5 Pemain Terakhir Lille yang dilepas ke EPL, Sven Botman Terbaru

Sven Botman ditebus dengan harga Rp578 miliar

Beberapa tahun terakhir Lille kerap mengorbitkan pemain-pemain bertalenta besar. Mereka bahkan berhasil menjadi juara Ligue 1 pada musim 2020/2021. Namun, hal ini menjadi dilema tersendiri.

Para pemain kunci klub menjadi incaran klub-klub besar, salah satunya dari English Premier League (EPL). Terbaru Lille baru saja kehilangan Sven Botman yang dilepas ke Newcastle United. Termasuk Botman, berikut lima pemain Lille yang hengkang ke Premier League.

1. Anwar El Ghazi

5 Pemain Terakhir Lille yang dilepas ke EPL, Sven Botman TerbaruAnwar El Ghazi (premierleague.com)

Anwar El Ghazi didatangkan Lille pada musim dingin 2017 seharga 7 juta euro atau Rp109 miliar. Dia hanya bertahan satu musim dengan catatan 44 laga. Pemain berposisi winger kanan ini mencetak 6 gol dan 4 assist.

Pada musim panas 2018, dia dipinjamkan ke Aston Villa dengan dana 2 juta euro sebelum dipermanenkan dengan tambahan 9 juta euro atau Rp140 miliar. Namun, di bawah asuhan Steven Gerrard, dia mulai tersisihkan. Pemain asal Belanda ini dipinjamkan ke Everton selama 6 bulan pada Januari 2022 kemarin.

2. Nicolas Pepe

5 Pemain Terakhir Lille yang dilepas ke EPL, Sven Botman Terbarupotret Nicolas Pepe (premierleague.com)

Nicolas Pepe merupakan penjualan termahal dalam sejarah Lille. Dia dilepas ke Arsenal pada musim panas 2019 seharga 80 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun. Transfer ini sangat menguntungkan pasalnya dia diboyong Lille dari Angers pada 2017 seharga 18 juta euro saja atau Rp281 miliar.

Sayangnya, ini dinilai salah satu transfer terburuk The Gunners. Pemain asal Pantai Gading ini tampil tak sesuai harapan dan lebih sering duduk di bangku cadangan. Dia baru mencetak 27 gol dan 21 assist dari 111 penampilan untuk Arsenal. Tak lagi dibutuhkan, Meriam London pun kabarnya akan melepasnya pada musim panas 2022 ini.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Pakai Nomor Punggung 19 Sebelum Nicolas Pepe

3. Gabriel

5 Pemain Terakhir Lille yang dilepas ke EPL, Sven Botman Terbarupotret Gabriel Magalhaes (twitter.com/biel_m04)

Meski Nicolas Pepe dinilai gagal, Arsenal tidak kapok belanja pemain dari Lille. Pada musim panas 2020, giliran Gabriel ditebus dengan harga 26 juta euro atau sekitar Rp406 miliar.

Bersama Ben White, bek asal Brasil ini menjadi andalan Mikel Arteta di lini pertahanan pada musim 2021/2022. Dia telah tampil dalam 68 penampilan di semua ajang. Dia diproyeksikan masuk dalam proyek jangka panjang klub dengan kontraknya yang akan berakhir pada 2025 mendatang.

4. Boubakary Soumaré

5 Pemain Terakhir Lille yang dilepas ke EPL, Sven Botman TerbaruBoubakary Soumaré (lcfc.com)

Boubakary Soumaré adalah pemain kunci Lille saat menjuarai Ligue 1 musim 2020/2021. Berposisi sebagai gelandang bertahan, dia memiliki fisik yang ideal. Diincar banyak klub EPL, dia memilih gabung Leicester City dengan mahar 20 juta euro atau sekitar Rp312 miliar.

Transfer ini sangat menguntungkan Lille karena mereka mendapatkannya secara gratis pada 2017 dari Paris Saint-Germain. Pada musim perdananya untuk The Foxes, pemain asal Prancis ini memainkan 26 pertandingan.

5. Sven Botman 

5 Pemain Terakhir Lille yang dilepas ke EPL, Sven Botman TerbaruSven Botman (nufc.co.uk)

Sven Botman sempat dikabarkan akan bergabung dengan AC Milan. Dia adalah incaran juara Serie A sejak musim dingin 2022. Namun, tawaran mereka tak sesuai permintaan Lille. Transfer ini pun gagal terwujud. Kondisi ini dimanfaatkan klub kaya raya baru, Newcastle United.

Mereka baru saja meresmikan bek asal Belanda ini dengan mahar 37 juta euro atau sekitar Rp578 miliar. Dia menjadi rekrutan ketiga The Magpies musim panas ini setelah Matt Targett dan Nick Pope.

 

Harus diakui bahwa Lille merupakan gudangnya pemain berbakat. Namun, kendala teknis dan finansial juga kerap menghampiri klub. Dampaknya mereka pun harus melepas para pemain top mereka. Hal ini pun berpengaruh pada prestasi klub karena mereka hanya finis di urutan ke-10 pada musim 2021/2022.

Baca Juga: 5 Pemain Belanda Terakhir yang Membela Newcastle Sebelum Sven Botman

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya