5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Arsenal dan West Ham United

Ada nama Freddie Ljungberg hingga Jack Wilshere

Premier League pekan ke-17 kembali hadir pada tengah pekan ini. Salah satu pertandingan yang cukup menarik adalah derby London, Arsenal menjamu West Ham United di Emirates Stadium, Kamis (16/12/2021) dini hari WIB.

Kedua tim ini saat ini sedang bersaing ketat untuk memperebutkan tiket bermain di kompetisi Eropa musim depan. Di sisi lain, dalam sejarahnya ada sederet nama pemain sepak bola yang pernah membela kedua tim ini.

Nah, siapa saja sederet bintang beken tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Nigel Winterburn

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Arsenal dan West Ham Unitedpotret Nigel Winterburn (goal.com)

Nigel Winterburn menjadi bagian dari Arsenal ketika ia dibeli dari Wimbledon pada tahun 1987. Bersama Tony Adams, Steve Bould, dan Lee Dixon, mereka sukses menjadi tembok tangguh di lini belakang Arsenal. Dalam 586 penampilannya, Winterburn sukses mempersembahkan 3 gelar Liga Inggris, 2 Piala FA, dan 1 Piala Winners untuk The Gunners.

Setelah lebih dari satu dekade bermain untuk Arsenal, Nigel kemudian meninggalkan Highbury pada 2000 ketika usianya sudah 36 tahun. West Ham menjadi pelabuhan terakhirnya sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun. Di West Ham Nigel bermain selama tiga musim.

2. Ian Wright

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Arsenal dan West Ham Unitedpotret Ian Wright (goal.com)

Ian Wright datang ke Arsenal pada tahun 1991. Sejak saat itu, Ian Wright pun langsung digadang-gadang sebagai salah satu penyerang terbaik di Premier League. Wright bahkan pernah mencetak lebih dari 30 gol dalam tiga musim berturut-turut di semua kompetisi.

Berkat ketajamannya ini Ian Wright sukses membawa Arsenal meraih masing-masing satu gelar Premier League, Piala FA, dan Piala Winners. Catatan 185 golnya untuk The Gunners juga hanya kalah dari Thierry Henry sebagai pencetak gol terbanyak Arsenal sepanjang masa. Pada 1998 Wright, memutuskan unutk pindah ke West Ham serta sempat mempersembahkan satu kali juara Piala Intertoto.

Baca Juga: 20 Klub Takut Premier League Berhenti Akibat Ledakan COVID-19

3. Davor Suker

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Arsenal dan West Ham Unitedpotret Davor Suker (whatculture.com)

Davor Suker datang ke Arsenal dari Real Madrid pada 1999 untuk menggantikan posisi Nicholas Anelka yang pindah ke sisi sebaliknya. Suker dibeli untuk menjadi salah satu opsi serangan bersama Dennis Bergkamp dan sesama penyerang baru, Thierry Henry.

Namun, penyerang asal Kroasia tersebut terlihat kesulitan beradaptasi dengan gaya bermain Liga Inggris. Alhasil, ia pun hanya mencetak delapan gol saja dalam satu musim bersama Arsenal. 

Musim berikutnya, Suker pun langsung dilepas ke West Ham. Hanya mencetak dua gol dari 11 penampilan bikin Davor Suker kembali dijual. Pasca kegagalan di Inggris itu ia memilih berlabuh ke Bundesliga untuk 1860 Munich yang sekaligus menjadi pelabuhan terakhirnya sebagai pesepak bola.

4. Freddie Ljungberg

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Arsenal dan West Ham Unitedpotret Freddie Ljungberg (justarsenal.com)

Freddie Ljungberg menjadi salah satu pemain andalan Arsene Wenger sejak awal 2000-an. Meski berperan sebagai gelandang dan winger, tak jarang Ljungberg ikut mencatatkan namanya di papan skor. Ia bahkan pernah meraih Premier League’s Player of the Season ketika Arsenal meraih double winner di musim 2001/2002.

Ljungberg juga merupakan figur sentral ketika Arsenal menjuarai Liga Inggris tanpa terkalahkan di musim 2003/2004. Pemain asal Swedia itu kemudian pindah ke West Ham pada 2006. Namun, ia hanya bertahan selama satu musim sebelum akhirnya hijrah ke Major League Soccer (MLS) untuk membela Seattle Sounders.

5. Jack Wilshere 

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Arsenal dan West Ham Unitedpotret Jack Wilshere (skysports.com)

Jack Wilshere merupakan produk akademi Arsenal. Ia masih berusia 16 tahun saat pertama kali melakoni debut untuk tim senior. Berkat penampilannya yang menawan di usia muda, ia sempat meraih gelar PFA Young Player of The Year di musim 2010/2011.

Selama berkostum The Gunners, Wilshere telah meraih 2 Piala FA dan 2 Piala Liga. Meski kemampuannya di atas rata-rata, badai cedera menjadi momok yang membuat karier Wilshere gagal bersinar. Hal itulah yang lantas membuat Arsenal melepasnya ke West Ham pada 2018. Bahkan, hingga kini Wilshere masih berstatus tanpa klub usai dilepas Bournemouth pada bursa transfer musim panas terakhir.

Kelima pemain tersebut memang menjalani masa kesuksesannya bersama Arsenal. Tak ingin pindah jauh dari Kota London, seolah-olah kelima pemain tersebut memang memanfaatkan West Ham untuk menikmati masa-masa sebelum pensiun sebagai pesepak bola, ya?  

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Kembali ke Premier League pada Januari 2022

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya