Resmi! UEFA Akan Selenggarakan Kompetisi Klub Baru Pada 2021

Bakalan makin seru nih!

UEFA telah resmi akan meluncurkan kompetisi klub Eropa ketiga pada awal musim 2021-2022 di bawah Liga Champions dan Liga Eropa. Hal in telah dikonfirmasi langsung oleh presiden asosiasi klub Eropa, Andrea Agnelli.

Hal ini tak lepas dari pertemuan UEFA di Dublin beberapa waktu yang lalu saat Executive Commitee UEFA telah menuntaskan rencana memperkenalkan kompetisi baru dengan title "UEL2". Bagaimana format kompertisi baru ini? Berikut ulasannya.

1. Akan diisi 32 klub dari negara-negara Eropa yang lebih banyak lagi

Resmi! UEFA Akan Selenggarakan Kompetisi Klub Baru Pada 2021talksport.com

Kompetisi ini akan menggunakan format yang hampir sama dengan Champions League dan Europe League. Fase grup akan diisi oleh 32 klub dari berbagai negara Eropa dan akan berpengaruh kepada Liga Eropa. Jika saat ini Liga Eropa diisi oleh 48 tim di fase grup, nantinya hanya akan diisi oleh 32 grup saja. Sedangkan Liga Champions tetap akan menggunakan format yang sama.

Kompetisi ini diciptakan untuk memberikan kesempatan lebih bagi klub-klub di negara Eropa dengan kultur sepak bola 'lemah' untuk bisa merasakan kompetisi dengan klub dari negara lainnya. Dilansir dari UEFA.com, kompetisi ini nantinya akan melibatkan 34 negara. Saat ini sendiri Liga Eropa hanya melibatkan 26 negara.

Baca Juga: Portugal Raih Rekor Positif di UEFA Nations League A

2. Format kompetisi

Resmi! UEFA Akan Selenggarakan Kompetisi Klub Baru Pada 2021bbc.com

Kompetisi ini akan diisi oleh 8 grup dengan masing-masing 4 tim. Mereka yang bersaing dalam kompetisi ini akan berasal dari klub yang finish di posisi 7 untuk liga top Eropa seperti Inggris, Spanyol, dan Italia.

Sedangkan liga-liga Eropa yang lebih rendah akan menyumbangkan klub yang finish di posisi dua, tiga dan empat di klasemen akhir. Kompetisi ini akan menampilkan 141 pertandingan dalam 15 laga per pekannya seperti Liga Eropa.

Format kompetisi

  • Terdiri dari fase grup, babak 16 besar, perempat final, semifinal dan final.
  • sebelum babak 16 besar dimulai, diadakan pertandingan tambahan antara 8 tim yang berposisi runner up di UEL2 melawan tim yang finish di posisi ketiga Europe Lague.
  • Tim pemenang di fase tambahan akan berhadapan dengan juara grup.
  • Juara kompetisi ini akan langsung bermain di Liga Eropa musim selanjutnya.

3. Meningkatkan kualitas Liga Eropa

Resmi! UEFA Akan Selenggarakan Kompetisi Klub Baru Pada 2021insidethegames.biz

Dengan adanya kompetisi baru ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas Liga Eropa yang selama ini hanya dianggap sebelah mata karena berada di bawah Liga Champions.UEFA sendiri saat ini telah mengupayakan agar kompetisi sepak bola bisa lebih merata dan dirasakan oleh semua negara Eropa tanpa terkecuali.

Sebelumnya UEFA sendiri berhasil menyelenggarakan UEFA Nations League yang terbilang cukup sukses untuk tim nasional. Kompetisi ini pun diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas sepak bola di seluruh negara-negara Eropa.

"Kompetisi klub UEFA yang baru akan membuat kompetisi ini lebih inklusif daripada sebelumnya. Akan ada lebih banyak pertandingan untuk lebih banyak klub, dengan lebih banyak asosiasi sepak bola yang terwakili di fase grup," kata presiden UEFA, Aleksander Ceferin.

"Kompetisi ini terlahir dari dialog berkelanjutan dengan banyak klub yang terlibat dalam European Club Association."

Baca Juga: Kalahkan Rusia, Swedia Promosi ke Liga A UEFA Nations League

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya