Comscore Tracker

Portugal Raih Rekor Positif di UEFA Nations League A

Rekor itu diraih tanpa diperkuat Cristiano Ronaldo

Jakarta, IDN Times - Skuat asuhan Fernando Santos sebenarnya sudah pastikan diri lolos ke semifinal UEFA Nations League yang dihelat tahun depan sebelum laga terakhir lawan Polandia. Walau begitu, hasil imbang 1-1 yang didapat dari laga kontra Wojciech Szczesny dan kolega kemarin dini hari (21/11) membuat Selecao das Quinas catatkan rekor gemilang.

Menjamu tiga negara lainnya, Portugal akan menjadi tuan rumah di semifinal UEFA Nations League pada Juni 2019. Keempat negara ini akan diundi guna menentukan siapa yang akan meladeni siapa di fase semifinal. Keuntungan ganda bagi Selecao das Quinas karena dapat privilege main di rumah sendiri.

1. Portugal satu-satunya tim yang tak terkalahkan di antara 4 semifinalis UEFA Nations League A

Portugal Raih Rekor Positif di UEFA Nations League Aen.as.com

Inggris, Swiss, dan Belanda sukses lolos dari grup masing-masing. Namun, ketiganya sama-sama pernah menelan kekalahan. Inggris sempat dibekuk Spanyol di pertemuan pertama, Belanda pernah takluk dari Prancis, sementara Swiss pernah tunduk dari Belgia.

Portugal jadi satu-satunya semifinalis yang raih rekor sempurna, dengan koleksi 8 poin hasil dari 2 menang dan 2 imbang.

Baca Juga: Tahan Imbang Jerman, Belanda Lolos Ke Semifinal UEFA Nations League

2. Rekor tak terkalahkan tanpa Cristiano Ronaldo

Portugal Raih Rekor Positif di UEFA Nations League Agivemesport.com

Yang hebat dari capaian ini, Portugal torehkan catatan positif tersebut dengan skuat tanpa pimpinan sang kapten, Cristiano Ronaldo. Ada banyak isu berkelindan tentang hal ini yakni rumor tentang terpecahnya fokus sang kapten karena kasus dugaan pemerkosaan terhadap Kathryn Mayorga, situasi tegang antara Ronaldo dengan UEFA , hingga masa adaptasi sang megabintang bersama Juventus yang buat dirinya fokus bersama klub.

3. Portugal akan jadi tuan rumah semifinal pada Juni 2019

Portugal Raih Rekor Positif di UEFA Nations League Afoxsport.com.au

Menjamu tiga negara lainnya (Swiss, Inggris, dan Belanda), Portugal akan menjadi tuan rumah di semifinal UEFA Nations League pada Juni 2019. Keempat negara ini akan diundi lagi guna menentukan siapa akan meladeni siapa di semifinal. Keuntungan tersendiri bagi Selecao das Quinas karena dapat privilege main di depan publik sendiri.

4. Tanpa Ronaldo, Andre Silva jadi bintang

Portugal Raih Rekor Positif di UEFA Nations League AUEFA.com

Penyerang muda milik Sevilla, Andre Silva, menjelma jadi sosok tumpuan Portugal. Sempat meredup kariernya di Piala Dunia 2018 akibat masa kelam bersama AC Milan, ia bangkit di musim baru. Kepindahan di Sevilla membuatnya menemukan ketajaman. 3 gol yang dicetak Andre Silva krusial dalam perjalanan Selecao das Quinas menembus semifinal.

5. Kolektivitas tim terjaga

Portugal Raih Rekor Positif di UEFA Nations League AThe Associated Press

Portugal bukan tim yang dominan di UEFA Nations League A Grup 3. Untuk urusan tembakan per laga, berdasarkan data WhoScored, mereka kalah dari Italia (Italia 13.3, Portugal 11.3). Untuk urusan total persentase penguasaan bola, mereka juga kalah dari Gli Azzurri (Italia 58.5%, Portugal 'hanya' 48.6%). Namun, kolektivitas tim membuat Rui Patricio, Joao Cancelo, Renato Sanches, hingga duo Silva, Andre dan Bernardo, sanggup bawa tim ini melaju jauh.

Baca Juga: Kalahkan Kroasia, Inggris Lolos Ke Semifinal UEFA Nations League

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You