5 Pemain yang Dijual Mahal oleh Napoli, Koulibaly Teranyar!

Kalidou Koulibaly baru saja resmi merapat ke Chelsea

SSC Napoli merupakan salah satu klub Serie A yang dalam beberapa tahun ke belakang konsisten bersaing di papan atas. Miliki skuad mumpuni dan kans bermain di kompetisi Eropa cukup tinggi, tak jarang Napoli menjadi tim batu loncatan dari sederet pemain potensial. 

Setelah berhasil tampil impresif bersama Napoli, sederet pemain tersebut pun segera menjadi incaran klub-klub besar Eropa lainnya. Ada sejumlah pemain top yang pernah dijual oleh Napoli ke klub lain dengan harga yang cukup fantastis.

Termasuk Kalidou Koulibaly, siapa saja pemain yang hengkang dengan biaya transfer mencolok perhatian tersebut?

1. Ezequiel Lavezzi (Rp521 miliar)

5 Pemain yang Dijual Mahal oleh Napoli, Koulibaly Teranyar!Ezequiel Lavezzi (skysports.com)

Pada musim panas 2007, Napoli merekrut seorang pemain muda berbakat dari klub Argentina, San Lorenzo. Ia adalah Ezequiel Lavezzi yang kala itu masih berusia 22 tahun. Ia memilih Napoli sebagai tempat untuk mengembangkan kualitas permainannya.

Sang pemain menghabiskan waktu selama lima musim membela Napoli. Dalam periode tersebut, Lavezzi sukses mencetak 48 gol dan 56 assist dari 187 pertandingan. Pada musim 2012, ia lantas direkrut Paris Saint-Germain dengan mahar 34 juta euro atau setara Rp521 miliar.

2. Kalidou Koulibaly (Rp660 miliar)

5 Pemain yang Dijual Mahal oleh Napoli, Koulibaly Teranyar!Kalidou Koulibaly (twitter.com.championsleague)

Kalidou Koulibaly merupakan pemain yang cukup lama bertahan di Napoli. Pemain asal Senegal ini mulai bergabung dengan Partenopei sejak musim panas 2014. Sang bek tengah didatangkan dari klub Belgia, KRC Genk.

Selama berkostum Napoli, Koulibaly mampu menjadi tembok kokoh di sektor pertahanan Napoli; membukukan 317 penampilan dengan mencetak 14 gol dan 8 assist. Pada musim panas 2022, ia akhirnya hijrah ke Chelsea dengan biaya 43 juta euro atau sekitar Rp660 miliar.

Baca Juga: 5 Pemain Mahal yang Membela SSC Napoli Saat Ini, Osimhen Tertinggi!

3. Jorginho (Rp990 miliar)

5 Pemain yang Dijual Mahal oleh Napoli, Koulibaly Teranyar!Jorginho (twitter.com/sscnapoli)

Jorginho mulai menjadi bagian skuad Napoli sejak musim dingin 2014. Pemain asal Italia ini didatangkan dari klub Italia lainnya, Hellas Verona, dengan biaya sekitar 10 juta euro atau setara dengan Rp165 miliar. 

Sang pemain bertahan selama empat musim bersama Napoli. Dalam periode itu, Jorginho mencatatkan 160 penampilan dengan mencetak 6 gol dan 14 assist. Di tahun 2018, ia hijrah ke Chelsea sepaket dengan sang pelatih, Maurizio Sarri, yang kala itu ditunjuk menukangi The Blues. Ia diboyong Chelsea dengan mahar 65 juta euro atau Rp990 miliar.

4. Edinson Cavani (Rp1,12 triliun)

5 Pemain yang Dijual Mahal oleh Napoli, Koulibaly Teranyar!Edinson Cavani (twitter.com/sscnapoli)

Edinson Cavani bisa dibilang adalah salah satu striker tajam yang pernah membela Napoli. Striker asal Uruguay ini awalnya hany dipinjam dari Palermo pada musim panas 2010. Cavani baru dipermanenkan Napoli pada musim panas 2011 dari Palermo.

Meski hanya dua musim membela Napoli, Cavani sukses menjadi mesin gol utama di lini depan. Tercatat, ia sukses mencetak 103 gol dan 14 assist hanya dalam 136 pertandingan. Performa tajamnya ini membuat PSG terpikat. Tak menunggu lama, tawaran 74 juta euro atau sekitar Rp1,12 triliun pada musim 2013 yang diberikan PSG untuk meminang Cavani pun tak kuasa ditolak oleh Napoli.

5. Gonzalo Higuain (Rp1,56 triliun)

5 Pemain yang Dijual Mahal oleh Napoli, Koulibaly Teranyar!Gonzalo Higuain (twitter.com/sscnapoli)

Kepergian Edinson Cavani bikin Napoli bergerak cepat mencari sosok penggantinya di lini depan. Akhirnya, Napoli mendatangkan Gonzalo Higuain dari klub Spanyol, Real Madrid. Higuain ditebus dengan biaya 44 juta euro atau setara Rp677 miliar.

Pemain asal Argentina ini sukses menjadi pengganti Cavani yang sepadan bagi Napoli. El Pipita berhasil membukukan 91 gol dan 26 assist dari 146 pertandingan. Setelah bertahan selama tiga musim, Higuain akhirnya dilepas ke Juventus dengan biaya 103 juta euro atau Rp1,56 triliun.

Kalidou Koulibaly kini memang telah termasuk dalam jajaran penjualan termahal Napoli sepanjang masa. Namun, Gonzalo Higuain masih memegang rekor sebagai penjualan termahal yang pernah dilakukan oleh Napoli sejauh ini.

Baca Juga: 5 Bek Termahal yang Pernah Direkrut Chelsea, Koulibaly Terbaru 

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya