Performa Mengesankan, Momen Tepat Tottenham Hotspur Meraih Gelar!

Spurs bisa mengikuti langkah Inter Milan era Conte

Terakhir kali Tottenham mengangkat trofi terjadi pada 2008 silam ketika menjuarai Piala Liga. Asa fans The Lilywhite untuk melihat tim kesayangannya memutus puasa gelar kini terbuka lebar.

Harapan tersebut berada di bawah tangan yang tepat, Antonio Conte. Di bawah asuhannya, Tottenham memulai Premier League musim ini dengan apik. Spurs meraih 7 poin dari 3 laga awal. Lebih dari itu, apa yang sedang di bangun Conte saat ini sangat progresif dan meyakinkan. Untuk itu, sudah saatnya bagi Tottenham meraih gelar pada musim ini.

1. Rencana Antonio Conte didukung penuh manajemen

Performa Mengesankan, Momen Tepat Tottenham Hotspur Meraih Gelar!Antonio Conte (premierleague.com)

Antonio Conte adalah sosok pelatih yang dikenal banyak menuntut untuk memenuhi ambisinya meraih gelar. Namun, hal ini selaras dengan prestasi yang dia persembahkan. Tuntutan ini tampaknya dipahami CEO Tottenham, Daniel Levy, yang dikenal pelit mengeluarkan dana besar.

Sejauh ini Spurs telah menggelontorkan dana 150 juta euro atau sekitar Rp2,2 triliun untuk memenuhi permintaan Antonio Conte membentuk skuad yang kompetitif. Dana itu digunakan untuk mendatangkan sederet pemain top, seperti Dejan Kulusevski, Yves Bissouma, dan Richarlison. Sementara itu, Ivan Perisic didatangkan secara gratis.

2. Start meyakinkan, tapi tak boleh lengah

Performa Mengesankan, Momen Tepat Tottenham Hotspur Meraih Gelar!Ben Davies dan rekan-rekannya melakukan selebrasi gol (tottenhamhotspur.com)

Dukungan dari manajemen ini menciptakan situasi yang positif di tubuh klub. Dampak revolusi Antonio Conte cukup signifikan di tiga laga awal Premier League. Tottenham belum terkalahkan dengan torehan 2 kemenangan dan sekali imbang. Namun, mereka tak boleh lengah.

Catatan Spurs musim lalu di tiga awal laga lebih luar biasa dengan tiga kemenangan beruntun di bawah asuhan Nuno Santos. Namun, setelahnya mereka harus menelan tiga kekalahan beruntun. Meningkatkan stabilitas dan mentalitas inilah yang menjadi tugas besar Antonio Conte musim ini.

Baca Juga: 4 Pemain Tottenham Hotspur Dilarang Latihan, Kode Dijual?

3. Mengikuti jejak Inter Milan

Performa Mengesankan, Momen Tepat Tottenham Hotspur Meraih Gelar!selebrasi gol para pemain Tottenham Hotspurs (

Antonio Conte selalu berhasil mempersembahkan gelar bagi tiga klub terakhir yang dia tangani, yaitu Juventus, Chelsea, dan Inter Milan. Tottenham perlu berkaca pada apa yang dilakukan Inter Milan. Manajemen klub memberikan kebebasan pada Antonio Conte untuk membentuk timnya dan bersabar.

Mereka mendatangkan pemain top, seperti Romelu Lukaku, Achraf Hakimi, Nicolo Barella, dan Alexis Sanchez. Kesabaran mereka berbuah trofi Scudetto pada musim kedua Antonio Conte. Hebatnya adalah itu merupakan trofi perdana setelah puasa gelar selama 11 tahun. 

Hal yang sama bisa teradi pada Tottenham musim ini. Mereka hanya butuh untuk percaya pada proses yang sedang dibangun Antonio Conte. Cepat atau lambat revolusi ini bisa berbuah trofi.

4. Bakal tampil di empat kompetisi, Spurs harus tentukan prioritas

Performa Mengesankan, Momen Tepat Tottenham Hotspur Meraih Gelar!Son Heung Min dan Richarlison (premierleague.com)

Musim ini Tottenham bakal bermain di empat kompetisi sekaligus, yaitu Premier League, FA Cup, Piala Liga, dan Liga Champions. Dengan jadwal yang akan sangat padat dan kedalaman skuad saat ini, mereka harus menentukan prioritas.

Peluang cukup terbuka di ajang domestik, sementara di Liga Champions akan cukup sulit. Pasalnya, mereka telah absen dua musim terakhir. Musim lalu langkah terjauh pasukan Antonio Conte adalah semifinal Piala Liga. Sementara itu, di FA Cup mereka tersisih lebih awal, yakni di babak kelima.

5. Klub-klub unggulan sedang anjlok, kesempatan emas bagi Tottenham meraup poin maksimal

Performa Mengesankan, Momen Tepat Tottenham Hotspur Meraih Gelar!Kalidou Koulibaly diganjar kartu merah (premierleague.com)

Meski baru memainkan tiga laga awal, Premier League telah menghadirkan banyak kejutan. Salah satunya adalah anjloknya performa tim-tim besar, seperti Manchester United, Liverpool, dan Chelsea.

Kesempatan ini tidak boleh disia-siakan pasukan The Lilywhite untuk meraup poin maksimal. Pesaing terkuat sejauh ini adalah Arsenal yang menjadi satu-satunya tim dengan kemenangan sempurna dan sang juara bertahan, Manchester City.

Di Premier League, perbedaan satu poin terkadang memberikan perbedaan besar. Jika konsistensi dan kesempatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Antonio Conte, bukan tak mungkin musim ini mereka akan memutus dahaga gelar.

 

Musim ini Tottenham memiliki berbagai faktor utama untuk bisa meraih gelar. Skuad inti pun masih berpeluang diisi pemain baru sebelum jendela transfer ditutup. Kunci utama saat ini adalah konsistensi.

Baca Juga: Tottenham Susah Payah Sikat Wolves di Kandang Sendiri

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya