Comscore Tracker

5 Rekor Unik yang Tercipta di Fase Grup Liga Champions 2019/2020

Atalanta lolos 16 besar untuk pertama kalinya

Fase grup Liga Champions telah usai. 16 tim telah dipastikan lolos ke fase knock out dan akan saling menyingkirkan di laga selanjutnya. Terdapat beberapa rekor yang tercipta selama jalannya babak grup ini.

Beberapa catatkan rekor yang luar biasa, namun ada juga rekor unik yang terlahir. Berikut ini adalah lima di antaranya.

1. Atalanta lolos ke babak 16 besar untuk pertama kalinya

5 Rekor Unik yang Tercipta di Fase Grup Liga Champions 2019/2020uefa.com

Musim ini menjadi pertama kalinya dalam sejarah Atalanta bermain di Liga Champions. Hebatnya, kemenangan atas Shakhtar 0-3 pada Kamis dini hari (12/12) sekaligus meloloskan mereka untuk pertama kalinya juga ke fase 16 besar. Mereka keluar sebagai runner up grup C, di bawah Manchester City. 

Hal ini menjadi unik karena pada tiga laga pertama Atalanta selalu kalah. Tapi mereka bangkit di tiga laga terakhir dengan catatan satu imbang dan dua kemenangan. 

2. Ansu Fati pecahkan rekor yang telah bertahan 22 tahun

5 Rekor Unik yang Tercipta di Fase Grup Liga Champions 2019/2020uefa.com

Satu gol Ansu Fati di menit ke-86 menjadi gol yang sangat spesial bagi sang pemain. Pertama, gol itu menjadi penentu kemenangan Barcelona atas Inter Milan. Kedua, gol tersebut juga berhasil pecahkan rekor yang telah bertahan selama 22 tahun. 

Kini Ansu Fati tercatat sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Champions dalam usia 17 tahun 40 hari. Rekor sebelumnya dipegang oleh Peter Ofori-Quaye dengan usia 17 tahun 195 hari pada tahun 1997.

Baca Juga: 16 Tim Lolos Fase Grup Liga Champions 2019, Ini Daftar Lengkapnya! 

3. Catatan sempurna Bayern Muenchen

5 Rekor Unik yang Tercipta di Fase Grup Liga Champions 2019/2020twitter.com/ChampionsLeague

Kemenangan Bayern Muenchen 3-1 atas Tottenham pada laga terakhir (12/12) fase grup hasilkan catatan yang luar biasa. Muenchen menjadi satu-satunya tim yang meraih kemenangan sempurna di fase grup Liga Champions musim ini.

Kini mereka pun terukir sebagai klub ketujuh dalam sejarah Liga Champions yang berhasil memenangkan seluruh laga di fase grup. Hebatnya lagi, Muenchen juga jadi tim tertajam dengan catatkan 24 gol dari enam laga.

4. Catatan rekor Erling Haaland

5 Rekor Unik yang Tercipta di Fase Grup Liga Champions 2019/2020redbull.com

RB Salzburg memang dipastikan tersingkir dari Liga Champions usai kalah dari Liverpool di laga terakhir. Namun rekor menarik berhasil dicatatkan oleh striker mereka, Erling Braut Haaland, yang baru berusia 19 tahun. 

Ia tercatat sebagai remaja pertama yang berhasil mencetak gol beruntun di lima laga pertama Liga Champions. Ia sejajar diri dengan nama besar seperti Cristiano Ronaldo dan Lewandowski yang memiliki catatan sama. 

Tak hanya itu, Haaland juga tercatat sebagai pemain muda pertama yang mampu mencetak delapan gol di fase grup, mengalahkan catatan yang dipegang Diego Costa dan Harry Kane (7 gol).

5. Robert Lewandowski menjadi top skorer sementara

5 Rekor Unik yang Tercipta di Fase Grup Liga Champions 2019/2020worldfootball.net

Persaingan di fase grup telah usai dan 16 tim akan segera memasuki babak knock out. Persaingan individu pun terus berlanjut dalam tajuk pencetak gol terbanyak. Saat ini Robert Lewandowski menjadi top skorer sementara dengan 10 gol.

Dua pesaing beratnya, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi musim ini belum tampil maksimal. Keduanya sama-sama hanya baru mencetak dua gol. Pesaing terberatnya sebenarnya adalah Erling Haaland yang telah mencetak delapan gol, namun klubnya, Salzburg gagal lolos ke 16 besar.

Kini pesaing terdekat Lewandowski adalah Harry Kane yang telah mencetak enam gol bersama Tottenham Hotspurs.

Itulah beberapa rekor yang tercipta dalamfase grup Liga Champions musim ini.

Baca Juga: Selamat! Atalanta Lolos dari Fase Grup Liga Champions!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You