selebrasi gol para pemain AC Monza (twitter.com/ACMonza)

Satu hal yang tidak kalah menarik dari persaingan calon tim juara adalah eksistensi tim-tim promosi, yaitu Lecce, Cremonese, dan AC Monza. Hanya Lecce yang memiliki pengalaman cukup di Serie A. Mereka terakhir kali tampil pada musim 2019/2020. 

Sementara itu, Cremonese dan AC Monza bisa dibilang tim debutan di era sepak bola modern. Namun, ini bisa menjadi motivasi bagi mereka untuk menciptakan kejutan pada musim ini. Mereka tentu tak ingin hanya menjadi tim penggembira saja.

AC Monza yang dimiliki oleh Silvio Berlusconi bahkan sangat serius membentuk skuad mumpuni. Mereka mendatangkan pemain berpengalaman, seperti Andrea Ranocchia, Matteo Pessina, dan Stefano Sensi.

 

Serie A musim 2022/2023 menjanjikan sebuah persaingan yang sangat menarik. Perebutan juara diprediksi tidak hanya akan mengerucut pada duo Milan tapi juga melibatkan tim-tim, seperti AS Roma dan Napoli. Tak hanya itu, Juventus pun berambisi bangkit kembali merebut takhta yang sempat hilang dua musim terakhir.

Baca Juga: Menunggu Potensi Ledakan AC Monza di Ajang Serie A 2022/2023

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya