5 Rekrutan Terakhir West Ham United asal Italia, Scamacca Terbaru!

Mayoritas tak memiliki catatan baik

Dua musim terakhir performa West Ham United di English Premier League (EPL) cukup impresif. Mereka menjadi tim kuda hitam yang kerap menyulitkan tim-tim mapan. Hal ini tidak terlalu mengejutkan karena The Hammers memiliki skuad yang kompetitif.

Raihan ini bisa saja terulang kembali pada musim 2022/2023 jika melihat aktivitas transfer klub. Terbaru West Ham baru saja mendatangkan striker asal Italia, Gianluca Scamacca. Menariknya, dia bukanlah pemain Italia pertama yang berkostum The Hammers. Berikut ini ulasannya.

1. Antonio Nocerino

5 Rekrutan Terakhir West Ham United asal Italia, Scamacca Terbaru!Antonio Nocerino dan Marco Borrielo (twitter.com/WestHam)

Antonio Nocerino adalah pemain berpengalaman di Serie A. Dia sempat berkostum dua tim raksasa Italia, Juventus dan AC Milan. Pada Januari 2014 dia sempat merasakan aroma Premier League dengan bergabung West Ham United.

Dia dipinjamkan AC Milan selama 6 bulan. Peminjaman ini tak bisa dibilang berhasil. Nocerino tampil dalam 10 laga saja tanpa mencetak gol. The Hammers pun tak mengaktifkan opsi permanen. Sang pemain telah gantung sepatu pada 2020 lalu dan klub terakhirnya adalah Benevento.

2. Marco Borriello

5 Rekrutan Terakhir West Ham United asal Italia, Scamacca Terbaru!Marco Borriello (whufc.com)

Marco Borriello merupakan striker top Serie A pada eranya. Dia merupakan bagian skuad AC Milan saat meraih 2 trofi Liga Champions era Carlo Ancelotti. Dia juga pernah berkostum klub besar lainnya, yakni AS Roma dan Juventus.

Seperti Antonio Nocerino, sang striker juga diboyong pada Januari 2014 dengan status pinjaman dari AS Roma. Namun, karier Marco Borriello di klub asal London ini lebih buruk. Dia hanya tampil dalam dua laga saja sebelum dipulangkan ke AS Roma pada akhir musim.

Baca Juga: 5 Penyerang Termahal yang Pernah Didatangkan oleh West Ham

3. Angelo Ogbonna

5 Rekrutan Terakhir West Ham United asal Italia, Scamacca Terbaru!Angelo Ogbonna (twitter.com/OgbonnaOfficial)

Angelo Ogbonna adalah pemain berdarah Nigeria berkewarganegaraan Italia. Dia merupakan produk akademi Torino. Namun, pada 2015 dia hengkang ke rival sekota Juventus. Dia memainkan 55 pertandingan sebelum diboyong West Ham pada 2015 dengan harga 11 juta euro atau Rp167 miliar.

Sejak itu dia menjadi andalan The Hammers di lini pertahanan. Bek 34 tahun ini telah memainkan 200 pertandingan. Kontraknya berakhir pada Juni 2022, tapi dia memiliki opsi perpanjangan satu tahun lagi.

4. Simone Zaza

5 Rekrutan Terakhir West Ham United asal Italia, Scamacca Terbaru!Simone Zaza (premierleague.com)

Nama Simone Zaza sempat melambung di Serie A kala berkostum Sassuolo. Dia mengemas 21 gol dari 69 pertandingan. Dia kemudian diboyong Juventus pada musim panas 2015 dengan harga 18 juta euro atau sekitar Rp273 miliar.

Sayangnya, dia hanya diplot sebagai striker pelapis. Musim berikutnya Juventus melepasnya ke West Ham United selama 6 bulan saja. Namun, dia juga gagal menunjukkan performa terbaiknya. Dari 11 laga dia tak mampu mencetak satu pun gol. Striker 31 tahun ini sempat dilepas ke Valencia sebelum kembali ke Serie A untuk bergabung dengan Torino.

5. Giancluca Scamaca

5 Rekrutan Terakhir West Ham United asal Italia, Scamacca Terbaru!Gianluca Scamacca (whufc.com)

Gianluca Scamacca menjadi komoditi panas pada bursa transfer musim panas 2022. Ini tidak lepas dari performanya musim lalu bersama Sassuolo. Striker 23 tahun ini mencetak 16 gol dari 36 penampilan di Serie A.

Dia menjadi rebutan klub-klub raksasa seperti AC Milan, Inter Milan, dan Paris Saint-Germain. Namun, pada akhirnya sang pemain memilih gabung West Ham United. Dia ditebus dengan harga 36 juta euro atau sekitar Rp547 miliar berdurasi 5 tahun.

 

Jejak rekam para pemain Italia di West Ham United satu dekade terakhir terbilang mengecewakan. Mayoritas pemain gagal menunjukkan performa terbaiknya. Perbedaan gaya dan filosofi bermain menjadi salah satu sebabnya. Publik pun menanti apakah Gianluca Scamacca akan mematahkan rekor buruk ini, atau justru memperpanjang catatan tersebut?

Baca Juga: 10 Potret Gianluca Scamacca, Bomber Masa Depan Timnas Italia

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya