Derby Merseyside: Everton Tidak Takut dengan Kekuatan Liverpool

Kamu pilih merah atau biru?

English Premier League pekan ke-14 akan menggelar sebuah derby klasik Liverpool menghadapi saudara tuanya Everton Minggu malam (02/12) di Anfield Stadium. Liverpool merupakan salah satu kandidat terkuat juara musim ini. The Reds belum terkalahkan di Liga Inggris musim ini dan berada di peringkat kedua, tertinggal dua angka dari Man City sebagai pemuncak klasemen.

Everton pun tak kalah garang, saat ini mereka menghuni posisi enam. Mengalahkan Liverpool menjadi ambisi mereka. Tak hanya demi adu gengsi, kemenangan atas Liverpool akan memberikan mereka kepercayaan diri lebih menjalani sisa musim ini.

1. Liverpool sedang di bawah tekanan

Derby Merseyside: Everton Tidak Takut dengan Kekuatan Liverpoolskysports.com

The Reds sedang dalam kondisi tertekan setelah kalah dari PSG dengan skor 2-1 di Liga Champions tengah pekan kemarin. Hal itu membuat peluang mereka untuk lolos dari fase grup semakin berat karena di laga terakhir mereka harus bisa mengalahkan pemuncak klasemen, Napoli.

Meskipun menerima hasil buruk di UCL, performa The Reds di Liga Inggris cukup fenomenal dengan belum terkalahkan dalam 13 laga. Dengan selisih dua angka dari pemuncak klasemen, Man City, Liverpool terus dituntut untuk konsisten meraih poin maksimal demi menyaingi The Citizen yang tampil sangat garang.

Namun lawan yang akan mereka hadapi pekan ini bukanlah lawan sembarangan. Mereka akan menghadpi saudara sekota, Everton yang belum terkalahkan dalam 7 laga terakhir. Skuad Everton musim ini pun sangat tangguh dengan diisi nama-nama yang tak kalah hebat seperti Theo Walcott, Richarlison, Yerry Mina, Jordan Pickford, Andre Gomez dan Bernard.

Baca Juga: Seru! 4 Laga Big Match yang Gak Boleh Kamu Lewatkan Akhir Pekan Ini

2. Saatnya Everton memutus rekor Liverpool

Derby Merseyside: Everton Tidak Takut dengan Kekuatan Liverpooltwitter.com/LucasDigne

Meskipun memiliki rekor buruk saat menghadapi Liverpool di Anfield - belum pernah menang dalam 20 laga terakhir - Everton akan datang tanpa rasa takut ujar pelatih mereka, Marco Silva. Kemenangan terakhir Everton di Anfield sendiri terjadi pada tahun 1999. Namun catatan tersebut justru akan menjadi kekuatan bagi Everton untuk memutuskannya.

Dengan kekuatan laga derby yang selalu panas, mereka pun berharap menjadi tim pertama yang akan mengalahkan Liverpool di musim ini. Kemenangan atas Liverpool akan memberikan mereka kepercayaan diri lebih untuk menghadapi sisa musim ini.

“Laga derby selalu istimewa, permainan khusus, dan momen spesial untuk kota dan orang-orang. Apa yang saya inginkan dalam skuad saya dan pemain saya adalah memperjuangkan tujuan kami. Kadang-kadang dalam derby tidak selalu mudah untuk melihat permainan yang sangat bagus dengan kualitas besar tetapi kekuatan satu derby berarti anda dapat melihat hal-hal baik terjadi setelah satu hasil. Itu bisa sangat baik untuk kita. Hasil yang bagus bagi kami dapat meningkatkan kepercayaan diri kami ke tingkat tinggi. ”

3. Head-to-head

Derby Merseyside: Everton Tidak Takut dengan Kekuatan Liverpoolskysports.com

Meski akan tampil tanpa Jordan Henderson yang terkena kartu merah di laga sebelumnya, Liverpool akan tampil dengan skuad terbaiknya.Selain itu mereka pun selalu tampil sangat solid saat bermain di hadapan suporternya sendiri.

Sepanjang sejarah kedua tim, mereka telah saling bertemu dalam 231 pertandingan. Liverpool unggul jauh dengan memenangi 93 laga, sedangkan Everton hanya mampu meraih 66 kemenangan dan 73 kali berakhir imbang. Musim lalu sendiri pertemuan kedua tim selalu berakhir imbang.

Enam pertemuan terakhir kedua tim:

Everton 0-0 Liverpool
Everton 1-1 Liverpool
Liverpool 4-0 Everton
Everton 0-1 Liverpool
Liverpool 3-1 Everton
Liverpool 1-1 Everton

Meskipun Liverpool akan lebih diunggulkan dengan catatan rekor lebih baik yang mereka miliki. Sepak bola selalu mampu menyajikan sebuah kejutan yang sangat menarik. Menurutmu siapa yang akan menang?

Baca Juga: 5 Gelandang Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah English Premier League

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya