5 Pemain Top yang Tinggalkan Bundesliga pada Musim Panas 2022

Mereka gabung klub raksasa Eropa!

Bundesliga mungkin kalah pamor dari English Premier League (EPL) dan Serie A, tetapi soal kualitas pemain tak kalah hebat. Jendela transfer menjadi bukti bagaimana pemain dari Bundesliga selalu diburu klub-klub top Eropa.

Pada bursa transfer musim panas 2022 ini, ada sederet bintang Bundesliga telah resmi berganti klub. Mereka bahkan dilepas dengan harga sangat tinggi. Siapa sajakah mereka? Yuk disimak!

1. Taiwo Awoniyi

5 Pemain Top yang Tinggalkan Bundesliga pada Musim Panas 2022Taiwo Awoniyi (nottinghamforest.co.uk)

Taiwo Awoniyi baru bergabung dengan Union Berlin pada musim panas 2020. Kendati demikan, dia langsung tampil gacor. Dia menjadi sosok penting klub finis di urutan kelima Bundesliga musim 2021/2022.

Striker asal Nigeria ini mencetak 20 gol dari 43 pertandingan di semua ajang. Potensi ini menarik minat klub promosi Premier League, Nottingham Forrest. Mereka merekrutnya dengan biaya 20,5 juta euro atau sekitar Rp312 miliar.

2. Corentin Tolisso 

5 Pemain Top yang Tinggalkan Bundesliga pada Musim Panas 2022Corentin Tolisso (twitter.com/CorentinTolisso)

Corentin Tolisso diboyong Bayern Munich dari Lyon dengan harga 41 juta euro atau sekitar Rp623 miliar. Sayang, nilai transfer tersebut tidak berbanding lurus dengan performa yang diharapkan.

Gelandang asal Prancis ini lebih sering bergelut dengan cedera. Kondisi ini membuat dia hanya diplot sebagai pemain pelapis saja. Kontraknya di Bayern Munich berakhir pada musim panas 2022 ini dan dia memilih kembali ke mantan klubnya, Lyon secara gratis.

Baca Juga: 5 Rekor Penjualan Pemain Bundesliga Termahal, Deretan Bintang!

3. Nordi Mukiele

5 Pemain Top yang Tinggalkan Bundesliga pada Musim Panas 2022Nordi Mukiele (twitter.com/NordiMukiele)

Nordi Mukiele adalah pemain kunci di jantung pertahanan RB Leipzig selama 4 tahun terakhir. Dia telah menorehkan 146 pertandingan dengan catatan 10 gol dan 11 assists. Tidak hanya bisa beroperasi sebagai bek tengah, dia juga tampil sama baiknya sebagai fullback.

Dinilai memiliki potensi besar, Paris Saint-Germain menggelontorkan dana 12 juta euro atau Rp182 miliar untuk sang pemain musim panas 2022 ini. Saat ini, klub asal Paris itu memiliki pendekatan baru soal strategi transfer. Mereka lebih memilih pemain muda potensial daripada berkelas bintang mahal.

4. Erling Haaland

5 Pemain Top yang Tinggalkan Bundesliga pada Musim Panas 2022Erling Haaland (twitter.com/ErlingHaaland)

Erling Haaland baru dua musim merasakan atmosfer Bundesliga. Meski demikian, dia telah mengukir catatan luar biasa. Striker 22 tahun ini mencetak 61 gol hanya dari 66 laga Bundesliga. Ketajamannya ini membuat dia diburuk banyak klub raksasa Eropa.

Striker asal Norwegia ini kemudian memilih gabung Manchester City. Dia ditebus dari Borussia Dortmund dengan harga 60 juta euro atau sekitar Rp911 miliar. Di bawah asuhan Pep Guardiola, sang pemain berpotensi mencetak banyak catatan hebat.

5. Robert Lewandowski

5 Pemain Top yang Tinggalkan Bundesliga pada Musim Panas 2022Robert Lewandowski (fcbarcelona.com)

Robert Lewandowski dianggap sebagai striker terbaik Bundesliga di era sepak bola modern. Dia telah berkarier di Jerman selama 12 tahun dengan dua jersey berbeda, Borussia Dortmund dan Bayern Munich. Dia juga telah merasakan hampir semua gelar di level klub.

Pemain asal Polandia ini mengoleksi 312 gol dari 384 laga di Bundesliga. Dia tampaknya telah puas dan berhasrat mencari tantangan baru. Dia menolak perpanjangan kontrak dari Bayern Munich dan meminta dilepas ke Barcelona. Transfer ini terwujud dengan mahar 45 juta euro atau sekitar Rp683 miliar.

 

Harus diakui jika Bundesliga adalah gudangnya pemain muda potensial. Tak mengherankan jika banyak klub-klub besar Eropa berburu pemain di sana.

Lima pemain di atas akan merasakan petulangan baru. Namun, mampukah mereka tampil impresif?

Baca Juga: 5 Striker Top Ini Pilih Bundesliga untuk Selamatkan Karier

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya