Comscore Tracker

5 Pemain Liga Inggris dengan Gol Terbanyak setelah Berusia 30 Tahun

Masih tajam meski tak lagi muda

Liga Inggris menjadi kompetisi sepak bola terbaik dan paling kompetitif di dunia. Maka dari itu, para pemainnya pun dituntut selalu tampil baik dalam setiap pertandingan. Sebab, sudah banyak pemain hebat yang terbukti tak mampu menunjukkan kelasnya ketika datang ke Inggris.

Namun, lain halnya dengan beberapa pemain ini yang justru masih tampil tajam meski usianya tak lagi muda. Bahkan mereka masih konsisten mencetak gol bagi tim yang dibelanya. Berikut lima pemain sepak bola dengan gol terbanyak di Liga Inggris setelah berusia 30 tahun.

1. Teddy Sheringham (77 gol)

5 Pemain Liga Inggris dengan Gol Terbanyak setelah Berusia 30 TahunTeddy Sheringham (skysports.com)

Hingga kini Teddy Sheringham masih memegang rekor sebagai pencetak gol tertua di Liga Inggris ketika berusia 40 tahun 268 hari. Sheringham sendiri mulai dikenal ketika membela Tottenham Hotspur, dimana ia menjadi top skor di musim perdana Premier League.

Berkat ketajamannya itulah ia kemudian direkrut Sir Alex Ferguson untuk memperkuat Manchester United. Total ia sudah mengemas 146 gol di Premier League. Menariknya 77 gol atau lebih dari separuhnya ia cetak ketika usianya telah memasuki kepala tiga. 

2. Frank Lampard (82 gol)

5 Pemain Liga Inggris dengan Gol Terbanyak setelah Berusia 30 TahunFrank Lampard (marca.com)

Meskipun bukan seorang striker, Frank Lampard juga mempunyai insting gol yang luar biasa. Terbukti ia telah mengemas 177 gol sepanjang kariernya di Liga Inggris. Dimana 82 di antaranya ia ciptakan ketika usianya telah menyentuh 30 tahun.

Bahkan, tak jarang pemain yang pernah memperkuat Manchester City ini mencatatkan dua digit gol dalam semusim. Lampard juga merupakan salah satu alasan Chelsea mampu meraih banyak trofi bergengsi baik di level domestik maupun Eropa.

Baca Juga: 5 Pemain yang Menjadi Top Scorer EPL Saat Berseragam Manchester United

3. Alan Shearer (84 gol)

5 Pemain Liga Inggris dengan Gol Terbanyak setelah Berusia 30 TahunAlan Shearer (skysports.com)

Alan Shearer masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Premier League dengan 260 gol. Berkat ketajamannya itu ia sukses membawa Blackburn Rovers menjuarai Liga Inggris dengan mngalahkan dominasi Manchester United.

Sempat diisukan akan berlabuh ke Old Trafford, Shearer justru memilih membela Newcastle United. Bersama The Magpies ketajamannya tak menghilang sedikitpun. Bahkan ketika sudah tak muda lagi ia masih sanggup mencetak 84 gol.

4. Ian Wright (93 gol)

5 Pemain Liga Inggris dengan Gol Terbanyak setelah Berusia 30 TahunIan Wright (arsenal.com)

Ia Wright bisa dibilang striker tajam yang telat berkembang. Pada masa mudanya banyak ia habiskan dengan membela Crystal Palace yang bermain di divisi dua. Barulah ketika berusia 28 tahun ia direkrut Arsenal dan menjadi salah satu andalan The Gunners di sektor lini depan.

Selama tujuh musim musim berkostum meriam London, Wright selalu sukses menyarangkan dua digit gol. Ia juga mempersembahkan satu gelar Liga Inggris dan dua Piala FA. 93 golnya setelah berusia 30 tahun juga merupakan rekor yang bertahan cukup lama dan baru saja disamai oleh Jamie Vardy. 

5. Jamie Vardy (93 gol)

5 Pemain Liga Inggris dengan Gol Terbanyak setelah Berusia 30 TahunJamie Vardy (skysports.com)

Jamie Vardy baru saja menyamai rekor gol milik Ian Wright ketika dirinya menciptakan brace dalam kemenangan Leicester City atas Watford 4-2. Sama seperti Wright, Vardy juga bisa dibilang penyerang yang telat bersinar. Dimana ia baru debut di Liga Inggris ketika berusia 27 tahun.

Namun, hal itu tak menghentikan Vardy untuk tampil tajam. Terbukti ia telah mengoleksi 127 gol dan memberikan gelar Liga Inggris bagi The Foxes pada musim 2015/2016. Vardy juga sempat meraih top skor di musim 2019/2020 ketika ia mencetak 23 gol. Kini di usianya yang sudah 34 tahun ia sepertinya masih bisa menciptakan banyak gol untuk Leicester.

Meskipun usia mereka sudah tak lagi muda, namun itu tak menghentikan performa gemilang mereka. Terbukti banyak gol yang berhasil mereka sarangkan ketika sudah memasuki kepala tiga.

Baca Juga: 8 Pencetak Gol Terbanyak ke Gawang Klub Liga Inggris di Ajang UCL

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya