Comscore Tracker

6 Striker Terakhir yang Diboyong Dortmund, Sebastien Haller Terbaru!

Borussia Dortmund datangkan dua top skor gantikan Haaland

Tak bisa dimungkiri jika Borussia Dortmund adalah salah satu klub dengan strategi transfer terbaik. Mereka jadi habitat bagi pemain-pemain muda untuk mengembangkan potensi besarnya. Bagi klub, ini juga menjadi cara mereka mendapatkan pundi-pundi uang yang besar.

Menariknya, Borussia Dortmund tak pernah kehabisan pemain berbakat saat pemain bintang meninggalkan klub, khususnya di posisi striker.

Terbaru Sebastien Haller resmi didatangkan dari Ajax Amsterdam. Dia bakal diplot sebagai suksesor Erling Haaland sebagai mesin gol baru Die Borussen.

1. Ciro Immobile

6 Striker Terakhir yang Diboyong Dortmund, Sebastien Haller Terbaru!Ciro Immobile (skysports.com)

Ciro Immobile tampil sebagai top skor Serie A 2013/2014 saat berkostum Torino. Torehan tersebut menarik minat Borussia Dortmund. Mereka memboyongnya dengan harga 18,5 juta euro atau sekitar Rp282 miliar pada musim panas 2014.

Kala itu striker asal Italia ini diplot untuk menjadi suksesor Robert Lewandowski yang hengkang ke Bayern Munich. Sayang, harapan ini tak sesuai realita. Ciro Immobile kesulitan beradaptasi.

Dia hanya tampil dalam 34 penampilan dengan koleksi 10 gol. Musim berikutnya, dia dipinjamkan ke Sevilla sebelum dilepas permanen sebesar 11 juta euro atau Rp167 miliar.

2. Paco Alcacer

6 Striker Terakhir yang Diboyong Dortmund, Sebastien Haller Terbaru!Paco Alcacer (bundesliga.com)

Tersisih di Barcelona, Paco Alcacer hengkang ke Borussia Dortmund sebagai pemain pinjaman pada musim panas 2018. Dia langsung nyetel dan tampil sangat tajam.

Sang striker mencetak 18 gol dari 26 laga Bundesliga. Torehan ini membuat Dortmund mempermanenkan jasanya dengan harga 21 juta euro atau sekitar Rp320 miliar.

Sayangnya, musim keduanya tak berjalan mulus. Hadirnya Erling Haaland dari RB Salzburg membuat Paco Alcacer kembali tersingkir dari tim utama.

Dia pun dilepas ke Villareal pada musim dingin 2020 dengan harga 23 juta euro atau Rp350 miliar. Dia total mencetak 26 gol dari 47 laga bari Die Borussien.

3. Erling Haaland

6 Striker Terakhir yang Diboyong Dortmund, Sebastien Haller Terbaru!Erling Haaland (twitter.com/ErlingHaaland)

Erling Haaland adalah sebuah fenomena baru di sepak bola Eropa. Dia lahir sebagai mesin gol mematikan saat berkostum RB Salzburg.

Diminati banyak klub raksasa, Haaland justru memilih Borussia Dortmund pada musim dingin 2020. Dia ditebus hanya dengan harga 20 juta euro atau Rp304 miliar.

Langkah ini dia ambil untuk lebih dahulu mengembangkan permainannya. Hal ini berjalan sukses jika melihat catatan golnya.

Haaland mencetak 85 gol dari 88 laga untuk Dortmund. Catatan ini sangat luar biasa bagi seorang striker berusia 21 tahun.

Pada musim panas 2022, dia memulai petualangan baru bersama Manchester City. Erling Haaland diboyong dengan mahar 60 juta euro atau sekitar Rp914 miliar.

Baca Juga: 5 Klub yang Pernah Dibela Sebastien Haller Sebelum Borussia Dortmund

4. Donyell Malen

6 Striker Terakhir yang Diboyong Dortmund, Sebastien Haller Terbaru!Donyell Malen (bvbbuzz.com)

Kepergian Jadon Sancho pada musim panas 2021 meninggalkan lubang besar di lini serang. Manajemen klub bergerak cepat dengan mendaratkan pemain muda bertalenta besar lainnya, Donyell Malen, dari PSV Eindhoven. 

Malen adalah runner-up top skor Eredivisie 2020/2021. Dia ditebus dengan harga 30 juta euro atau Rp457 miliar.

Berposisi asli sebagai striker, Malen juga bisa menjadi seorang winger. Namun, musim perdananya tidak berjalan mulus. Dia hanya mencetak 9 gol dari 37 laga.

5. Sebastien Haller

6 Striker Terakhir yang Diboyong Dortmund, Sebastien Haller Terbaru!Sebastien Haller (twitter.com/BVBBuzz)

Musim panas 2022 ini Erling Haaland resmi dilepas Borussia Dortmund ke Manchester City. Meski untung secara finansial, klub kehilangan mesin gol terbaiknya.

Meski begitu, bukan Dortmund namanya kalau tidak bisa mencari striker ulung. Mereka berhasil memboyong Sebastien Haller dari Ajax dengan harga 31 juta euro atau 472 miliar.

Dia adalah top skor Eredivisi 2021/2022. Haller mampu mencetak 34 gol dari 42 laga di semua ajang. Dia juga berhasil membawa Ajax menjuarai Eredivisie 2 musim beruntun.

6. Karim Adeyemi

6 Striker Terakhir yang Diboyong Dortmund, Sebastien Haller Terbaru!potret Karim Adeyemi (twitter.com/karim_adeyemi)

Dana penjualan Erling Haaland digunakan Borussia Dortmund untuk memboyong dua striker muda potensial. Selain Sebastien Haller, Dortmund lebih dahulu mendatangkan Karim Adeyemi dari RB Salzburg.

Dia didatangkan dengan harga 30 juta euro atau Rp457 miliar. Striker 20 tahun ini digadang-gadang sebagai Erling Haaland selanjutnya. Apalagi dia adalah top skor Bundesliga Austria 2021/2022 dengan 19 gol. Adeyimi juga berhasil meraih gelar juara 3 musim beruntun. 

Borussia Dortmund baru saja kehilangan striker terbaiknya, Erling Haaland. Namun, hal ini tampaknya tidak perlu diratapi fans. Pasalnya, klub berhasil mendatangkan dua pengganti yang tampak sepadan. Mereka bahkan menjadi top skor di kompetisi masing-masing musim lalu.

Baca Juga: 6 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Dortmund, Dua Pemain Baru Merapat!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya