Comscore Tracker

5 Rekrutan Berusia 30-an Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2022

Deretan pemain top berpengalaman

Bursa transfer musim panas 2022 ini melahirkan banyak kejutan. Sejak jendela transfer dibuka, deretan pemain berkelas bintang telah diresmikan berganti klub. Sebut saja Erling Haaland, Raheem Sterling, hingga Romelu Lukaku.

Hal yang tak kalah menarik adalah perpindahan sederet pemain top berpengalaman berusia 30-an. Mereka memutuskan berganti klub demi merasakan petualangan baru di usia yang tak lagi muda. Kendati demikian, mereka tetap memiliki harga yang sangat tinggi. Berikut ulasannya.

1. Robert Lewandowski

5 Rekrutan Berusia 30-an Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Robert Lewandowski (fcbarcelona.com)

Cerita indah Robert Lewandowski bersama Bayern Munich berakhir pada musim panas 2022 ini. Sang striker berhasrat untuk merasakan petualangan baru di luar Jerman. Dia ingin berkostum Barcelona. Hal ini sempat memunculkan konflik di tubuh Bayern Munich.

Namun, akhirnya mereka mengalah dan melepas mesin golnya itu ke Barcelona dengan harga 45 juta euro atau Rp688 miliar. Pemain 33 tahun ini menandatangani kontrak selama 4 tahun. Usia tidak mengurangi ketajaman striker asal Polandia ini. Dia adalah top skor Bundesliga tiga musim beruntun.

2. Kalidou Koulibaly

5 Rekrutan Berusia 30-an Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Kalidou Koulibaly (twitter.com/kkoulibaly26)

Setiap jendela transfer dibuka, nama Kalidou Koulibaly selalu menjadi buruan klub-klub top Eropa. Bek asal Senegal ini akhirnya benar-benar meninggalkan Napoli pada musim panas 2022 ini. Dia menerima pinangan Chelsea setelah ditebus dengan harga 40 juta euro atau sekitar Rp611 miliar.

Bek berusia 31 tahun ini diplot sebagai pengganti Antonio Rudiger yang hengkang ke Real Madrid. Kalidou Koulibaly menandatangani kontrak selama 4 tahun. Chelsea sendiri berpotensi menduetkan Koulibaly dan Jules Kounde yang saat ini sedang diburu secara intens.

Baca Juga: 11 Fakta Jules Kounde, Bek Andalan Sevilla yang Diincar Chelsea

3. Sadio Mane

5 Rekrutan Berusia 30-an Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Sadio Mane (fcbayern.com)

Ketika membela Liverpool, Sadio Mane layak disebut sebagai salah satu pemain terbaik di dunia. Sejak didatangkan pada 2016, dia menjadi pemain The Reds yang tampil stabil. Duetnya bersama Mohamed Salah dan Roberto Firmino telah membuahkan trofi Premier League dan Champions League.

Namun, petulangannya di Anfield berakhir pada musim panas 2022 ini. Dia ingin merasakan petualangan baru bersama Bayern Munich. Pemain 30 tahun ini ditebus dengan harga 32 juta euro atau sekitar Rp489 miliar dengan durasi kontrak 3 tahun. Nilai tersebut terbilang sangat ekonomis dengan nilai pasar 70 juta euro atau Rp 1,07 triliun yang disematkan pada pemain asal Senegal ini.

4. Philippe Coutinho

5 Rekrutan Berusia 30-an Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Philippe Coutinho (premierleague.com)

Karier Philippe Coutinho dinilai sebuah ironi. Dia bergabung dengan Barcelona pada musim dingin 2018 sebagai rekor transfer termahal sepanjang sejarah klub. Namun, performanya selama di Barcelona adalah sebuah kegagalan. Dia hanya mencetak 24 gol dari 105 pertandingan.

Barcelona pun berusahan menjualnya, tapi tak banyak klub yang berminat. Pasalnya nilai gaji sang pemain sangat tinggi. Januari 2022 lalu dia akhirnya dipinjamkan ke Aston Villa selama 6 bulan.

Di sinilah pemain 30 tahun ini menemukan kembali performa apiknya. The Villans pun tak ragu mempermanenkannya musim panas ini dengan harga 20 juta euro dengan durasi kontrak 4 tahun.

5. Nick Pope

5 Rekrutan Berusia 30-an Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Nick Pope (nufc.co.uk)

Nick Pope bukanlah kiper top di English Premier League (EPL). Dia lebih sering bermain untuk klub-klub medioker Inggris. Sejak 2016 dia telah berkostum Burnley. Sayangnya, musim 2021/2022 Burnley kembali terdegradasi dari Premier League.

Kondisi ini dimanfaatkan Newcastle United untuk memboyong kiper 30 tahun tersebut. Nick Pope ditebus dengan harga 11,5 juta euro atau sekitar Rp175 miliar dengan durasi kontrak 4 tahun. Dia akan bersaing dengan Martin Dúbravka untuk dapatkan tempat utama.

 

Usia kepala tiga sudah terbilang tua bagi sepak bola Eropa. Kendati demikian, beberapa pemain justru mampu tampil semakin impresif. Di usia tersebut mereka telah matang dan penuh pengalaman. Tak mengherankan lima pemain di atas pun ditebus dengan harga tinggin meski sudah tak muda lagi.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dijual Mahal oleh Napoli, Koulibaly Teranyar!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya