5 Pemain Terakhir yang Dilepas Ajax ke Klub Bundesliga

Ajax baru saja melepas tiga pemain inti

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Ajax dianggap sebagai klub dengan tim akademi terbaik. Sepanjang sejarah klub, mereka telah melahirkan banyak bintang berkelas dunia. Sebut saja Johan Cruyff, Marco van Basten, hingga Matthijs de Ligt.

Tak hanya itu, mereka juga selalu berhasil mengorbitkan pemain potensial menjadi calon bintang. Tidak mengherankan para pemain Ajax kerap menjadi rebutan klub-klub Eropa, termasuk Bundesliga. Terbaru, Ajax ditinggal striker utamanya, Sebastien Haller, menuju Borussia Dortmund. Termasuk sang pemain, berikut lima pemain terakhir Ajax yang hijrah ke Bundesliga.

1. Sebastien Haller

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Ajax ke Klub BundesligaSebastien Haller (twitter.com/HallerSeb)

Sebastien Haller didatangkan Ajax dari West Ham pada Januari 2021 dengan harga 22,5 juta euro atau Rp339 miliar. Ini menjadi titik kebangkitan sang striker usai performa tidak mengesankan selama berkostum The Hammers.

Pemain asal Pantai Gading ini tampil sangat luar biasa sepanjang musim lalu bersama Ajax. Dia menorehkan 34 gol dari 42 laga di semua ajang. Performa apik ini membuat Borussia Dortmund menebusnya dengan harga 31 juta euro atau Rp567 miliar. Dia dinilai sebagai pengganti yang sepadan untuk Erling Haaland.

2. Ryan Gravenberch

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Ajax ke Klub BundesligaRyan Gravenberch (fcbayern.com)

Ryan Gravenberch adalah salah satu rising star di Eropa sepanjang musim 2021/2022. Dia merupakan salah satu produk terbaik akademi Ajax saat ini. Gelandang 20 tahun ini telah memainkan 101 laga dan mempersembahkan tiga gelar Eredivisi.

Dilirik banyak klub besar Eropa, pemain asal Belanda ini memutuskan untuk gabung Bayern Munich pada bursa transfer musim panas 2022. Dia ditebus dengan harga 18,5 juta euro atau sekitar Rp278 miliar dengan durasi kontrak lima tahun.

Baca Juga: 5 Pemain Belanda yang Bela Bayern Munchen Sebelum Ryan Gravenberch

3. Noussair Mazraoui

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Ajax ke Klub BundesligaNoussair Mazraoui (bayernstrikes.com)

Noussair Mazraoui menjadi lulusan akademi Ajax lainnya yang bergabung dengan Bayern Munich musim panas 2022 ini. Raksasa Jerman itu mendapatkan sang bek kanan dengan cuma-cuma. Sebelumnya dia juga menjadi incaran AC Milan dan Barcelona. 

Pemain asal Maroko ini adalah sosok yang bisa bermain di banyak posisi, termasuk gelandang. Dia telah memainkan 136 laga dengan torehan 10 gol dan 9 assist. Pemain 24 tahun ini menandatangani kontrak selama 4 tahun di Bayern.

4. Jurgen Ekkelenkamp

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Ajax ke Klub BundesligaJurgen Ekkelenkamp (twitter.com/Bundesliga_EN)

Jurgen Ekkelenkamp adalah produk akademi Ajax yang bermain di posisi gelandang serang. Dia menembus tim utama pada 2019 lalu dan telah memainkan 40 laga dengan torehan 6 gol.

Dinilai potensial, Herta Berlin mendaratkan sang pemain pada musim panas 2021. Dia ditebus dengan harga 3 juta euro saja. Dia bermain dalam 22 laga dengan torehan 3 gol pada musim perdananya. Herta Berlin sendiri berhasil bertahan di Bundesliga usai menang atas Hamburg lewat jalur play-off.

5. Klaas-Jan Huntelaar

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Ajax ke Klub BundesligaKlaas-Jan Huntelaar (bundesliga.com)

Klaas-Jan Huntelaar adalah sosok yang telah malang melintang di kompetisi top Eropa. Dia sempat membela Real Madrid, AC Milan, dan Schalke 04 sebelum kembali ke Ajax pada musim panas 2017.

Pada periode keduanya di Ajax, Klaas-Jan Huntelaar berhasil persembahkan dua gelar Eredivisi. Pada Januari 2021 dia memutuskan kembali ke Schalke demi membantu mantan klubnya keluar dari zona degradasi. Namun, hal itu gagal terwujud. Dia kemudian memutuskan gantung sepatu di akhir musim.

 

Ajax tidak hanya klub tersukses di Belanda, tetapi juga tim pencetak bakat-bakat hebat. Sepanjang sejarah sepak bola, mereka telah menyalurkan banyak pemain bintang ke klub-klub besar di Eropa. Hebatnya, mereka selalu menemukan pengganti yang sepadan.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Membela PSV Eindhoven dan Ajax Amsterdam

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya