Comscore Tracker

5 Pemain Terakhir Anderlecht yang Dilepas ke Klub Top Eropa

Para pemain potensial!

Anderlecht mungkin hanya dinilai sebagai underdog di kompetisi Eropa. Namun, klub sepak bola asal Belgia ini adalah gudangnya pemain berbakat. Satu dekade terakhir mereka kerap mengorbitkan pemain potensial yang jadi rebutan klub-klub top Eropa.

Terbaru, Sergio Gomez dipastikan akan gabung Manchester City musim panas 2022 ini. Termasuk sang bek kiri, berikut lima pemain terakhir Anderlecht yang dilepas ke klub-klub raksasa Eropa.

1. Lucas Biglia

5 Pemain Terakhir Anderlecht yang Dilepas ke Klub Top EropaLucas Biglia (twitter.com/acmilan)

Nama Lucas Biglia dikenal publik ketika berkarier di Italia bersama Lazio dan AC Milan. Namun, tidak banyak yang tahu jika kariernya di Eropa dimulai bersama Anderlecht. Dia direkrut dari klub Argentina, Independiente pada musim panas 2006 hanya dengan harga 6 juta euro saja.

Lucas Biglia mencatatkan 303 pertandingan dan mempersembahkan 4 gelar Liga Belgia selama 7 tahun di sana. Pada musim panas 2013, dia dibeli Lazio dengan harga 8,5 juta euro dan menjadi pemain kunci di lini tengah. Namun, dia memutuskan hijrah setelah muncul tawaran dari AC Milan pada 2017 lalu.

Dia ditebus dengan harga 20 juta euro atau sekitar Rp299 miliar. Pemain 39 tahun masih aktif bermain saat ini. Dia baru saja bergabung dengan klub Turki, Istanbul Basaksehir.

2. Youri Tielemans

5 Pemain Terakhir Anderlecht yang Dilepas ke Klub Top EropaYouri Tielemans (twitter.com/LCFC)

Youri Tielemans saat ini dianggap sebagai salah satu gelandang top Premier League. Sebelum tampil apik di Leicester City, dia mengawali karier profesionalnya bersama Anderlecht. Dia menorehkan 185 laga dengan catatan 35 gol dan 31 assists.

Bakat besarnya ditemukan oleh pemandu bakat AS Monaco pada musim panas 2017. Dia dibeli dengan harga 25 juta euro atau Rp374 miliar. Permainannya semakin terasah, pada Januari 2019 dia dipinjamkan ke Leicester selama 6 bulan sebelum dipermanenkan dengan harga 45 juta euro atau Rp674 miliar.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Top yang Ternyata Lulusan Akademi RSC Anderlecht

3. Alexis Saelemaekers

5 Pemain Terakhir Anderlecht yang Dilepas ke Klub Top EropaAlexis Saelemaekers (instagram.com/alexis.saelemaekers)

Alexis Saelemaekers adalah produk asli akademi Anderlecht. Dia sosok pemain potensial dengan kemampuan bermain di banyak posisi. Pada musim dingin 2020, AC Milan memboyongnya dengan status pinjaman.

Awalnya dia diplot sebagai fullback sebagai pesaing Davide Calabria, tapi dia berkembang menjadi seorang winger di AC Milan. Tampil meyakinkan, Rossoneri mempermanenkan statusnya pada akhir musim dengan biaya total 8,5 juta euro atau sekitar Rp127 miliar.

Dia telah mencatatkan 102 laga dan menjadi bagian penting tim meraih Scudetto musim 2021/2022. Perkembangan kariernya di AC Milan membuat dia dipanggil Timnas Belgia. Dia sudah memainkan 9 laga dengan torehan 1 gol.

4. Albert Sambi Lokonga

5 Pemain Terakhir Anderlecht yang Dilepas ke Klub Top EropaAlbert Sambi Lokonga (premierleague.com)

Musim panas 2021 kemarin Arsenal menjadi salah satu klub terboros di bursa transfer. Salah satu pemain yang didatangkan adalah Albert Sambi Lokonga. Dia ditebus dari Anderlecht dengan harga 17,5 juta euro atau sekitar Rp262 miliar.

Bermain di posisi gelandang serang, pemain 22 tahun ini belum mendapatkan kepercayaan penuh dari Mikel Arteta. Dia diplot sebagai pemain lapis kedua dan baru memainkan 25 laga tanpa mencetak satu pun gol dan assist.

5. Sergio Gomez

5 Pemain Terakhir Anderlecht yang Dilepas ke Klub Top EropaSergio Gomez (twitter.com/sergiogm_10)

Sergio Gomez baru bergabung dengan Anderlecht pada musim panas 2021 kemarin. Dia direkrut dari Borussia Dortmund hanya dengan harga 1,5 juta euro. Hebatnya, dia langsung tampil impresif pada musim perdananya. Berposisi bek kiri, dia tampil dalam 50 laga dengan torehan 5 gol dan 12 assists.

Catatan ini yang membuat Manchester City mendaratkan sang bek musim panas ini. Menurut laporan Fabrizio Romano, dia ditebus dengan harga sekitar 15 juta euro atau Rp225 miliar. Pemain asal Spanyol ini diplot sebagai pengganti Oleksandr Zinchenko yang hijrah ke Arsenal. 

 

Mengawali karier di Anderlecht menjadi pilihan terbaik bagi lima pemain di atas. Potensi besar mereka berhasil digali dan terus berkembang. Hal ini yang membuat klub-klub top Eropa berani menebus para pemain ini dengan mahar menggiurkan.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi RSC Anderlecht Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya